Saturday, July 21, 2012

Roti Abon

roti tabur abon

Dah lama pengen mbikin roti abon, baru keturutan sekarang ni. Klo mbikin roti seringnya sih diisi coklat, keju atau selai aja. Abon sebenernya anak2 kurang suka, tapi abinya anak2 doyan banget. Beliaunya request, ya udah akhirnya mbikin roti, separuh adonan sy buat roti abon, separuhnya lagi saya buat roti isi coklat. Yuk simak resep untuk roti abonnya ....



Resep Roti Abon.....

Bahan-bahan:


Roti :

200 gr tepung terigu protein tinggi

50 gr tepung terigu protein rendah

1 butir telur

40 gr mentega

70 gr gula pasir

90 mL susu cair/air
1 sdm dry yeast (ragi instan/fermipan)

Olesan : (optional)
kuning telur+1 sdm susu cair/air

Taburan :
Mayones dan abon secukupnya

Cara Membuat :
1. Satukan tepung terigu, ragi instan, dan gula pasir. Tambahkan telur, mentega dan susu cair. Uleni sampai adonan menjadi kalis (tidak lengket di tangan). Diamkan 45 menit sampai adonan mengembang. Bagi adonan masing2 seberat 30 gram. Diamkan lagi sampai mengembang (kira2 20 menit ).
2. Bentuk adonan menjadi buat/lonjong. Olesi permukaannya dengan kuning telur.
3.Panggang dalam microwave oven 150 deg C selama 15menit , dilanjutkan 140 deg C selama 5-8 menit hingga matang.
4. Ambil roti yg sudah matang, olesi permukaannya dengan mayones dan taburi abon.




roti abon


3 comments:

  1. nice article, very helpfull & usefull. Ijin copas dan nyoba yach resepnya, abis menarik sekali sich jadi bikin ngiler nich...hehehe. Salam kenal dari INFO MESIN ROTI MURAH....

    ReplyDelete
  2. assalamualaikum ummi...
    Lama gak posting2 deh...
    Hope you're always keep in health...

    Ini aku lg pengen ngeroti, tp dg taburan yg gurih... Kebetulan d kulkas ada abon sisa bikin lemper... Nyangkut d postingan ummi yg ini...
    Jadi abonnya gak ngikutan d oven tho um???
    Aku gak punya mayo piye um? Bs d ganti atau d skip gmn ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa`alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....

      maap, br sempat balas, Mbak....masih riwuh abis lahiran 18 juni lalu :)

      Iya, ini abonnya ga ikut dioven Mbak...klo ga ada mayones, bisa dioles pake mentega aja kali ya...supaya abonnya nempel :) ao kalo ga, setelah matang rotinya dibelah tengahnya dan diisi abon ^^

      Delete