Tuesday, February 25, 2014

Banana Pancake



Bismillah....
Anak-anak saya suka dorayaki pancake. Saya beberapa kali mbikin dorayaki, tapi terus terang hasilnya ga bisa sebagus dorayaki yang dijual-jual disini, karena baking powdernya biasanya saya skip. Kalau dorayaki, biasanya mebutuhkan banyak telur dan tepung sedangkan cairannya sedikit sekali....plus gula dan madu, sehingga menghasilkan rasa manis yang khas. 

Kebetulan lagi banyak stok pisang, dan udah lama ga mbikin pancake, akhirnya saya buat banana pancake....rasanya enaaak banget, mirip dorayaki tapi aroma pisangnya kuat, teksturnya lembut empuk. Anak-anak nyebutnya sih dorayaki...hehe...karena bentuknya mirip dorayaki yaitu dorayaki yang ga ditumpuk dan tanpa isian :)

Oya, banana pancakenya ini saya buat manis, karena anak-anak suka yang manis, berikut ini resepnya :





Banana Pancake

Bahan-bahan :
240 gr pisang kupas
200 ml susu cair
200 gr tepung terigu
75 gr gula pasir (bisa dikurangi atau ditambah sesuai selera)
1 butir telur 
sedikit garam

Pelengkap penyajian :
Pisang, potong-potong
Madu (bisa pakai sirup karamel)

Cara Membuat :
Blender pisang bersama susu cair. Sisihkan.
Kocok lepas telur di wadah. Masukkan gula pasir, garam, campuran pisang dan susu, aduk rata.
Masukkan tepung, aduk kembali hingga rata dan tidak ada gumpalan tepung. Bisa juga dimikser dengan kecepatan rendah sebentar saja, asal rata. 
Panaskan wajan datar anti lengket, tuang satu sendok sayur adonan. Setelah bagian tepi-tepinya mulai mengeras dan bagian bawahnya berwarna kecoklatan, balikkan. Masak lagi hingga matang. Angkat.
Lakukan hingga adonan habis.
Sajikan dengan potongan pisang dan madu.




 





11 comments:

  1. hehehe...., banana pancake favourite nya Taka & Ryu juga mbak :)
    kalo saya biasanya bikin yang fluffy banana pancake, putih dan kuning telor di kocok terpisah trus diaduk rata gitu...., anget-anget dimakan pake madu/saus coklat apalagi ditambah ice cream, hahaha uenak nyo....

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah...sama ya Mbak, memang enaak nih....ga bertahan lama, langsung ludes....malah ditungguin dkt kompor ma anak2...hehe,.....makasih atas sharingnya yaa Mbak.....kapan2 pengen nyobaa ^^

      Delete
  2. ummi,,tanya dong bikin sirup karamelnya gmn ya...?makasih ya ummi

    ReplyDelete
    Replies
    1. simple aja Mbak, ....kayak klo bikin karamel utk kue karamel....gosongkan gula pasir di panci, tambahkan air secukupnya...jika ingin lebih kental beri sedikit maizena yg dilarutkan dengan sedikit air....aduk rata,matikan api. siap digunakan :)

      Delete
  3. Mbaaa, cantik bgt fotonya! Aku suka buat jg nih pake tepung beras biasanya, atau tepung oat. Tp mmg tetep gak seenak pake terigu ya, hehehhee. Masih blm bisa dpt kombinasi yg pas untuk gantiin terigu

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Mbaak....saya kemaren nyoba mbikin pancake yg gluten free, memang ga bisa selembut klo pake terigu....TFS yaa ^^

      Delete
  4. Replies
    1. makasiih Mbak....kata anak2, ini dorayaki :D

      Delete
  5. Ass... klo pake tepung beras mungkin akan lembut klo ditambah dengan tape nasi.......????

    ReplyDelete
  6. Ass... klo pake tepung beras mungkin akan lembut klo ditambah dengan tape nasi.......????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh...
      Hmm... Maaf saya belum pernah mencoba Mbak.... Dicoba2 aja, mbikin porsi kecil dulu... Nanti dievaluasi hasilnya ^^

      Delete