Wednesday, March 25, 2015

Ayam Kecap



Bismillah...
Cuma ayam kecap tapi mendadak pengen motret...hehe. Ayam kecap ini udah familiar banget ya...bumbunya mudah dan cara masaknya pun simple. Klo lagi butuh masak cepet, ayam kecap ini bisa jadi pilihan. Seperti senin lalu, pagi-pagi butuh masak cepet, karena suami mau dinas keluar kota. Ya udah masak ayam kecap aja. Sambil ngrebus ayamnya sambil nguleg bumbu halusnya. Begitu ayamnya udah mendidih, bumbu halusnya ditumis dan masukkan ayam beserta kaldunya. Masak sampe bumbu meresap. Jadi deh. Kebetulan masih ada tahu goreng sisa semalam, saya masukkan sekalian. Pengennya sih dicampurin kentang juga, jadi mirip semur... Tapi karena ga keburu, ga jadi pakai kentang. Pakai lalapan timun aja biar seger ^^







Ayam Kecap

Bahan-bahan :
500 gr daging ayam bagian paha, potong-potong
tahu goreng secukupnya
2 btg bawang daun, iris-iris
4-5 sdm kecap manis
1,5 lt air merebus ayam
Minyak untuk menumis

Bumbu halus :
3 siung bawang putih
4 btr bawang merah
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt jahe bubuk
1/4 sdt lemgkuas bubuk
Garam dan gula secukupnya 

Cara Membuat :
Dalam panci, rebus air hingga mendidih.
Masukkan ayam, masak hingga ayam matang. Matikan api.
Panaskan sedikit minyak diwajan, tumis bumbu halus hingga harum.
Masukkan ayam dan air kaldu ayam secukupnya. Aduk rata.
Masukkan kecap manis dan tahu goreng serta bawang daun. Aduk hingga kecap larut merata.
Koreksi rasanya. Masak hingga bumbu meresap. 
Angkat dan sajikan ^^







7 comments:

  1. Salam kenal mba citra.. sy juga suka ayam kecap. Pengen cova resepnya ♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mbak ^^
      Samaa Mbak... Saya jg suka ayam kecap ini, monggo silahkan dicoba2... Semoga cocok ^^

      Delete
  2. Ini andelanku jg kl lg kefefet um :D

    ReplyDelete
  3. Ini andelanku jg kl lg kefefet um :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... Tosss Mbaak...gampang dan praktis ^^

      Delete
  4. Replies
    1. Alhamdulillah Mbak...sejak dulu jadi andalan...hehe :)

      Delete