Wednesday, February 13, 2013

Bubur Sagu Ambon

bubur sagu ambon


Bismillah...beberapa waktu yang lalu, sy membuat bubur sagu. Alhamdulillah sy mendapat kiriman lempengan sagu kering dr Ibunda suami dan juga mendapat hadiah dr teman baik disini. Sudah lama sebenernya pengen mengeksekusi sagunya ini. Bubur sagu ini favorit sejak kecil, dulu Ibu sy sering mbikin, selalu suka, favorit banget pokoknya. Dan sekarang sy coba mengenalkan bubur sagu ini kepada putra putri saya ^^



bubur sagu ambon


Bubur Sagu Ambon

Bahan :
200 gr sagu ambon kering (lempengan sagu)
1000 ml air untuk merendam sagu
1000-1250 ml air untuk merebus sagu (tergantung kekentalan yg diinginkan, sy pakai 1250ml air)
200 gr gula merah, iris tipis2 atau sesuai selera
100 gr gula pasir atau sesuai selera

Kuah santan : (rebus hingga mendidih. jangan sampai santan pecah)
750 ml santan
sedikit garam
1 lbr daun pandan
(*ummi: tdk pakai santan, pakai susu cair UHT)

Cara Membuat :
Rendam lempengan2 sagu bersama 1000ml air, semalaman hingga sagu lunak.
Setelah lempengan2 melunak, buang air rendamannya, tiriskan. 
Rebus lempengan sagu, gula merah dan gula pasir bersama 1250 air sambil terus diaduk2 agar sagu tidak menggumpal. 
Masak hingga matang, angkat.
Sajikan dengan kuah santan atau susu cair ^^


bubur sagu ambon

Bubur sagu ini bener2 lembut dan lumer dimulut...alhamdulillah putra putri sy suka. Sebenernya lebih enak bila disajikan dengan kuah santan, tapi berhubung santan disini  susah didapat dan lebih mahal daripada susu cair, akhirnya sy pakai susu cair. Dan anak2 tetap suka bubur sagunya ini. Karena disini winter, buburnya ini lebih cepat mengeras tapi tetap lumer dan lembut. Oya, untuk takaran air rebusannya mungkin bisa disesuaikan dengan kekentalan yang diinginkan. Untuk gulanya jg bisa pakai gula merah semua, jadi tidak pakai gula pasir, sesuai selera aja ^^  

bubur sagu ambon

26 comments:

  1. belum pernah nih umm... susah ga ya cari sagunya... tampaknya yummi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, belum pernah ya Mbak....ini kesukaan sy sejak kecil...klo di sby ada Mbak, sagu keringnya...biasanya sy beli di pasar tradisional, kdg malah di toko dekat rumah...klo di jepara, coba aja hunting Mbak, barangkali ada ^^

      Delete
    2. ntar klo mba dwee nemu berarti insyaAllah di jepara jg ada... soalnya deket semarang jepara... hehehe

      Delete
    3. semarang jepara deket ya Mbak....semoga segera nemu sagu ambonnya ya Mbak, di kota kecil spt bondowoso dan bojonegoro aja ada kq Mbak ^^

      Delete
    4. heeeiiii.... aku malah arep numpang jepara koq... :D
      mbak citra, bisa dikasih gambarnya ? supaya kalau mau beli gampang ngomongnya :D

      Delete
    5. gambarnya sy carikan di google ya Mbak...males moto sendiri :p
      sagunya seperti gambar di link ini Mbak : http://4.bp.blogspot.com/-z_BrhEdYbTc/T8wn1PcozoI/AAAAAAAAAL8/Me2MT4mhOcw/s1600/Sagu_lempeng2.jpg

      Delete
  2. opo maning di semarang mbak...
    adakah sagu ambon yaaa...???

