Monday, February 25, 2013

Telur Bumbu Petis


Bismillah....
Ini adalah menu hari ini yang serba dadakan mbikinnya....bingung mau masak apa, tiba2 aja keingat petis 1 cup yang sy temukan bbrp waktu yg lalu di lemari....
Saat menemukan petis ini, senangnya bukan main, serasa nemu harta karun...hehe...sy pikir stok petis sy udah habis, dan saat ini sedang menunggu kiriman dr indo. Dan tiba2 saat bongkar2 lemari, sy nemu petis ini bersama bahan2 makanan kiriman dr indo lainnya, seperti santan kara bubuk, gula palem, blueband, dll.....alhamdulillah ^^




Untuk resep telur bumbu petis ini, mungkin ada banyak ya versinya ...klo yg ini versi sy, kapan2 pengen nyobain versi yang lainnya jg ^^
Berikut ini resepnya :

Telur Bumbu Petis


Bahan :
8  butir telur, rebus dan kupas kulitnya
200ml santan (*ummi: pakai santan instan)
4-5 sdm petis udang, larutkan dg 75ml air hangat/panas (bisa pakai petis ikan)
1 sdm bawang putih halus
1/2 buah bawang bombay, cincang
1 batang serai, memarkan
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
2 cm lengkuas, memarkan
10 buah cabe rawit, iris
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt merica bubuk
garam dan gula secukupnya

Cara Membuat :
Tumis bawang putih halus, bawang bombay, cabe rawit, serai, daun jeruk, lengkuas dan daun salam hingga harum. 
Masukkan larutan petis, aduk sebentar. Masukkan santan, kunyit bubuk, ketumbar bubuk, merica bubuk, aduk hingga merata.
Masukkan telur, gula dan 
garam secukupnya. Cicipin.
Masak hingga mendidih / matang. Angkat.

Untuk petisnya, kali ini sy pakai petis udang. Warnanya sedikit kemerahan...sebelum2nya sy biasa pakai petis ikan yang warnanya hitam legam. Apapun petisnya, semua masakan berbumbu petis selalu nikmat dan sedap, memberikan rasa dan aroma yang khas. Saat dimasak, bau petisnya memenuhi seluruh ruangan dapur ^^

8 comments:

  1. Replies
    1. hehehe....kapan2 klo dapat petis cobain yuk Mbak...
      Ntar klo sy udah balik ke sby, insyaAlloh kapan2 sy kirimin petis yaah ^^

      Delete
    2. duh baik benerrr..makasih um..
      hehehhe

      Delete
    3. Hehehe...ntar klo sy lupa tolong diingetin ya Mbak ^^
      Sama Mbak Ayu mah udah kayak sodara sendiri....jauh dimata dekat di hati, walau ga pernah bertemu tapi rasanya akrab dan deket banget ^_^

      Delete
  2. kayanya apapun kalo dikasih petis jadi enak ya umm... tp sy punyanya petis ikan... belom pernah nyobain telur petis udang umm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini soalnya tinggal petis satu2nya Mbak....biasanya jg pakai petis ikan....:)))) lebih enak pakai petis ikan kayaknya ....

      Delete
  3. emang ya petis bikin mrasa masakan jadi lebih sedep dan khas...
    mau dong um. Kirim ke rumah ya, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak...tahu goreng dicocol petis yang diulet sama cabe rawit aja udah enaak...bener2 sukaa petis ^^
      Pengennya sih kirim2 Mbak....kirim foto dan resepnya aja ya ^^

      Delete