Monday, February 11, 2013

Risol Isi Bihun


Bismillah....
Beberapa waktu yang lalu mbikin cemilan gurih untuk keluarga. Dingin2 gini bawaannya lapeerr aja, pengen ngemil, termasuk anak2 jg, makannya sekarang bisa 4 kali sehari, disamping cemilan2 berat ataupun ringan lainnya. Kali ini mbikin risol isi bihun, krn anak2 suka bihun, so pasti mereka jg bakal suka dg risol ini ^^
Pernah baca resepnya di NCC, resep Bu Fatmah Bahalwan, untuk kulitnya, resepnya seperti resep risoles pada umumnya, cuma isinya diganti bihun aja. Gampang banget mbikinnya. Risol ini bukan risoles, biasanya digunakan untuk pelengkap soto mie, tapi dibuat cemilan pun juga enak lho :)






Risol Isi Bihun

Bahan Kulit :
125 gr tepung terigu sedang
1 butir telur
1/2 sdt garam
250-275 ml air, tergantung encer tidaknyasemakin encer kulitnya semakin tipis
(*ummi: 125 ml air + 125 susu cair)

Bahan Isi :
100 gr bihun, seduh dg air panas hingga lunak, tiriskan
100 gr wortel, serut atau parut dg parutan keju
100 gr daging ayam, rebus, cincang halus
3 btg daun bawang, rajang
minyak goreng untuk menumis

Bumbu halus :
1 sdm bawang putih halus
1/2 sdt merica bubuk
1/4 sdt kunyit bubuk
garam dan gula pasir secukupnya

Cara Membuat :
  • Kulit : Dalam wadah, campur tepung, garam dan telur. Tuangi air dan susu sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk rata hingga menjadi adonan cair. Saring. Diamkan 15 menit. Buat dadar tipis2 menggunakan wajan anti lengket diameter 18 cm atau 21 cm. Sisihkan.
  • Isi : Panaskan wajan, tumis bumbu halus hingga harum. Kecilkan api, masukkan bihun, aduk hingga rata. Masukkan wortel, ayam dan duan bawang. Aduk rata. Angkat.
  • Penyelesaian : Ambil 1 lembar kulit, beri 1 sdm isi di tengahnya, lipat dan gulung seperti lumpia. Lakukan pada semua kulit. Goreng hingga kuning kecoklatan. Sajikan dengan pelengkap cabe rawit atau smabel kacang. Bisa juga dijadikan pelengkap soto mie :)





Alhamdulillah, anak2 doyan dg risolnya ini, kadang2 mereka makan yang tanpa digoreng risolnya, jadi masih berupa dadar kulitnya. Dicocol dg saus sambel jg mantab. Isinya bisa dikreasikan sesuai selera, bisa ditambahkan sayuran2 lainnya ^^

18 comments:

  1. mbak, kotaknya koq bagus to mbak... dapet darimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kotaknya beli di daiso Mbak, udah lama belinya tapi jarang2 dipake :) murah meriah ini ...:D

      Delete
  2. Replies
    1. gampang banget mbikinnya Mbak...cepet ludesnya jg :)

      Delete
  3. nyamm...nyammmmm..wenaaakkk...
    *beneran kotaknya keren:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sy malah pengen lumpia basahnya Mbak Ayu niih....pasti jg enaak, jd kebayang2 terus :)
      btw itu kotak memang lucu, sukaaa juga...pas dulu2 rajin belanja di daiso, skrg hamil udah jarang2 kemana2 :)

      Delete
  4. owh beli di Daiso...udah jarang banget ke sana soalnya kalo di bandung Daiso setau saya cuma ada di PVJ, jauh dari rumah...:(

    um, suka jalan2 gak kalo pagi? saya kalo lagi hamil jalan2 trs...tapi disono mah dingin kali yah xixixi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sy selama di sby malah belum pernah ke daiso sby Mbak, biasa beli produk2 daisonya malah di carefour...:D
      iya Mbak, biasanya klo hamil suka jalan2 keliling kompleks sama suami dan anak2....tapi disini dingiiin klo pagi, belakangan ini nol derajat terus..hehe...
      klo jalan kaki sih, sejak hamil ini memang lebih banyak jalan kaki/naik bis klo kemana2, udah jarang naik sepeda lagi kecuali klo deket atau jalannya turunan :) cuman jari2 kaki sy kena musim dingin ini agak rewel, suka bengkak gatal perih, klo dipake jalan jauh makin parah :(

      Delete
    2. ough...
      gak kebayang brr...
      kl dingin begitu, segala macem encok bisa kambuh kl disana yah xixixixi...

      Delete
    3. iya Mbak...sy bener2 ga tahan dinginnya ini...selalu pakai baju dan jaket berlapis, kaus kaki dan kerudung walau di dlm rumah....dingiiin...paling males klo cuci piring, walau pakai air anget, setelah cuci piring tangan rasanya beku :)
      Alhamdulillah ga punya encok Mbak....hehe...tp jari2 kaki suka bengkak gatal perih klo suhunya kelewat dingin dan banyak dipake jalan2...bener2 merindukan hangatnya cuaca indonesia tercintah nih ;)

      Delete
    4. sabar mbak..pada waktunya, musim panas pasti tiba hehe

      Delete
    5. Iya Mbak, abis ini udah mau spring. Akhir2 ini udah lumayan anget...td pagi udah 5 derajat...klo spring paling menyenangkan, bunga dimana2 ^^

      Delete
  5. Replies
    1. hehehe...silahkan Mbak, fotonya aja ya :D

      Delete
  6. Replies
    1. yuuuk mbikin Mbak....ini mah gampang bahan dan cara mbikinnya Mbak :))))

      Delete
  7. resep pembuatan risoles yag sangat kreatif. makasih

    ReplyDelete