Friday, July 20, 2012

Terang Bulan

martabak manis


Terang Bulan (Martabak Manis)

Terang bulan ini mbikinnya udah beberapa hari yang lalu..... Pas liat postingannya Mbak Irma Agustina Aryatanti, jadi kepengen mbikin. Sewaktu di surabaya pernah sekali mbikin martabak manis ini, dan kurang sukses. Setelah itu agak2 trauma mau mbikin lagi...hehe. Tapi pas liat terang bulannya Mbak Irma, waah, kayaknya boleh dicoba tuh, lebih simple bahan dan caranya serta anti gagal kayaknya :)

Dan akhirnya sy pun mencoba resepnya Mbak Irma. Alhamdulillah berhasil, sekali coba langsung sukses....Makasih yaa Mbak Irma (*peluuk*), langsung cinta sama resep ini......resepnya mantab, sekali coba langsung sukses :)  Resep punya Mbak Irma, bisa dilihat disini

Terang bulan ini saya buat di panci teflon kecil (diameter 14cm), untuk satu resep bisa jadi 5 terang bulan klo ga salah.

Resep Terang bulan (sedikit perubahan dari sy) :


Bahan-bahan :
330 gr terigu,
50 gr gula pasir, (*bila ingin lebih manis, bisa ditambah takaran gulanya 60-80gr)
3 telor,
525 ml susu encer,
ragi instan 1,5 sdt,
BP 3/4 sdt,
sedikit garam

cara:
1. campur semua bahan (*ummi: telur dan gula dikocok rata, lalu tambahkan bahan yang lain, aduk rata/aduk dg mixer kecepatan rendah), diamkan sekitar 15-30 menit
2. masukin adonan ke dalam wajan yg sudah panas dgn api kecil (tidak usah dioles minyak ato margarin)
3. klo sdh mulai lubang2 (*ummi: dan agak mengering pinggir2nya), taburin gula pasir, tutup wajan (gula pasirnya beda sama yg dimasukin buat adonan)
4. setelah matang, angkat pakai 2 sendok kayu
5. bagi 2 terang bulan, (masing2 setengah lingkaran), olesin margarin cepat2
6. taburin meises/ parutan keju/ kacang / wijen plus susu kental manis...lalu tumpuk.
7. jgn lupa olesin margarin lagi kulit luarnya biar tetap lembut.. (*ummi: klo dioles, permukaannya lama kelamaan jd lebih nyoklat, akhirnya nyoba dua2nya, ada yg sy oles atasnya ada jg yg tidak :)))

6 comments:

  1. Assalamu'alaikum umm.. Salam kenal ^^
    Saya seneng deh liat blognya. Fotonya bagus2 :)

    Saya mau tanya nih, resep martabak terang bulannya emang gak pake margarin ya? Tapi warnanya cakep, kuning gitu.. Jd naksir :D
    satu lagi, susunya gak perlu dihangatkan dulu kan umm? Mana tau karena pake ragi jadi harus dihangatkan dulu biar raginya "hidup". Smg ummu berkenan menjawab, insyaAlloh weekend ini ada rencana mau dieksekusi nih resepnya. Syukron katsiron ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....
      salam kenal juga Mbak :)

      Iya Mbak, ini ga pake margarin. Warnanya kuning krn ada telurnya :)
      Susunya ga sy hangatkan. Pokoknya sesuai resep itu aja. Alhamdulillah bs berserat terang bulannya. Temen2 sy banyak yg udah nyobain resep ini juga, alhamdulillah berhasil semua, banyak yg cocok dg resep ini :)
      Waktu mbikin poffertjes, resepnya pakai ragi juga, susunya jg ga sy hangatkan, tp jg bs mengembang dan berserat.
      Selamat mencoba ya Mbak, smg berhasil ^^

      Delete
  2. assalamu"alaikum izin copas resep umm jazakillahi khoiron

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa`alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....silahkan Mbak, dengan senang hati. Selamat mencoba ya Mbak, smg berhasil ^^
      wa anty jazakillahi khoiron katsiron :)

      Delete
  3. ♏ªu coba اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ um,جَزَاكُمُ اللَّهُ خيْراً كَثيْرًا

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo silahkan Mbak...wa anty jazakillah khoiron katsiron ^^

      Delete