Tuesday, February 4, 2014

Tahu Aci Tegal




Bismillah...
Ini adalah cemilan bbrp waktu yang lalu. Udah lupa kapan mbikinnya...hehe....belakangan jg sering mbikin, krn gampang mbikinnya dan bahannya simple, murah meriah. Pertama kali mengenal tahu aci Tegal, waktu dulu Mbak Sasmeita pernah posting. Tapi belum terpikir untuk mencoba. Sampai akhirnya saya mbikin batagor, tapi dikukus, karena memang saya lebih suka yang dikukus.......tapi saya jadi penasaran gimana rasanya kalau digoreng ya. Dulu kuatirnya kalau digoreng bakal lama matangnya, sementara isian batagor mengandung ayam atau ikan, harus dimasak sampai matang tentunya. Ah, masih penasaran dengan batagor goreng.....tapi saya malah jadi terpikir untuk membuat tahu aci Tegal. Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya pernah jalan2 ke blog Mbak Diah Didi, ketemu dg postingan tahu aci. Tahu aci ternyata adalah tahu yang dipotong segitiga, dikeruk sedikit isinya kemudian dicampur adonan aci dan diisikan kembali ke tahu lalu digoreng. Waahh....harus dicoba nih....karena resepnya simple. Makasiiiih atas sharing resepnya yaa Mbak Diah Didi ^^

Berhubung di jepang sini tahunya terlalu lembek, akhirnya saya modifikasi, saya pakai tahu kulit goreng  (yang kopong) untuk bungkus luarnya, sementara isiannya saya pakai tahu putih yang dicampur adonan aci. Alhamdulillah, jadi juga akhirnya....pas digoreng cepet matang dan hasilnya enaak apalagi klo dimakan  anget2....bisa jadi variasi cemilan, disamping bakwan sayur, nugget pisang, tahu isi, dll ...hehehe :)  Untuk penyajiannya, tahu aci khas Tegal ini biasanya dicocol dg sambal kecap......tapi bisa jg pakai sambel petis, sambel kacang, saos sambel, dan lain-lain ^^





Resep dibawah ini sudah saya modifikasi, jika ingin melihat resep aslinya silahkan dilihat di blog Mbak Diah Didi yaa....

Tahu Aci Tegal
Source : Diah Didi's Kitchen, dengan modifikasi

Bahan-bahan :
200 gr tahu putih, haluskan
8 bh tahu kulit goreng, potong diagonal menjadi 4 bagian
100gr  tepung tapioka/potato starch
50 gr tepung terigu
50 ml air atau secukupnya (disesuaikan dengan kelembekan tahu)

Bumbu :
1 sdm bawang putih halus
5 btg bawang daun
1/2 - 1 sdt merica bubuk
1/2 -1 sdt jahe bubuk
garam dan gula secukupnya

Pelengkap :
sambal kecap

Cara Mambuat :
Campur tahu putih bersama bumbu-bumbu, aduk rata.
Masukkan tepung tapioka dan terigu. Aduk kembali hingga rata. ( lebih baik diaduk dengan tangan, supaya bisa lebih merata).
Koreksi rasanya, tambahkan gula garam seperlunya.
Ambil sesendok adonan, lalu isikan ke tahu kulit. Lakukan hingga adonan habis.
Panaskan minyak di wajan, goreng tahu yang sudah diisi tadi hingga matang.
Sajikan dengan sambal kecap atau sambal lainnya.

Note:
Tahu kulit di jepang rasanya tawar, jika ingin lebih asin bisa direndam di air garam sebentar, kemudian diperas dan diisi adonan aci. Tapi air garamnya jangan sampai kelewat asin yaa ^^
Sambal kecap : 1/2 siung bawang putih parut/haluskan, cabe rawit diiris tipis, kecap manis secukupnya, digerus hingga tercampur rata.









10 comments:

  1. tayang juga tahu acinya ya ummu hihihi...

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. beneer Mbak....apalagi klo sambelnya pedees ^^

      Delete
  3. Ini namanya tahu pletok asal Tegal. Kemaren puwaaas makan ini pas pulkam. Rasanya beda kalo gak pake tahu asli dari Tegal. Saya aja belum pernah bikin tahu pletok pas di Bpn. Krn tahu disini tekstur dan rasanya gak begitu siip. btw nice pic um. telateeen bener deh jepretnya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener Mbak...pasti rasanya bda dg tahu aci tegal yg sli....yg ini abal2....hehe....
      motretnya asal aja Mbak....foto2 saya gitu2 aja :D

      Delete
  4. makasih resepnya ummi..satu lagi yang dah saya praktekin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mbak.... Saya juga sering mbikin tahu aci ini ^^

      Delete