Thursday, February 13, 2014

Cheese Cake




Bismillah...
Beberapa waktu yang lalu nyoba mbikin cake keju, modifikasi dari resep marmer cake jadul Pak Sahak. Yaitu saya tambahkan keju parut 80 gr dan tidak saya buat marmer. Hasilnya uenaak...ngejuuu dan lembut. Hanya sayang, waktu dikeluarkan dari oven cake yang tadinya mengembang menjulang tinggi kemudian jadi sedikit mengempis. Tapi ga jadi bantat sih tetep lembut. Berikutnya saya coba lagi, margarinnya saya ganti minyak sayur, hasilnya juga enaak....mengembang lebih tinggi malah, tapi pas dikeluarkan dari oven juga langsung mengempis...jadi tanda tanya nih. Apa karena ngovennya kurang lama ya...atau karena disini suhu udaranya cukup dingin, waktu mbikin cake ini suhu ruang berkisar 0-3 deg C.

Sewaktu di foto, bahkan tidak berapa lama cakenya langsung dingin dan sedikit mengeras tepi-tepinya...hihihi...saking dinginnya kali :D Waktu mbikin cake marmer jadul kayaknya suhunya ga sedingin ini, yaitu lebih hangat suhu ruangnya sekitar 15-18 deg C. Kalau musim dingin gini memang suhu udara naik turun, kadang seminggu suhunya minus terus, tiba-tiba minggu depannya menghangat jadi belasan derajat. Minggu berikutnya minus-minus lagi. Naik turun pokoknya. Soal resep cake keju ini, saya masih pengen utak atik resepnya lagi... kalau soal rasanya, cake ini uenaak, ngejuu dan manisnya pas, semua suka, sukaa bangeet ^^








Cheese Cake
(Modifikasi Resep Marmer Cake Jadul Pak Sahak)

Bahan :
5 butir telur
125 gr gula pasir
150 gr tepung terigu serbaguna (protein sedang)
15 gr maizena (karena kehabisan stok, saya ga pakai)
100 gr margarin
50 gr minyak sayur
80 gr keju parut

Cara Membuat :
Panaskan oven 180 deg C. Siapkan loyang bundar diameter 18 cm, oles margarin/minyak.
Campur dan ayak tepung terigu, maizena.
Lelehkan margarin, matikan api. Masukkan keju parut, aduk hingga keju meleleh.
Kocok telur, gula pasir dan campuran tepung hingga mengembang dan kental (all in one method). (*ummi: kocok 5-10 menitan)
Satukan campuran margarin leleh dan keju dengan minyak sayur, kemudian tuang sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk balik hingga tercampur rata dan homogen. (*ummi: aduk dengan mikser kecepatan rendah). Tuang adonan di loyang yang sudah dioles minyak/margarin.
Oven hingga matang selama kurang lebih 30-45 menit (tergantung masing-masing oven ya). Lakukan tes tusuk dan tes sentuh.
Angkat dan segera keluarkan dari loyang agar cake tidak menciut.

Note :
Keju parut bisa langsung dituang di adonan, tanpa perlu dilarutkan bersama margarin leleh.
Untuk suhu oven disesuaikan dengan suhu oven masing-masing ya. Saya pakai microwave oven, suhu 180 deg C, api atas.



9 comments:

  1. poto yang ini yang pake margarin mksdnya?
    emhh... tapi biar turun tetep kliatan enak kok..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa....yang ini pakai margarin, seperti yang tertulis diresep, Mbak....^^
      cheese cake memang uenak ya Mbak....pengen lagi dan lagiii :))))

      Delete
    2. hihi bikin timbangan miring ke kanan aja..:D

      Delete
  2. assalamu'alaikum umm..
    umm setahuku kalau cake turun atau kempis itu karena kandungan tepungnya kurang.. mungkin jika di tambah sedikit tepungnya karena itu pengaruh bgd loh umm.. (hasil baca, searcing dan baking umm)..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....makasiih masukkannya ya Mbak.. saya masih belum sempat utak atik resepnya lagi nih....

      Delete
  3. Di dalam rumah udah pake penghangat ruangan kan mba citra?
    Saya lagi ngebayangin pas bikin cake terus abis keluar dari oven langsung dingin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya apato-apato disini AC pemanas hanya disediakan dikamar, Mbak...untuk ruang tamu dan dapur ga ada. Di apato saya jg gitu, jadi selain di kamar, ga pakai pemanas.....dinggin....dibetah2in masak, pakai jaket tebal dobel2 :)
      sebenarnya ada pemanas listrik, tapi saya pakai di kamar juga. Jadi memang pas mbikin kue ini, begitu keluar oven langsung kena hawa dingiin.....jadi kempis....ga perlu nunggu lama-lama,kuenya udah langsung dingin...hehe :)
      bahkan kalau menggoreng di wajan, kalau pakai api kecil, matengnya bakal lama, bahkan dalamnya kurang matang malah.... karena minyaknya dingin, kurang panas kalau cuma pakai api kecil....:)

      Delete
  4. dingin-dingin makan yang gurih-gurih gini, wuih nggak nolak um...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita sehati nih, Mbak....sama2 suka ngemil...hehe...:))))

      Delete