Sunday, July 22, 2012

Es Setup Nanas (Pineapple Soup)


Alhamdulillah....segala puji hanya bagi Alloh Azza Wa Jalla, kita masih diberikan kesempatan untuk memasuki bulan Ramadhon kali ini, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Marhaban Yaa Ramadhan....
Ini adalah Ramadhan pertama sy di Kumamoto, yang bertepatan dengan awal musim panas disini.


Untuk menu berbuka kali ini, ada satu yang spesial yaitu saya membuat es setup nanas. Es ini adalah favorit saya sejak kecil, setiap bulan Ramadhan tiba, Ibu selalu rutin membuat setup ini setiap bbrp hari sekali. Setup ini benar2 mengingatkan saya akan beliau, I really miss you, Mom....



pinneaple ice


Oya, setup nanas ini terasa begitu spesial, juga karena saya jaraang sekali membeli nanas lho....di kumamoto sini nanas cukup jarang ditemui, kalaupun ada harganya...wow... Tapi, alhamdulillah beberapa hari yang lalu, saya temui nanas di kokai (pasar), dan harganya di bawah separuh harga di supermarket !! Tanpa berpikir panjang, akhirnya nanas itu pun saya boyong ke rumah ^^
Sudah ada macam2 ide, nanas ini mau dibuat apa....buat rujak manis, jus, setup.....hmmm...
Baru pertama kali ini membeli nanas yang masih utuh dengan kulitnya, saya pilih yang kulitnya kuning, mau pilih yang hijau takutnya masih muda. Waktu sy kupas nanasnya, hehee salah pilih ternyata, nanasnya terlalu matang.... teksturnya sedikit lembek, ga cocok untuk dibuat rujak manis. Akhirnya diputuskan deh, nanasnya dibikin setup aja. Setup nanas ini mbikinnya guampang buangeeettt, yang susah buat saya adalah ngupas nanasnya, ga sabar....hehehe ...klo di sby selalu beli nanas yg udah kupasan, disini mah harus ngupas sendiri :)


Setup Nanas (Pineapple Soup) 


Ingredients :
- 1 buah nanas, dikupas bersih dan dipotong2 (A whole pineapple, peeled. Cut into small pieces as you like)
- air 1500cc (1500cc water)
- gula pasir 250gr atau sesuai selera (250g sugar)
- 4-5 batang kayu manis (4-5 cinnamon sticks)

Methods :
- Rebus nanas bersama air, gula pasir dan kayu manis.(Prepare a pan. Cook pineapple, water, sugar and cinanamon sticks together)
- Setelah mendidih matikan api. (When it is boiling, turn off the heat)
- Biarkan panci tertutup hingga nanas layu. (Leave the pan covered, until pineapple become soft) 
- sajikan hangat ataupun dingin ^^ (Prepare a glass. Pour the pineapple soup, you can add ice cubes as taste)

Beneran gampang kan mbikinnya. Dengan cara diatas, nanas tidak akan lembek, teksturnya sedikit kres kres, itu yang paling saya suka dan wangi setupnya perpaduan wangi nanas dan kayu manis....paling suka bila disajikan dingin, subhanalloh segarnyaaa.....buka puasa kali ini terasa istimewa....Alhamdulillah


Tentang Buah Nanas

Manfaat Buah Nanas :

1. Kaya vitamin dan mineral
Manfaat nyata dari nanas adalah mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti kalsium, kalium, serat dan vitamin C. Di samping itu rendah lemak dan kolesterol.

2. Memperkuat tulang
Salah satu manfaat dari nanas adalah membantu membangun tulang yang sehat. Nanas kaya mangan, mineral yang diperlukan bagi tubuh untuk membangun tulang dan jaringan ikat. Hanya satu cangkir nanas memberikan 73 persen dari jumlah yang disarankan harian mangan. Manfaat nanas dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang pada orang muda dan penguatan tulang pada orang tua.

3. Baik untuk gigi
Gusi memegang gigi pada tempatnya dan gigi akan berada dalam kondisi yang buruk jika Anda memiliki gusi tak sehat. Dengan makan nanas, Anda memperkuat gusi selama bertahun-tahun kemudian.

4. Mencegah degenerasi makula
Nanas mengandung banyak beta karoten yang baik untuk mata dan penglihatan. Studi menunjukkan bahwa makan tiga atau lebih porsi nanas sehari dapat menurunkan kesempatan mendapatkan degenerasi makula yang berkaitan dengan usia, penyebab utama kehilangan penglihatan pada orang tua.

5. Membantu arthritis
Bromelain pada nanas juga dianggap sebagai anti inflamasi yang efektif. Konsumsi secara teratur setidaknya satu setengah cangkir nanas segar harian diakui dapat meringankan nyeri sendi pada osteoarthritis. Di Jerman, bromelain disetujui sebagai obat pasca-cedera karena dianggap untuk mengurangi inflamasi dan pembengkakan.

6. Meredakan batuk dan pilek
Manfaat nanas ketika Anda terserang flu atau batuk adalah sama dengan manfaat dari jus jeruk, tetapi ada keuntungan tambahan dari nanas. Bromelain yang ditemukan dalam nanas, telah ditemukan untuk membantu menekan batuk dan melonggarkan lendir.

7. Melancarkan pencernaan
Bromelain yang ditemukan dalam nanas membantu dalam pencernaan. Makan satu potong nanas setelah makan akan mengurangi gas, kembung, mual, sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar. Jus nanas segar juga membantu dalam menghilangkan cacing usus.

8. Meringankan sinusitis dan bronchitis
Bromelain telah terbukti bermanfaat untuk infeksi saluran pernapasan bagian atas seperti sinusitis dan bronkitis. Bromelain membantu mengurangi inflamasi hidung dan memecah lendir di hidung, sinus dan daerah pernapasan.

9. Mengurangi risiko penggumpalan darah dan penyakit jantung
Nanas dapat membantu mengurangi risiko bekuan darah, dengan demikian juga mencegah terjadinya masalah pada jantung.

sumber: detik.com

3 comments:

  1. Replies
    1. Iya Mbaak...samaa, anak2 jg suka....tapi kapan hari makan, nanasnya ga saya rendam/cuci pakai air garam, abis makan nanas anak2 kegatelan lidahnya......hehe...padahal biasanya gpp, tumben nanasnya beda :D

      Delete