Thursday, February 6, 2014

Brownies Kukus Pisang



Bismillah....
Beberapa waktu yang lalu saya mbikin brownies kukus pisang. Pertama kalinya mbikin brownies kukus pisang....klo yang di oven seriiing banget mbikin, terutama yang gluten free, beneran enaak. Kali ini saya pakai terigu, dan pengen nyobain yg di kukus. Ternyata brokus pisang juga enaak. Pas mbikin ini ada sedikit masalah...hehe...pas ngukus, api yang saya gunakan terlalu keciil, alhasil begitu 30 menit kukusan dibuka, olala...belum matang browniesnya, akhirnya saya lanjutkan mengukus 30 menit kemudian. Akhirnya matang jg browniesnya....entah karena itu ya, browniesnya ini jadi terlalu lembab / basah menurut saya, kelamaan ngukusnya mungkin...hehehe.. Buat penyuka brownies yang lembab, brownies ini pas banget... klo soal rasanya, hmm... jangan ditanya, nyoklaaattt dan legiiittt, manisnya pas....alhamdulillah, anak2 suka sekali ^^






Resepnya hampir mirip brownies pisang oven yang gluten free, hanya telurnya saya tambah 1 dan terigunya cuma pakai 75 gr. Berikut ini resepnya :

Brownies Kukus Pisang

Bahan-bahan :
200gr pisang yang sudah dikupas, haluskan (*ummi: pakai pisang cavendish)
3 butir telur
80 gr gula pasir
120gr dcc (dark cooking chocolate)/ coklat batangan
100ml minyak sayur (*ummi: pakai canola oil)
75 gr tepung terigu
15 gr coklat bubuk

Cara membuat :
1. Panaskan kukusan. Campur tepung terigu dan coklat bubuk, ayak.
2. Panaskan minyak sayur sebentar, masukkan DCC, aduk rata hingga DCC leleh. Biarkan hingga dingin.
3. Mixer telur dan gula dengan kecepatan tinggi hingga mengembang (tidak perlu sampai kental). Kecilkan kecepatan mikser menjadi 1, lalu tambahkan campuran tepung dan coklat bubuk. Aduk hingga rata (asal rata).
4. Masukkan pisang, aduk kembali hingga rata.
5 Selanjutnya masukkan masukkan campuran DCC dan minyak sayur. Aduk kembali hingga rata.
6. Tuang di loyang bundar 18 cm yang sudah dioles margarin/minyak.
7. Kukus dengan api kecil selama 30 menit atau hingga matang. Jangan lupa tutup kukusannya dilapisi kain bersih supaya airnya tidak menetes ke permukaan brownies.




19 comments:

  1. kalo versi kukus gini pake tepung gluten free bisa jugakah mbak? Btw, saya dah cobain yang brownies pisang panggang gluten free. Uenaaakkk...tenan... Anak-anak smp adik-adik saya pada suka, apalagi pas masih hangat-hangat gitu. Makasih untuk ilmunya ya mbak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Mbak...brownies pisang gluten free yg oven memang enaaaak...ga pernah boseen, favorit keluarga dan bbrp teman jg udah nyobain, kata mrk jg enak, alhamdulillah ^^
      Kalo resep yg oven itu mestinya jg bisa dikukus Mbak....pakai api kecil, tapi saya belum nyobain...belakangan ini pisang langka disini :(((

      Delete
    2. Mbak, saya sdh nyobain resep mbak yang cake kukus pisang gluten free. Alhamdulillah enak banget mbak.. :)

      Delete
    3. wah....sudah nyoba yg gluten free Mbak....rajin banget :) pake resep yang ini atau resep yang oven, pakai 2 telur, Mbak?

      Delete
    4. bukan yang brownies mbak, tapi resep mbak yang Cake Kukus Pisang (Gluten Free) itu mbak. Pengen nyoba yang gak pake coklat, kebetulan saya ga pake palm sugar (pas gak ada). Tapi tetep enak lho mbak, saya bawa ke kantor juga langsung ludes :)

      Delete
    5. O iya Mbak...saya salah baca...hehe...saya pikir brownies pisang :D
      cake pisang memang selalu enak ya, saya ga pernah bosen....walau sering mbikin ^^

      Delete
  2. um tukeran dengan cake kukus pisangku yuk, mumpung masih ada. Mau diposting besok...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah, ....mau bangeet Mbaak.....kebetulan pisang lagi mahal skrg :)

      Delete
  3. yammmiii...
    lama jg ga bikin brownies nih..:)

    ReplyDelete
  4. ♏ϐάκ Citra pakai pisang uli enak ga ya?جَزَاكُمُ اللَّهُ خيْراً كَثيْرًا

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa pakai pisang apa aja Mbak.... wa anty jazakillah khoir ^^

      Delete
  5. Assalamu'alaikum, kebetulan ada stok pisang kepok sy coba brokus pisang ini, kebetulan lama jg gak bikin brownis, eh beneran rasanya legiit...semua suka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....wah, sudah nyoba juga ya Mbak Inayah... Alhamdulillah kalau cocok, Mbak.....iyaa, memang legiit...jadi mirip brownies ubi yang pernah saya buat dulu....:)

      Delete
  6. Afwan tanya ummu, kalo pake tepung kentang gimana perbangingannya ya?
    dari Ummu Haidar Cilacap

    ReplyDelete
    Replies
    1. tepung kentang mirip tapioka ya Mbak.....kalau mau pakai tepung kentang, biasanya diimbangi dengan tepung beras....tapi lebih dominan tepung beras. Mungkin bisa dicoba, terigunya diganti dengan 20gr tepung kentang+ 55gr tepung beras :)

      Delete
  7. Ummu, baru banget nyobain bikin ini. Enak bangettt! Cuma punya pisang mas, nekat aja, ternyata enak juga dibuat cake si pisang mas :) Kapan2 nyoba yang versi panggangnya. Terima kasih sudah berbagi um :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mbak....Alhamdulillah kalau cocok, brownies kukus pisang ini memang enak, salah satu favorit keluarga saya ^^

      Delete
  8. Mba saya usah nyobain resep ini..wah simpel tapi enyaaak..
    Nyobain yg kedua malah telurnya ternyata cuma sisa 2..bahan yg lain udah siap..eh hasilnya malah lebih enak hihihi....
    Oya saya masaknya pake magic com

    ReplyDelete