Tuesday, October 1, 2013

Apple Tomato Banana Smoothie





Bismillah....

Ini adalah menu sarapan pagi ini, sebelum akhirnya 1 jam kemudian makan besar, nasi dan lauk pauk lainnya. Keluarga kami suka buah, dimakan langsung aja anak2 doyan. Buah lebih banyak kami konsumsi langsung daripada di jus. Salah satu jus favorit keluarga adalah jus alpukat, strawberry, jambu biji dan sirsat. Sebenarnya selama ini kita salah kaprah dengan pengertian jus dan smoothie. Pengertian jus yang sebenarnya adalah sari buah tanpa disertai ampasnya. Sementara jus-jus yang biasa kita kenal, yaitu buah yang dihaluskan dengan sedikit air disertai ampasnya, sesungguhnya adalah smoothie. Sebulan terakhir ini banyak postingan smoothie buah maupun sayur berseliweran di wall fb, akhirnya saya pun jadi ikutan semangat pengen merutinkan konsumsi smoothie buah dan sayur ini terutama pagi-pagi sebelum sarapan besar. 


Sebagai informasi, sistem pencernaan bekerja tanpa henti di tiap siklusnya selama 24 jam. (teori food combining) 

Pukul 12.00 – 20.00 : Kegiatan utamanya adalah pencernaan / pengolahan makanan.
Pukul 20.00 – 04.00 : Kegiatan utamanya adalah penyerapan makanan.
Pukul 04.00 – 12.00 : Kegiatan utamanya adalah proses pembuangan.
Sistem pencernaan merupakan salah satu sistem tubuh yang memerlukan energi yang paling besar. Pukul 4 pagi hingga jam 12 siang terjadi fase pembuangan. Energi yang diperlukan untuk fase pembuangan sudah cukup besar. Jangan mengganggu kinerja pencernaan kita dengan mengkonsumsi makanan berat. Maka, di jam-jam seperti ini, konsumsi buah-buahan adalah yang paling efisien. Buah mengandung karbohidrat yang mudah dicerna yaitu gula buah. Gula buah ini secara alami dilengkapi enzim pencerna. Oleh karenanya buah dikategorikan predigested food atau semidisgeted food, yaitu makanan yang sudah separuh tercerna. 

Untuk makan nasi setelah jam 12, bagi saya sekeluarga masih susah untuk dijalankan. Setidaknya pagi hari saya dan keluarga berusaha mengkonsumsi buah dulu setelah itu setengah jam atau 1 jam kemudian baru makan nasi. 

Cara paling tepat untuk makan buah : 
  • Cara terbaik makan buah dalam keadaan perut kosong. Ini akan membuat penyerapan buah oleh tubuh menjadi maksimal. 
  • Setelah makan buah, beri tenggang waktu 30 menit sebelum makan makanan lainnya. 
  • Jika ingin makan buah setelah makan, maka sebaiknya tunggu sekitar 3 jam sebelum makan buah. Ini untuk memastikan bahwa makanan yang sebelumnya sudah dicerna dengan baik oleh tubuh sebelum buah masuk ke dalam tubuh. 
  • Cobalah makan buah di pagi hari. Hal ini membantu untuk meningkatkan gula darah secara perlahan dan tidak tergesa-gesa. Karena sistem pencernaan telah diam sepanjang malam, makan buah adalah cara restart yang lembut di pagi hari.
  • Hindari makan buah bersama dengan makanan lain, jangan makan buah sebagai makanan penutup. Makan buah setelah makan akan membuang banyak manfaat buah. Menurut seorang peneliti, ketika buah bercampur dengan makanan lain akan membusuk & menghasilkan gas & dengan itu kita akan kembung. 
  • Jika Anda ingin makan buah setelah makan, tunggu sekitar 3 jam sebelum makan buah. Ini untuk memastikan bahwa makanan yang sebelumnya sudah dicerna dengan baik oleh tubuh sebelum buah masuk ke dalam tubuh. 
  • Buah dicerna dalam usus dan bukan di lambung. Buah juga cepat dicerna dan melewati sistem pencernaan sekitar setengah jam.
  • Makanlah buah organik untuk menghindarkan efek pestisida yang tersisa
  • Hindari buah kaleng, buah beku atau buah yang sudah diproses. Buah-buah yang sudah diolah biasanya mengandung banyak gula, pengawet atau bahan kimia tambahan lainnya yang tidak diinginkan. (Source : disini dan sini )

Tomato Apple Banana Smoothie

Bahan-bahan :
2 buah tomat, buang tangkai hijaunya, potong-potong
1 buah apple merah, buang bijinya, potong-potong
1 buah pisang cavendish, kupas potong-potong
250ml air matang

Topping :
1 sdm bubuk wijen sangrai/toasted (optional)

Cara Membuat :
Blender semua bahan hingga lembut. 
Sajikan dengan topping bubuk wijen diatasnya.