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayuuk hunting sagu ambonnya juga Mbak....cari di pasar2 Mbak, biasanya banyak kq...bentuknya kotak2 kira2 ukuran 4x4cm tebalnya 1 cm-an...:)

      Delete
  3. suka juga sama bubur ini..
    dulu pernah bikin, tapi pake kayu manis sama kenari..wenaaak banget...
    ..
    baru tau ternyata di japan santan lbh mahal dari susu....:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, sy malah belum pernah klo pakai kayu manis sama kenari, Mbak,,,kpn2 coba jg aah...
      iya disini santan susah carinya, adanya kemasan kalengan, bkn produksi jepang, impor dr thailand....ada jg di toko milik org indo, mahal dan ga mesti ada :(

      Delete
    2. santa bubuk jg ga ada umm? disini koq banyak yaa..di tiap grocery store ada.. minta dikirim dr indo umm, santan bubuk... hehehe,,,, nimbrung

      Delete
    3. santan bubuk kayaknya ada di toko milik org indo Mbak, tp stoknya terbatas...belum pernah nemu/beli....
      iyaa, setiap kali dikirimin bahan makanan dr indo, santan bubuk/cair selalu masuk list ^^

      Delete
  4. iya kepikiran, ntar kalo mudik bawa santan bubuk aja um:D *colek yang nimbrung..hehhe

    kenari itu kruncy meskipun dimasukin ke bubu kayak gini um, jadinya wenak aja gitu...
    kalo kayu manisnya buat aroma, kecuali gak suka kayu manis..kalo saya sih suka banget..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. insyaAlloh lagi nunggu kiriman dr indo ini Mbak, termasuk santan jg ^^
      biasa mbikin bbur yg original aja nih Mbak, gitu aja udah enak dan laris manis, insyaAlloh kapan2 mau coba pake kayu mnais, klo kenarinya ga ada stok nih :(

      Delete
    2. waduh kyknya banyak bgt tuh kirimannya, hehe...
      pastinya terasi dan tepung ketan hitam, jg masuk list yah..

      Delete
    3. hehe...iya Mbak 2x kiriman masing2 20kg...sekalian kirim perlengkapan bayi dan bersalin jg :)
      yang banyak sih kiriman bahan makanan, yg pasti tepung ketan hitam, petis, terasi, meses, santan bubuk/cair, kecap, kering tempe, bumbu pecel, keripik tempe, kluwek, bumbu2 bubuk, dll ^^

      Delete
    4. kurang satu mbak..rempeyek..! hahahhaha..
      emang disana gak ada meses?

      Delete
    5. beneeerr Mbak...udah dibuatkan sama Ibu, mau dikirim menyusul :)
      disini ada meses tapi mahaaalll poll...chocochips jg mahal...meses 500 gr aja 100ribu :(

      Delete
    6. oowh...mungkin krn impor kli yah..muahal gitu...

      Delete
    7. kayaknya sih ga impor Mbak, produksi sini tapi mungkin bahan2nya nabati jd lebih mahal kali ya...:)

      Delete
  5. perasaan ni bubur guampil bikinnya...
    mirip dengan sagu mutiara yang pake direndem dulu baru direbus. Slruuuph...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Mbak Rina, gampang banget mbikinnya....dan selalu suka ^^

      Delete
  6. mb mau tnya dund.apa bsa pke sagu yg bentuknya tepung.tpi warnanya ga putih bersih,agak kecoklatan gt.apa memang seperti itu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya blm pernah liat sagu yg bentuknya tepung Mbak... Setahu saya, bentuknya batangan....kotak2 gitu, warnanya coklat. Mohon maaf tdk bisa membantu menjawab.

      Delete
  7. maksudnya mungkin tepun tapioka pa ya? atau kalau orang jawa bilang tepung pati kanji. Itu bisa ndak Umm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... Terus terang saya belum pernah mbikin bubur dr tepung tapioka Mbak... Tapi bisa dicoba kali ya... Jadi mirip vla gitu, mungkin. Klo vla biasanya dr tepung maizena. Hasilnya tentu beda dg bubur sagu yg pakai sagu batangan ini :) teksturnya agak kasar2 berpasir gitu...

      Delete