Thursday, October 3, 2013

Bakpao Coklat Isi Coklat




Bismillah....
Tadi pagi, pas buka fb, langsung disuguhi monthly even group Pawon Ibu, yuup....tema bulan ini adalah Bakpao. Dan ternyata sudah ada yang setoooor, yaitu Mbak Juliani Oktavia. Tanggal muda begini, tema baru dilaunching sudah ada yg setor... wuuiih......hebaat..... rajiiiin. Bagaikan kompor mledug, akhirnya sayapun jadi terkompori, begitu anak2 siap berangkat sekolah, saya langsung nimbang adonan, harus mbikin bakpao pagi iniiii jugaaa!!! hehe :D

Resep bakpaonya sama seperti resep roti yang biasa saya buat. Sebenarnya mau pakai tepung terigu protein rendah, ternyata saya kehabisan stok. Akhirnya pakai bahan seadanya saja, saya pakai tepung terigu proteiin tinggi dicampur tepung terigu protin sedang . Dan hasilnya empuuk dan lembut, si kecil Aisyah suka banget :)





Bakpao Coklat Isi Coklat


Bahan-bahan :
150 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr tepung terigu protein sedang
2 sdm coklat bubuk
1 butir telur

50 gr mentega (saya pakai margarin)

70 gr gula pasir (bisa ditambah atau dikurangi)

70-100 mL susu cair/air
1 sdm dry yeast (ragi instan/fermipan)

Isi :
coklat batangan secukupnya, potong kecil2

Cara Membuat :
  • Satukan tepung terigu, coklat bubuk, ragi instan dan gula pasir. Tambahkan telur dan mentega, campur hingga rata. 
  • Masukkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan menjadi kalis (tidak lengket di tangan). Hentikan penambahan susu bila adonan sudah cukup kalis. Bila adonan terlanjur lengket tambahkan tepung seperlunya.
  • Letakkan adonan di mangkuk besar yang dioles minyak, lalu tutup dg plastik atau kain basah. Diamkan 30-45 menit sampai adonan mengembang.
  • Bagi adonan masing2 seberat 30 gram. Bentuk adonan menjadi bulat. Pipihkan, isi dengan coklat. Bulatkan kembali. Alasi kertas roti. Diamkan kira2 10-15 menit sampai mengembang.
  • Kukus 7-8 menit atau hingga matang, dengan api sedang.

Note : Kalo pas ngukus, tutup kukusannya dibungkus kain bersih sehingga airnya tidak menetes ke bakpao, bakpao nya jd lebih mulus ^^







Terus terang ini adalah bakpao pertama yang pernah saya buat. Ternyata mbikinnya lebih cepat dari pada mbikin roti. Kalo roti ngovennya 18-13 menit, kalau bakpao ini 7-8 menit udah matang. Alhamdulillah jadi ga perlu berlama2 mbikin bakpao-nya ini, ntar dedek Atha keburu nangis...hehe...
Oya, untuk nguleninya saya pakai breadmaker, jadi bisa disambi kegiatan yang lain. Sebenernya bisa aja diuleni manual, tapi saya ngejar praktisnya aja, maklum banyak krucil. Ga sempat ribet2. Alhamdulillah puas dg bakpao ini, ga terasa udah banyak yang dicemilin...hehe...nyisain sedikit buat anak2 yang lagi sekolah. Bakpao ini pakai resep roti manis, tapi karena dicampur coklat, pas udah matang rasa manisnya ga begitu terasa. Coklatnya juga ga terasa pait, pokoknya pas deh. Tapi kalau ingin lebih manis, gulanya bisa ditambah. Isiannya pakai coklat blok atau batangan yang potong kecil2 aja, praktis dan anak2 dijamin suka :))))




Karena mbikinnya serba cepat, bakpao yang saya buat ini ga mulus2 banget, beberapa malah ada yang merekah, mungkin karena overproofing juga...hehe...Kayaknya bakal ketagihan nih mbikin bakpao, karena mbikinnya gampang dan cepet. Untuk isiannya bisa diganti keju lembaran, atau selai atau yang lainnya, sesuai selera :))))


18 comments:

  1. double choc pau!!!! i love chocolate! i want it all!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbikin yuuk Mbak....pasti suka :)

      Delete
    2. Mending oven bakar or listrik y ? Tq

      Delete
    3. Saya belum pernah pakai oven kompor Mbak.... Selama ini pakai oven listrik.... Lebih mudah untuk mengatur suhu dan waktunya :)

      Delete
  2. ish mauu..lama gak bikin bakpao...kreatif nih pake coklat:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah abis Mbaak...pakai coklat gini anak2 tambah doyaann :)))

      Delete
  3. Waaaah anak2 dimana2 samaaaa ya, kalo ketemu coklat kayak apa aja mau! Cakep mba bakpaonya menul2 dan fotonya cantiiiiiik

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Mbak....anak2 selalu suka coklat....tapi saya batasin konsumsinya...habis makan jg harus sgera gosok gigi...hehe...
      makasiih Mbak...foto2nya Mbak Eliza jg cakep2 :)))

      Delete
  4. nyum nyum, mau dong bakpao coklatnya um...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sayangnya udah sold out Mbak.....Mbak Rina pasti lebih jago mbikin bakpao deh :)

      Delete
  5. weww... coklat :D. harus bikin ini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah.... Maaf baru kebaca komennya Mbaak....yuuk mbikiin ^^
      Anak2 pasti suka yang coklat2 ya :)))))

      Delete
  6. Mbak Ummu kalau tepung terigunya kunci apakah semua ukurannya 250gr atau dimix antara tepung terigu cakra dan tepung terigu kunci terimakasih Mbak Ummu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa...:Kalau pakai kunci biru takarannya benar 250 gram Mbak :)
      Klo pao biasanya pakai terigu protein rendah. Tapi bisa juga di-mix dengan terigu tinggi atau sedang.

      Delete
  7. Halo Bunda.. :) saya baru saja eksekusi resep ini... Terima kasih ide nya yah.. :) sayangnya kog adonannya susah dibentuk ya? terlalu lembut... apa ada yang salah? saya juga gunakan breadmaker untuk adonnya (45 menit) sebelum di fermentasi.. :) tapi setelah di kukus masih bisa dimakan dan lembutt.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin adonannya terlalu lembek karena takaran airnya terlalu banyak Mbak. Untuk airnya biasanya saya tuang sedikit demi sedikit. Klo dirasa airnya sudah pas. Hentikan penambahan airnya :)
      Tetep semangat ya Mbak... Yuk dicoba2 resep yg lainnya ^^

      Delete
  8. Assalamualaikum umiii, aku mau tanya kalo isian coklatnya pakai coklat merk apa umi?

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete