Thursday, February 28, 2013

Bubur Merah


bubur merah


Bismillah....
Kali ini posting yang simple2 aja....sebenernya ga niat posting, hehe....cuma bubur merah aja, mbikinnya pun luar biasa praktis....krn mbikinnya dari nasi bukan dari beras. Bener2 ga pake lama dan ga pake ribet :D 

Klo di jawa biasanya bubur ini buat acara syukuran atau selamatan ya, dipadukan dg bubur putih. Nah, klo buat saya disini, bubur ini dibuat dalam upaya memanfaatkan nasi yang sudah tidak laku lagi dimakan krn kering. Saat musim dingin begini, nasi cepat sekali dingin. Dibiarkan sebentar di udara terbuka aja langsung kering, keras. Di magic com pun, juga seringkali kering, di bagian tepi2nya. Daaann hampir sehari selalu saja ada nasi yang kering di magic com. Kadang2 nasi yg kering td sy kukus lagi di kompor, supaya lunak...dan seringkali pula nasi kering tadi sy olah menjadi bubur merah ini, daripada mubadzir jika dibuang :) Alhamdulillah anak2 jg suka dg bubur ini, krn manis dan gurih ^^

Oya, kali ini sy cuma mbikin bubur merahnya aja, ga pake bubur putih....krn cuman memanfaatkan sisa nasi yg ga terlalu banyak aja :)



bubur merah

Kayaknya ga perlu resep ya, krn super gampang banget mbikinnya...pas mbikin ini jg sy ga pake ukur2 takarannya, kira2 aja. Krn mbikinnya pakai nasi, sebentar aja udah jadi buburnya :D

Bubur Merah

Bahan :

2 cup nasi dingin
santan secukupnya, sesuai kekentalan yang diinginkan (*ummi: pakai santan instan)
gula merah secukupnya, iris2 (jangan sampai kemanisan ya)
sejumput garam
1 lembar daun pandan (*ummi: ga pakai)

Cara Membuat :
Masak semua bahan, sambil terus diaduk2 agar bagian bawahnya tidak gosong. 

Masak hingga nasi lunak menjadi bubur dan mengental/meletup2. 
Cicipin rasanya, bila terlalu manis, tambahkan air, masak kembali hingga mengental.
Angkat dan sajikan ^^

14 comments:

  1. assalammualaikum wwb....
    dulu waktu masih sering sakit maag...sering makan bubur ini...eheeh
    jadi kangen rasanya.... rasa buburnya umm, bukan kangen rasa sakitnya...eheheh
    mangkok kayunya..... ngidammmmmmm *__*

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....
      wah, dulu sering sakit maag ya Mbak....klo sy telat makan jg kambuh biasanya, tp gejala aja sih. Ga sampe parah alhamdulillah...makanya klo makan ga berani telat2 skrg, klo udah kerasa mual2 sy minumin vitamin B6 Mbak, sehari 1 tablet alhmadulilah sembuh biasanya :)

      Bubur ini klo di indo malah jarang2 mbikin, seringnya malah dikirimin tetangga...hehe :p

      Itu mangkuk kayu satu2nya Mbak...hehe....disini jg mahal harganya :D

      Delete
  2. Assalamualaikum wr wb Mba aku suka banget sama bubur ini, dulu waktu kecil suka berebutan sama adek krn bikinnya cuma kalau ada selamatan aja jadi kalau ada bubur ini langsung pada berebut :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....
      Iya Mbak...samaa, klo dapat hantaran bubur ini selalu sy yg paling bnayak ngabisin :))))

      Delete
  3. ummi.... ini hampir setiap hari ada di rumah jepara.... ini kesukaan ibu, kata beliau bubur merah atau putih bikin perut jadi adem.... dan memang betul ya umm... kalo di makan langsung nyesss di kerongkongan...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya kah Mbak.... bubur ini memang enak, ga mbosenin, bubur putih jg gurih.... dimakan kapan saja enak, iya bener, mbikin perut jd adem :)

      Delete
  4. lha kok idem. Kalo pingin bubur yang praktis juga pake nasi bukan pake beras.
    kalo pake beras suka males karena lama hancurnya.
    buburnya boleh tuh buat yang lagi bedrest. Super duper cocok....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss duluu Mbaak ^^
      Klo pake beras memang lamaaa....yg praktis2 aja :)
      Semoga lekas sembuh ya Mbak Rina, syafakillah...laa ba'sa thohuurun insyaAlloh ...
      kangen dg foto2 dan resep2 Mbak Rina...

      Delete
  5. nah, kalo ini panganan khas untuk bayi yang baru d kasih nama atau anak yg ganti nama, di daerahku (cirebon) d sarankan mmbuat bubur beras putih trus di atas'y d kasih bubur merah ini umm... Namanya bubur merah putih... Enyak, gurih manis...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak, klo dicampur bubur merah dan bubur putih, jadi klop, manis gurih...pas anak2 bayi malah sy jarang mbikin, biasanya bubur sumsum trus nasi tim saring, trus nasi tim :)

      Delete
  6. blm pernah nyobain yang dari nasi, sama enaknya kayak dari ketan gak sih um? aku jadi penegn nih heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo bubur merah/putih di daerah saya biasanya mbikinnya dr beras Mbak bukan ketan...klo ketan biasanya buat campuran kolak, paling sering mbikin kolak durian ^^
      Ini sy pake cara shortcut, mbikinnya dr nasi, biar cepet...pake nasi yg ga laku pula :p

      Delete
    2. ooowh gitu yaa...kirain bubur merah itu dr ketan aja hehe

      Delete
    3. sy malah belum pernah mbikin bubur merah yg dari ketan...hehe :)

      Delete