Tuesday, December 17, 2013

Brownies Ubi



Bismillah....
Hari ini kota Kumamoto diguyur hujan. Dingin-dingin dan hujan-hujan gini jadi pengen ngemil, kebetulan ada ubi kukus dan coklat batangan, jadi tergoda untuk mbikin brownies ubi. Beberapa waktu yang lalu udah pernah mbikin, tapi kurang puas dg hasilnya....rasanya sih enak tapi terlalu oily (berminyak) dan rapuh, gampang hancur. Akhirnya hari ini coba mbikin lagi, utak atik resep lagi...dan ternyata hasilnya juga belum memuaskan...hehe...:D
Soal rasanya bisa dipastikan enaaak, hanya saja brownies ubi kali ini terlalu kering menurut saya, kurang lembab/basah....tapi tetep aja lariiis, siapa sih yg ga suka brownies ^^
Ubi memang cenderung padat dan seret beda dg pisang, jadi untuk mbikin brownies/cake ubi, mesti diperhitungkan juga cairan/minyak atau margarin lelehnya, juga komposisi ubi dan tepungnya. Masih penasaran nih pengen utak atik resepnya lagi....:)
Buat yang ingin tau resepnya, silahkan disimak dibawah ini ya...mungkin teman-teman bisa memodifikasi resepnya supaya jadi lebih lembab/moist browniesnya ^^





 Brownies Ubi Jalar

Bahan-bahan :
3 btr telur
100 ml minyak sayur/canola oil 
120 gr dark cooking chocolate (DCC) , potong kecil2 (*ummi: pakai milk chocolate)
80 gr gula pasir (bila kurang manis, bisa ditambah)
100 gr tepung terigu
150 gr ubi jalar kukus, kupas dan haluskan
20 gr coklat bubuk

Taburan :
almond slice

Cara membuat :
  • Panaskan oven 180 deg C 
  • Panaskan minyak sayur sebentar, masukkan DCC, aduk rata hingga DCC leleh. Biarkan hingga dingin. (Note: panaskan minyaknya sebentar aja, klo terlalu panas, DCC nya bisa mringkil2)
  • Campur tepung terigu dan coklat bubuk, ayak, sisihkan.
  • Mixer telur dan gula dengan kecepatan tinggi hingga mengembang (tidak perlu sampai kental). Kecilkan kecepatan mikser menjadi 1, lalu tambahkan campuran tepung dan coklat bubuk. Aduk hingga rata (asal rata).
  • Masukkan ubi, aduk kembali hingga rata.
  • Selanjutnya masukkan masukkan campuran DCC dan minyak sayur. Aduk kembali hingga rata.
  • Tuang adonan di loyang persegi 18 cm yang sudah dioles margarin/minyak, taburi almond slice.
  • Oven selama 30 menit atau hingga matang.




5 comments:

  1. brownies itu memang kue enak sepanjang masa hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Mbaak......ga ada bosennya yaa ^^

      Delete
  2. emhhh... coba pakai yoghurt atau buttermilk homemade mungkin um? soalnya kalo saya bikin cake kalo pake bahan2 itu cakenya jadi lebih moist..:)*sok tau...

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasiih sarannya Mbaak...kapan2 pengen nyoba deh.....makasiih ^^

      Delete
  3. apapun itu jenisnya, kalo namanya brownies nggak nolak um. Minta dong...

    ReplyDelete