Sebenarnya saya ingin mengulas lebih jauh tentang kandungan masing2 buah yang saya pakai untuk smoothie ini. Tapi tidak memungkinkan karena krucil2 sudah heboh...hehe....insyaAlloh lain kali ya. Yang jelas tomat banyak mengandung anti oksidan berupa likopen yang  berguna untuk memperkuat tulang, mencegah kolesterol dan mencegah kanker prostat. Apel juga tidak diragukan lagi kandungan anti oksidannya. Pisang adalah buah kaya manfaat, banyak mengandung magnesium. Begitu juga wijen, kaya akan magnesium, magnesium bisa menyembuhkan sakit kepala atau migrain dan membuat tidur lebih nyenyak. Terbukti beberapa waktu yang lalu saya kurang tidur, kalau tidurpun tidak berkualitas rasanya. Akibatnya saya terserang migrain berhari2, dan karena tidak tahan, saya coba minum habbatussauda. Masih migrain juga, akhirnya saya makan pisang dan wijen ini banyak2. Alhamdulillah migrain saya jadi sembuh dan tidur lebih nyenyak rasanya. Tidak heran pisang juga dikenal sebagai obat anti stress karena kandungan magnesiumnya ini. Dan dijepang sini pisang sangat populer, begitu juga wijen. Disini wijen selalu dicamipurkan dalam masakan2 jepang. Wijen sangrai/toasted banyak dijual di swalayan2, baik yang bubuk maupun utuh. Saya juga menggalakkan wijen ini disetiap menu makanan anak2.

8 comments:

  1. Suka sama smoothies, apapun itu hehehe mau full buah atau mixed sama sayuran. Paling favorit sih mixed pokchoy sama pisang :) saya juga food combining-nya masih setengah2 mba Citra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asal smoothie buah aja, saya pasti doyan Mbak...hehe...klo green smoothie, belum terbiasa...kadang suka eneg dg bau2 sayuran yang diblender gitu, malah lebih suka dilalap mentah langusng atau dibuat salad mentahan gitu :)
      kalo buat saya, nerapkan fc secara saklek agak susah, karena masih menyusui jg, gampang laper....hehe...kalo pagi memang saya biasakan makan buah, sejam atau setengah jam kemudian baru makan nasi.....

      Delete
  2. hehehe.... menarik gambarnya mi, tapi kayaknya gak tau deh bisa minumin atau gak... hehehe...
    *dasar...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini manis lho Mbak, walau tanpa gula. Cobain deh, dijamin sehat :)))))

      Delete
  3. sy suka teori FC itu, kecuali bagian, gak boleh makan nasi sama lauk dan gak boleh makan kecuali buah, sebelum jam dua belas..laper bo...heheh..udah gitu ngebayangin mkn sate gak pake lontong ato soto gak pake nasi itu suseeh, bisa aja sih, tapi artinya melewatkan salah satu kenikmatan dunia hihihi....

    tapi kalo pagi memang idealnya makan buah..kadang suka dijalanin kadang kalo lagi males, langsung aja makan nasgor xixixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg belum terbiasa makan lauk tanpa nasinya Mbak....nyemil ayam goreng sampe kenyang....waah...kayaknya ga bakalan kenyang...hehe..kalo soto2an atau sup mgkn masih bisa klo tanpa nasi, tapi jadi gampang laper lagi....:D

      Delete
  4. udah beberapa bulan terakhir saya ikutan fc juga meski nggak disiplin banget. Urusan berat badan Alhamdulillah nggak masalah, Tujuannya buat jaga kesehatan aja terutama lambung yang masih suka protes, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak....untuk menjaga kesehatan, supaya lebih sehat dan ga gampang sakit. Dari dulu jg berat badan saya ga pernah bermasalah, abis lahiran jg kembali seperti semula...hehe...smg lambungnya sehat terus ya Mbak :)

      Delete