Tuesday, September 17, 2013

Chicken Karaage

Bismillah...
Sebenernya udah lama mbikin chicken karaage ini, kira-kira 2minggu yang lalu...tapi seperti biasa baru sempat nulis resepnya belakangan. Karena harus nerjemahin dulu, jadi males, ga segera diketik2 resepnya :p
Chicken karaage adalah salah satu masakan populer di jepang, dikenal juga sebagai japanese fried chicken.  Terbuat dari ayam yang dipotong2, yang direndam atau dibalur dengan bumbu halus bawang putih, jahe,  dan soy sauce. Kemudian di lapisi tepung potato starch (bisa diganti tapioka) dan digoreng secara deep frying. Saya sendiri belum pernah merasakan chickn karaage yang asli yang dijual di restoran2 sini karena sudah pasti bumbu perendamnya mengandung sake dan ayamnya tidak halal. Dan karena penasaran, pengen banget ngerasain,  seperti apa sih chicken karaage itu.....mau ga mau harus mbikin sendiri deh...:) Kalo di jepang sini saya jadi `terpaksa` harus rajin memasak...^^
Sebenernya sering banget mbikin chicken karaage, biasanya ga sempat kefoto karena keburu ludes. Yang ini sedikit niat,  mbikinnya pagi, setelah anak2 berangkat sekolah, langsung dijepret. Tapi motonya jg ga lama2, 2 krucil lainnya keburu bangun :)
Bumbu perendam chicken karaage ini pakai jahe dan kecap asin, itu yang menjadikan rasanya unik. Dan tepung pelapisnya biasanya pakai potato starch atau kalau ga ada bisa pakai tapioka atau maizena. Konon katanya, kalau pakai tepung potato starch sebagai pelapis,  kriuk atau renyahnya chicken karaage ini lebih tahan lama, makanya sering dipakai untuk lauk bento makan siang orang2 jepang pada umumnya. Penasaran? silahkan dicoba resepnya dan buktikan sendiri yaa...








Chicken Karaage
Source : JustOneCookBook

Bahan-bahan :
5-10 daging ayam fillet, potong sesuai selera, usahakan besar potongannya sama
1/4 cup potato starch, bisa diganti tapioka atau maizena
minyak untuk menggoreng
jeruk lemon secukupnya, potong2
Ichimi Togarashi (bubuk kasar cabe merah jepang, optional) (*ummi: ga pakai)

Bumbu :
1/4 bawang bombay, parut/haluskan
1/2 sdm  atau 1,5 inchi jahe, parut/haluskan
2 siung bawang putih, cincang halus
1 kuning telur
2 sdm sake    (*ummi: karena sake haram, ga pakai. ganti dengan air perasan jeruk lemon)
1 sdm soy sauce (*ummi: pakai kecap asin)
1 sdm sesame oil/minyak wijen (*ummi: ga pakai)
1 sdt garam
lada bubuk secukupnya

Cara Membuat :
  • Masukkan ayam ke dalam plastik Ziploc. Campur semua bahan bumbu di mangkuk, aduk hingga rata.
  • Masukkan campuran bumbu (*ummi: kecuali kuning telur, kuning telurnya saya buat bahan pencelup) tadi ke dalam plastik ziploc yang berisi ayam. Tekan atau pijit2 agar bumbu meresap pada ayam. Diamkan di kulkas minimal 1 jam, lebiha bagus jika 3-4 jam.
  • Panaskan minyak di wajan agak banyak. Jika sudah panas, keluarkan ayam dari kulkas. Bila ada, buang air rendaman bumbu ayam tadi. Usahakan ayam tidak terlalu basah/berair. Tambahkan potato starch atau tepung tapioka dan aduk cepat, tidak perlu sampai merata. Karena bagian ayam yang tidak terlapisi tepung justru akan menjadikan teksturnya unik. (*ummi: tidak patuh resep. Ayam nya saya celupkan ke dalam kuning telur yang sudah dikocok, lalu digulingkan di tepung tapioka hingga terlapisi merata)
  • Goreng ayam (deep fry), jangan terlalu banyak memasukkan potongan2 ayam ke wajan, maksimal 5 potong saja dalam sekali menggoreng (*ummi: kalau potongannya kecil2, nggorengnya disesuaikan) . Karena jika menggoreng terlalu banyak dalam waktu yang bersamaan, temperatur minyak akan langsung turun drastis, dan ayam akan menyerap terlalu banyak minyak. Saat menggoreng pastikan temperaturnya 160-170 deg C. Saat pertama kali menggoreng kira-kira 1,5 menit lalu angkat dan letakkan di wire rack atau diatas paper towel  diamkan 4 menit untuk mengeringkan minyaknya. Kemudian goreng ayam yang berikutnya selama 45 detik atau hingga coklat keemasan.
  • Sebelum menggoreng potongan ayam yang berikutnya, bersihkan serpihan2 tepung pada minyak di wajan, supaya minyak tetap bersih.
  • Sajikan chicken karaage dengan potongan jeruk lemon. Sesaat sebelum dimakan, beri air perasan jeruk lemon. Jika suka pedas, celupkan kedalam Ichimi Togarashi. Enjoy it :)






Resep aslinya dalam bahasa inggris adalah sebagai berikut :

Chicken Kaarage
Source : JustOneCookBook

Ingredients:

5-10 Chicken thigh fillets, cut into 2 inch pieces (make sure each piece is about the same size so it takes about the same amount of time to deep fry.)
¼ cup potato starch (Please adjust if necessary. If you use 10 chicken thighs, probably about ½ cup)
Oil for deep frying
A couple of lemon wedges
Ichimi Togarashi (Japanese red chili pepper flakes) (optional)

Seasonings
¼ onion, grated
½ Tbsp. ginger (1.5 inch ginger), grated
2 cloves garlic, minced
1 egg yolk
2 Tbsp. sake    <I am muslim. I dont consume sake>
1 Tbsp. soy sauce
1 Tbsp. sesame oil
1 tsp. salt
Freshly ground black pepper
Green onion for garnish (optional)

Instructions:

Put chicken in a Ziploc bag and combine all the ingredients for Seasonings in a bowl and mix all together.

