Friday, March 13, 2015

Puding Buah Naga Merah




Bismillah....
Lagi seneng mengolah buah naga, mumpung ada stok sedikit di rumah. Udah lama ga mbikin puding buat anak-anak. Kali ini mbikin agak banyak. Tapi buah naga nya cuma pakai 1, kecil pula...hehe...dan saya masak pudingnya sepertinya terlalu lama, pudingnya jadi merah gini warnanya, ga ada semu-semu keunguannya. Tapi tetep aja mbikin takjub, MasyaAlloh.... warnanya cantik, merah alami. Alhamdulillah semua sukaa, bahkan Aisyah yang kurang suka buah naga dimakan biasa, jadi ikutan suka. Di rumah cuma Aisyah yang kurang suka buah naga. Tapi klo dibikin es krim dan puding gini, Aisy suka. Sedangkan putra dan putri saya yang lainnya selalu doyaan buah naga, dimakan biasa udah pasti ludes dalam sekejap, apalagi baby Atha, sambil 
nyendokin sendiri belepotan kemana-mana...hehe. Oiya, sebagian pudingnya saya masukkan freezzer jadi es loli :) 

Untuk resepnya ga saklek, silahkan dimodifikasi sendiri, buah naganya silahkan ditambah, gulanya juga. Karena terus terang yang saya buat ini kurang manis, memang saya sedikit mengurangi konsumsi gula untuk keluarga kami. Mudah-mudahan bisa istiqomah. Puding buah naga ini saya beri air perasan jeruk nipis supaya seger ada rasa asam-asamnya. Berikut ini resepnya yaa :






Puding Buah Naga Merah

Bahan-bahan :
7 gram atau 1 bungkus agar2 bubuk plain (tanpa warna)
2 sdt nutrijel bubuk plain
140 gr daging buah naga merah, haluskan
1 liter air
100 gr gula pasir (bisa ditambah)
2 sdt air perasan jeruk nipis

Cara Membuat :
Dalam panci, masukkan air, gula, agar2 bubuk dan nutrijel bubuk. Aduk hingga rata.
Kemudian masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk. Masak hingga mendidih, masukkan buah naga dan air jeruk nipis. Aduk rata. Masak sebentar dan matikan api.
Angkat dan tuang agar2 ke dalam cetakan yang telah dibasahi air sebelumnya.
Biarkan hingga dingin dan mengeras. Keluarkan dari cetakan.
Sajikan, lebih enak bila disajikan dingin (masukkan kulkas hingga dingin).

Note :
- Kali ini saya masaknya semua bahan dijadikan satu lalu dimasak hingga mendidih.
- Takaran buah naga, gula dan air jeruk nipis bisa ditambah maupun di kurangi.
- Menurut saya puding ini kurang kenyal, mungkin terlalu banyak takaran airnya, bisa dikurangi airnya. Tapi puding ini cukup lembut dan kokoh untuk dilepaskan dari cetakan.


8 comments:

  1. Jadi cantik ya pudingnya mbak karena ada bintik-bintik hitamnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak... Surprise banget warnanya bisa begini... Bintik2nya mbikin cantik :)

      Delete
  2. cantiiik..merahnya gonjreng alami ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Iya ngejreng banget tapi alami, seneng banget liat warnanya yang alami gini ^^

      Delete
  3. Hai Mba Ummu apa kabar? Ini resep ke 3 dari mba yg saya coba hehehe..Kemarin saya uda buat pudding buah naga ini buat acara mendoa dirumah,karena warna jrengg dikirain pake pewarna hahahah setelah dibilang buah naga baru dech pada ambil lagi..Mba mau tanya apa pudding ini ngak terasa buah naga nya? saya rasa hanya seperti pudding biasa warna merah,manis gitu,kenyal,apa karena jeruk nipis saya kurang ya? jadi rasanya manis gitu aja.. fungsi jeruk nipisnya apa buat asam2 manis? thanks mba resepnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah baik Mbak. Iya buah naga memang hampir ga berasa ya. Karena itu saya tambah jeruk nipis supaya rasanya ada masam2nya. Biar seger. Mungkin punya Mbak jeruk nipisnya kurang. Silahkan dimodifikasi resepnya. Buah naganya bisa ditambah jadi 200gr, airnya dikurangi jadi 700-800ml.

      Delete