Friday, December 6, 2013

Lupis Ketan





Bismillah.....
Lupis ketan ini udah lamaa mbikinnya. Baru sempat terposting sekarang. Sejak kecil suka banget dengan lupis. Waktu di Surabaya, biasa beli di pasar pagi dekat rumah. Jajanan ini selalu ngangenin. Akhirnya kesampaian juga mbiki lupis ketan ini. Resepnya dulu pernah dishare di FB oleh Mbak Helen KM. Manik, ternyata mbikinnya mudah. Dan beberapa waktu yang lalu jg liat resepnya di group NCC, diposting oleh Mbak Rika Heldina. Pada intinya resepnya sama, hanya sedikit berbeda lamanya merebus lupis ini, tergantung selera. Untuk Mbak Helen dan Mbak Rika, makasih atas sharing resepnya ya Mbaaaak....^^
Dan ternyata saya bisa melipat daun pisangnya ini membentuk segitiga, hehehe...setelah bolak balik melihat di youtube, dari link yang diberikan Mbak Helen. Sekali lagi makasih ya Mbaaak ...*peluuuuk ^^





Lupis Ketan
Source : Resep Mbak Helen K.M. Manik dan Mbak Rika Heldina NCC

Bahan-bahan :
- 500 gr beras ketan, cuci dan rendam 30 menit - 1 jam (*ummi : karena waktu itu repot, akhirnya direndam semalaman / 15 jam)
- Daun pisang secukupnya
- Lidi atau tusuk gigi (*ummi : pakai benang elastis)

Bahan untuk taburan :
- 1/2 butir kelapa parut kasar (*ummi : pakai kelapa parut kering)
- 1/4 sdt garam
- daun pandan

Bahan sirup gula merah :
- 300 gr gula merah iris halus
- 125-150 ml air atau secukupnya
- sejumput garam
- 1 lembar daun pandan
- 1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air (optional, bila ingin sirup gula merah lebih kental)

Cara membuat :
1. Ambil selembar daun pisang, buat contong, isi dengan beras ketan. (*ummi : isi hampir penuh/padat)
2. Lipat contong membentuk segitiga dan padatkan, semat tusuk gigi agar rapat dan tidak ada celah yg terbuka. (*ummi: ikat dengan benang elastis)
3. Lakukan hingga beras ketan habis.
4. Rebus air dalam panci hingga mendidih, lalu masukkan lupis dan rebus hingga 2- 3 jam. Usahakan bungkusan-bungkusan lupis tadi tenggelam di dalam air.(Kalo resep Mbak Helen, direbus 25-30 menit).  (*ummi : rebus 1,5 jam)
5. Angkat, tiriskan sampai dingin
6. Rebus gula merah, air, garam dan daun pandan hingga gula mencair keseluruhan. Tambahkan larutan maizena. Aduk rata, biarkan mendidih beberapa saat. Angkat lalu saring dan biarkan dingin.
7. Kukus kelapa parut, garam dan daun pandan  kuran lebih 15 menit. Angkat.
8. Buka bungkus kue lupis lalu taburi atau gulingkan di atas kelapa parut kukus. Tata di piring. Sajikan dengan sirup gula merah.

Tambahan dari Mbak Helen, untuk cara melipat daun pisang membentuk contong segitiga, bisa dilihat di link youtube berikut : https://www.youtube.com/watch?v=z1WiLxIXuxs&feature=youtube_gdata_player




13 comments:

  1. pinter ngelipatnya um..
    hihi...
    saya ngelipat lontong aja suka eror :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ngelipat bentuk contong segitiga gini malah lebih gampang daripada ngelipat bentuk lontong, Mbak :D

      Delete
  2. kayaknya enak banget, jadi pengen nyobain Resep Kue ini.. cocok buat santai nieh..

    ReplyDelete
  3. kok ga ijo ya lupis'y mi?
    Jadi ngiler nich...;D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ijo dikit Mbak.....mungkin krn daunnya ga seger ya, udah masuk freezer :)

      Delete
  4. aku udah nyoba yang ini mba, ternyata gampang ya bungkusnya, malah berencana kl buat lontong dibentu gini aja hehehe...
    oya aku masaknya pakai panci presto hanya 30 menit sudah matang dan mateng banget, makasih ya dah manas-manasin aku untuk buat lupis :)

    salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbungkusnya ternyata tidak sesulit yang saya bayangkan....wah, pakai presto jadi lbih cepat matang ya Mbak, makasih atas sharingny ya Mbak ^^

      Delete
  5. Mba mw tnya donk, sy udh prnh buat lopis beberapa kali tp yg terakhir kok hasilnya lembek yah, kira2 knp ya mba? Isinya udh padat, direndem jg 30mnt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm.... Kenapa ya Mbak, apa mungkin melipat daunnya kurang rapat...mohon maaf saya juga kurang paham :(

      Delete
  6. Kemaren beli lupis..rasanya ternyata ngecewain..padahaĺ pak misua suka banget jajanan ini..hari ini bertekad eksekusi deh...doakeun berhasil ya mbaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga berhasil yaa Mbaak ^^
      Jadi pengen lupis juga :D

      Delete
  7. terima kasih kakak, resep ini sangat mudah untuk dipahami dan dilakukan. semoga lupis bisa menjadi makanan internasional.

    http://nusantaraaku.blogspot.co.id/

    ReplyDelete