Monday, February 24, 2014

Onde-Onde




Bismillah...
Setelah tempo hari mbikin mochi balut wijen, akhirnya saya jadi penasaran pengen mbikin onde-onde. Dulu udah pernah  nyoba mbikin onde-onde, tapi waktu digoreng meletus. Sempat trauma, malas mau nyoba lagi. Tapi setelah browsing2 dan dipikir2, mungkin waktu itu saya pakai api yang terlalu besar saat menggoreng. Dan karena ga punya wajan cekung, saya gunakan panci kecil yang tebal... sepertinya kurang cocok untuk menggoreng, minyaknya jd terlalu panas dan onde-onde pecah. Untuk kali ini saya pakai panci yang memang khusus utk menggoreng, alhamdulillah onde-ondenya sukses semua, ga ada yang pecah. Alhamdulillah anak2 sukaa ^^


Untuk resepnya berbeda dengan yang dulu saya coba, kali ini untuk adonan kulitnya saya pakai resep Bu Fatmah Bahalwan dan untuk adonan isiannya saya pakai resep Mbak  Hesti Saifudin. Makasiih banyak atas resep2nya Bu Fatmah dan Mbak Hesti ^^
Berikut ini resepnya yaa :

Onde-Onde
Bahan Kulit:
250 gr     tepung beras ketan
40 gr       tepung beras (resep asli 37,5 gr. Saya bulatkan jadi 40gr)
125 gr     gula pasir
1/4 sdt      vanilli (*ummi: ga pakai)
1/2 sdt       garam
200 ml     air (menurut saya pas, jangan ditambah)
100 gr     wijen putih
minyak untuk menggoreng

Bahan Isian Kacang Hijau :
150 gr kacang hijau kupas, rendam selama 2 jam
100 ml santan atau air
75 gr gula pasir
 sedikit garam
Cara Membuat Isi :
Kukus kacang hijau selama 30 menit sampai mekar. Haluskan. Panaskan santan/air, gula, garam dan kacang hijau.Masak sambil diaduk hingga kalis. Dinginka, bentuk bola2. Sisihkan.

Cara Membuat Kulit :
  • Kulit: Campur tepung beras ketan, tepung beras, garam, dan vanilla bubuk, aduk rata.
  • Panaskan air hingga panas tetapi tidak sampai mendidih. Angkat. (*ummi: sampai mendidih)
  • Tuang air sedikit demi sedikit ke campuran tepung, aduk rata dan uleni sampai menjadi adonan yang bisa dipulung.
  • Ambil 30 gr adonan kulit, pipihkan ditangan hingga membuat cekungan.
  • Isi dengan satu bulatan adonan isi, tutup dan bulatkan kembali menjadi bola-bola.
  • Celupkan dalam air dingin. Gulingkan pada wijen, kepal-kepal sehingga bentuknya bulat dan wijen menempel rata.
  • Panaskan minyak, kecilkan api, goreng onde onde sampai mengapung dan kekuningan. Angkat.

 Note :
Gunakan api kecil agar saat digoreng onde-onde tidak meletus atau pecah.
Untuk adonan kulitnya, takaran airnya pas menurut saya, saat baru dituang memang sepertinya kurang, tapi ga perlu ditambah, lanjutkan mengaduk dan uleni terus sampe kalis (tidak lengket) dan bisa dipulung.




12 comments:

  1. ih saya sempet sebel jg sama onde2 um, jadi ceritanya gini..udah pede aja gitu bikin onde2.. pas digoreng lho kok gak ngambang2 ya...*saya menggorengnya pake minyak dingin*. lamaa ditungguin, tetep aja tenggelem.. akhirnya saya baru nyadar kalo yang saya pake itu tepung beras, bukan tepung ketan hahahha salah ngambil gak diliat2 dulu...xixixi jadinya keras beuut....gak bisa dimakan:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe.....kok bisa salah Mbak....kebayang hasilnya yg atos :D coba mbikin lagi atuh, pasti berhasil, insyaAlloh ^^

      Delete
    2. keras ummu kayak goreng batu hahahah.. gak kemakan, mubazir bgt pengen nangis aja kalo ada makanan yg ga bisa kemakan...:D

      iya InsyaAlloh kalo mood nya dah balik lg ... heheh

      Delete
    3. bener Mbak...saya paling sedih klo bikin cemilan gagal dan ga bisa dimakan....:(
      klo onde2 yg meletus dulu, saya buat cireng akhirnya :D

      Delete
  2. kemarin-kemarin mau komen disini loadingnya luamaaa banget. Apalagi kalo pas lola, ggrrrrrhhh....gemes banget, hihi....akhirnya batal nggak jadi komen.
    onde-ondenya bu fat emang cihuy tuh terutama kulitnya. Biarpun adem tetep kokoh nggak mleyot....

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah...memang kemaren2 foto2 ada yg filenya png, Mbak....rada berat loadingnya...belum sempat saya ganti lg nih....:)
      Bener Mbak, resep Bu Fat ini memang toopp...dulu saya pake resep Bu Sisca, krg berhasil :(

      Delete
  3. Salam kenal Ummi, onde2 nya tahan kenyal brp lama, sebelum jd keras.. Sy jg sering bikin onde2 pake resep henny's cake ( yg adonan kulit + kentang kukus)...bisa tahan kenyal sampe besooknya... Mau buat perbandingan aja :) .. Terima kasih Yªª Ummi..#Yanta, Jakarta.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal jg ....saya kurang tau tahan kenyal berapa lama ...karena saya bikin siang, sorenya sudah habis...hehe....
      disini jg musim dingin, kayaknya ga bisa buat perbandingan klo musim dingin, biasanya cemilan yg saya buat otomatis jd lebih mengeras, seperti masuk kulkas .....:)
      Makasih atas sharingnya yaa...kapan2 mau nyoba pakai kentang kukus ^^

      Delete
  4. Ini bener ga sampe meletus mi?
    Sy mah msh takut bkkin lg.... hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah aman Mbak....ga ada yg meletus, nggorengnya pakai api kecil ^^

      Delete
  5. kalo kebanyakan tepung beras jadi keras ya mba? sy bikin pas udah adem dimakan alot gt. sy masukin air ga ditakar, adonan encer sy tmbahin tepung beras. kirain bs jd crunchy gt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemungkinan lebih keras Mbak, klo tepung berasnya lebih banyak....sebaiknya airnya ditakar sesuai resep....insyaAlloh pas, bisa kalis. Saat dituang air sampe habis, adonan memang masih terasa kering,...masih berupa tepung2, karena tepung2nya belum menggumpal kena air panas....uleni aja terus menerus...lama2 bisa kalis dan mudah dipulung ^^

      Delete