Wednesday, February 19, 2014

Homemade Roti Tawar




Bismillah....
Awal-awal tinggal di Jepang saya seriiing banget mbikin roti, hampir tiap hari.... tapi begitu kenal gluten free, mulai saya batasi. Waktu saya hamil baby Atha, entah kenapa jadi malas mbikin roti lebih sering mbikin cake. Akhirnya keterusan sampe sekarang...hehe...sejak ada baby Atha saya malas mbikin roti karena ga sempat lagi membentuk2 rotinya, terkadang sih masih mbikin, rotinya saya bentuk bulat biasa dan diisi coklat batangan aja :)

Belakangan ini saya mulai ngeroti lagi, cuma sayangnya sekarang masih musim dingin, waktu fermentasi rotinya jadi lebih lama, kecuali diletakkan di ruang berpenghangat. Itupun tidak bisa seperti saat musim panas, tetap memerlukan waktu fermentasi yang lebih lama. Seperti kali ini, saya mbikin roti tawar, untuk yang ke 3 kalinya. Waktu fermntasinya lama sekali, fermntasi pertama 1 jam lebih, fermentasi kedua memakan waktu 2 jam lebih dan ternyata masih belum terlalu mengembang tinggi, harus lebih lama lagi. Tapi berhubung saya mbikinnya malam, karena sudah mengantuk, saya oven aja seadanya. 

Hasil rotinya seperti di foto, cantik berserat tapi agak padat ya, mestinyaa bisa mengembang lebih tinggi lagi.....dan permukaan atasnya agak gosong...hehe...karena micowave oven saya pakai api atas, waktu saya oven 20 menit ternyata dalamnya belum sepenuhnya matang, akhinya saya oven lagi sampai matang. Oiya, permukaan rotinya ini ga saya oles apa-apa, karena lagi malas misahin telur....hehe....mestinya dioles kuning telur supaya warna atasnya cantik :) InsyaAlloh lain kali kalo mbikin lagi dan hasilnya lebih cantik, saya posting lagi yaa....sekarang yang penting sekarang nyatet resepnya duluu ^^






Untuk resepnya, saya pakai resep roti tawar Bu Fatmah Bahalwan di web NCC. Terima kasih banyak untuk resepnya ya Bu....resep-resepnya selalu jadi favorit saya ^^

Roti Tawar
Source : Bu Fatmah Bahalwan NCC

Bahan:
1 kg      tepung terigu protein tinggi
11 gr     ragi instan
20 gr     susu bubuk full cream
100 gr    gula pasir
2 btr      telur
60 gr     mentega putih (*ummi: pakai margarin)
15 gr     garam
475 ml   air es

Cara membuatnya:

  • Campur dalam wadah: tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan susu bubuk, aduk rata. Beri telur, tuangi air es secara bertahap sambil diuleni hingga tercampur rata dan bergumpal-gumpal.
  • Masukkan mentega putih dan garam, lanjutkan menguleni hingga adonan kalis elastis. Bulatkan dan istirahatkan 30 menit.
  • Kempiskan adonan dengan cara ditinju, lalu bagi adonan masing-masing 550gr. Bulatkan, lalu gilas, sesuaikan dengan panjang loyang kemudian gulung padat memanjang. Taruh dalam loyang loaf yang sudah dioles minyak atau mentega putih. Diamkan selama 60 menit, hingga mengembang. Olesi bagian atasnya dengan campuran telur dan susu (1 btr telur, 2 sdm susu segar, ½ sdt garam, kocok lepas)
  • Panggang dalam oven selama 20 menit, atau hingga matang dan permukaannya kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven, olesi segera bagian atasnya dengan mentega.
  • Potong-potong roti tawar setelah dingin, simpan dalam wadah kedap udara.


Note :
Saya mbikin 1/2 resep, jadinya 1 loyang roti tawar. Susu bubuknya saya skip. Untuk ragi instannya, 1/2 resep diatas, saya pakai 1 sdm ragi instan. 
Roti tawarnya tidak saya beri olesan apa-apa permukaan atasnya.
Untuk menguleni adonan rotinya , saya pakai breadmaker.





10 comments:

  1. kalo cuacanya lebih hangat barangkali bisa lebih ngembang mungkin ya ummu..:)
    pinter motong2 nya..:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak...mestinya bisa ngembang lebih tinggi lagi...... ga sabar nunggu musim panas niih :)
      kalo motongnya, harus nunggu rotinya dingin Mbak....gampang kok motongnya....klo masih panas jangan buru-buru dipotong :) ini saya motongnya pakai pisau roti biasa, beli didaiso, murah meriah ^^

      Delete
    2. blm pernah bikin ^^ pengen nyoba deh mbak kapan2,,,,,

      Delete
    3. saya jg jarang2 Mbak...lebih sering mbikin roti manis ^^

      Delete
    4. emh ya ya... berarti harus pakai pemotong roti ya..:)

      Delete
    5. pisaunya bergerigi, seperti yang difoto diatas Mbak :)

      Delete
  2. klo sy gak usah pake telur mbak, jadinya lembuutt kayak yg di sunlive. sy nyontek di blog Hesti Kitchen

    ReplyDelete
    Replies
    1. resep roti tawar macem2 ya Mbak....kayaknya perlu dicoba semua biar tau bedanya :D

      Delete
  3. Halo mba, salam kenal ya, resep2nya menggiurkan sekali..mba mau tanya, utk takaran 1 sdm ragi itu menggunakan sendok ukur atau sendok makan biasa? Makasih ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mbak ^^
      Saya biasanya pakai sendok makan biasa, 1 sendok makan peres...

      Delete