Pour the Seasonings into the Ziploc bag and rub the chicken well with hands. Keep it in the fridge for at least 1 hour, preferably 3-4 hours.

In a wok, add oil to about half way full and heat it on medium high heat. When you put a chopstick in the oil and bubbles start to appear around the tip, the oil temperature is now around 170C (338F) and ready for deep frying.

When oil is ready, take out the Ziploc bag from the fridge and transfer the chicken into a bowl and discard the marinade (liquid). Then add potato starch and mix quickly. You don’t need to mix it evenly (as you see in the picture below). The uneven coating gives each piece its unique texture.

Place each piece of chicken separately into the oil. Do not overcrowd the wok, fry maximum 5 pieces at a time. If you put a lot of chicken in the oil, the temperature will drop quickly and chicken end up absorbing too much oil. Make sure the oil temperature stays around 160 (320F) - 170C (338F) at all time. First, deep fry for 90 seconds. Then transfer the chicken onto a wire rack (if not, paper towel) to drain the oil for 4 minutes. Lastly, deep fry again at 180C (356F) for 45 seconds, or until golden brown.

Transfer the chicken onto a wire rack to drain the oil. Before you start the next batch, skim/remove leftover crumbs from the oil in order to keep it clean.
Serve the chicken with lemon wedges. Squeeze the lemon right before you eat. You can dip in Ichimi Togarashi if you enjoy spicy chicken.



Resep chicken karaage sendiri, yang pernah saya baca, macam-macam tapi kebanyakan hampir sama ya...cuma kadang ada sedikit perbedaan pada cara melapisi ayam dengan tepungnya. Ada yang dengan cara tepungnya dituang ke ayam kemudian diaduk cepat seperti di resep asli di JustOneCookBook, ada juga yang sperti saya lakukan, yaitu ayamnya dicelupkan di kocokan kuning telur lalu digulingkan di tpung tapioka hingga terlapisi merata. Dua cara itu pernah saya coba semua, adakalanya saya coba cara pertama ada kalanya juga pakai cara yang kedua. Kalau menurut saya  sih lebih kriuk kalau pakai cara kedua, yang jelas sama2 enaknya. Rasa chicken karaage ini bener2 unik karena bumbu perendamnya menggunakan jahe dan kecap asin. Jadi beda rasanya dengan ayam goreng crispy biasa. Dan anak2 selalu sukaa :)

11 comments:

  1. assalammualaikum ummu sayang.... #ngerayu biar di kasi ayamnya....
    mirip cumi goreng tepung ya umm...
    kalau pk kuning telur, minyak cepat hitam dan berbuih umm...
    kalau di ganti putih telur gimana >>>???

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh...Mbak Mimie yang cantik, apa kabar? ^^
      saya ga merhatiin sih Mbak, klo pakai kuning telur minyaknya cepet hitam atau ga....tapi yang jelas, karena bumbu perendam ayamnya pakai kecap asin, ayamnya jadi keliatan kecoklatan setelah digoreng :)
      diganti putih telur jg gpp Mbak, jadi lebih mengembang mungkin ya lapisan tepungnya...selamat mencoba dan berkreasi, kalo udah mateng kirim2 ke kumamoto yaa *looh :P

      Delete
  2. weleeehh...ini ayam ditepungin gini jelas enak. Mau dong dikirim ke Ciledug, hehe...habis males banget bikin ayam tepung gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho..koq tumben Mbak Rina males masak, biasanya ruaajiiin....sampe mbikin lapis india segala...hehe...ini guampang kok Mbak mbikinnya... Punya saya ini saya potong kecil2 ayamnya, biar lebih kriuk ^^

      Delete
  3. subhanallaah... Ayam mau di apain aja tentu yummmmmy... Hehehe...

    Foto kreasinya umi, mau gelap2an, mau terang2an apapun lah, pokoke baguuuzzz....
    *ngerayu...

    plastik ziploc itu apa umi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbaak...enaak lho *iming-imingi :D

      plastik ziplock itu plastik klip yang bisa dibuka tutup, kedap air. Biasanya kalo di indonesia buat plastiknya obat klo beli di apotik :D
      seperti ini bentuknya, hasil search di google : http://www.plastik-klipin.com/wp-content/uploads/2012/11/Plastik-Klip.jpg

      saya klo mbikin tempe biasanya jg pakai plastik ini, tapi khusus yg food grade :)

      Delete
  4. iih kebayang itu krispinya...
    nyum nyuuuum....

    ReplyDelete
  5. Mau tanya mbak, sebenernya sake itu buat melunakkan daging ayam karaage itu sendiri, tapi kalau pake perasan jeruk lemon tetep bisa lunak apa nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau soal sake berfungsi untuk melunakkan daging, Mbak. Kalau pakai jeruk nipis, tidak berfungsi melunakkan, tapi menghilangkan bau amis dan rasanya mirip-mirip sake....

      Delete
  6. This recipe looks delicious. I love chicken so much, so I'm going to try to make this chicken karaage with my mom. Thank you for sharing amazing recipe.

    ReplyDelete