Sunday, March 29, 2015

Tempe Sambal Kencur



Bismillah...
Ini adalah menu kemarin sore. Menjelang maghrib mendadak lapar dan pengen makan tempe sambel.  Kali ini sambelnya adalah sambel kencur. Yang namanya tempe selalu cocok disandingkan dengan sambel apapun...pas motret ini cepet2an aja, udah ga sabar pengen ambil nasi...hehe. Alhamdulillah, makan tempe sambel gini bener-bener membangkitkan mood, seperti mencharge energi. Yang tadinya malas beberes, jadi semangaaattt....beres-beres ini itu ga pake jeda...hehe. Emang gitu kali ya, kadang mau memulai beberes itu rasanya malas bangeett, start-nya itu yang mbikin beraaatt, tapi begitu udah dimulai jadi keterusan beres-beres, ga berhenti-berhenti, karena memang kerjaan rumah ga ada habisnyaa :D




Apalagi klo punya batita yang sedang aktif2nya mengeksplore seisi rumah, seperti Atha-kun ^^
Paling sering eksplorasi di rak piring, semua alat dapur yang berbahan gelas saya singkirkan dari jangkauan Atha, dan yang terjangkau dan sering dibuat mainan Atha adalah segala panci dan wadah plastik, gelas plastik, cetakan kue/jelly, dll. Atha-kun skrg lagi senang mendengarkan suara tutup panci yang jatuh ke lantai, jadi sekarang hobi barunya adalah lempar2 tutup panci...hehe...
Atha juga sukaa menata ulang memo di pintu kulkas yang direkatkan dengan magnet. Sekarang salah satu spot favorit Atha adalah di depan kulkas...hihi. Plus karena sekarang Atha udah bisa buka kulkas jadi ga heran deh klo  seluruh isi kulkas dipindahin ke keluar....:D Atha jadi bisa ambil semangka sendiri di kulkas minta dikupasin dan dipotongin. Atau semangka yang tinggal separuh di kulkas tau-tau udah tercongkel2, pasti Atha pelakunya...hehe. Yang sering terjadi juga, tau-tau ada loyang dan ulekan di kamar...>.<  juga karangan bunga diruang tamu yang diprotolin semuaa.  Dan satu lagi hobi Atha, yaitu nyemplungin barang-barang ke kolam ikan sebelah dapur, mulai dari kerudung Mbak Aisy, sepatu Atha, kaos kaki, sendok garpu, gelas, dll.....aaahhh...jadi gemeess sama Atha-kuun, uyel-uyel Athaaa :D :D

Wah, jadi panjang lebar cerita tentang Atha-kun...hehe....sekarang kembali ke resep yaa, berikut ini resep tempe sambel kencur nya :






Tempe Sambel Kencur

Bahan-bahan :
400gr tempe, potong-potong
1 siung bawang putih
Garam dan air secukupnya

Bahan Sambel :
2 bh cabe merah, iris-iris
3-4 bh cabe rawit
1 buah tomat, potong-potong
1 sdt terasi bakar
1-2 cm kencur, kupas dan iris tipis
1/2 lbr daun jeruk, sobek-sobek
1 sdm air jeruk nipis
Garam dan gula secukupnya

Cara Membuat : 
Haluskan bawang putih dan garam, beri air secukupnya.
Rendam tempe di air garam, goreng hingga matang kecoklatan.
Haluskan/ uleg semua bahan sambal, koreksi rasanya.
Uleg kasar tempe bersama sambal. Sajikan ^^



8 comments:

  1. hm....mudah, murah, dan bergizi. mau coba ah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa mudah banget bahan dan mbikinnya Mbak, yuuk dicoba ^^

      Delete
  2. Um ini cabe, tomat dan kencurnya mentah semua berarti ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak mentah semua. Maaf baru balas.

      Delete
  3. sedapnya, ana suka makan tempe ni, datang malam ke sini Ummu Fatima..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa Mbak... Selalu suka dengan olahan tempe ^^

      Delete
  4. Wah, resepnya menarik... Jadi pengen bikin :)

    ReplyDelete