Wednesday, September 11, 2013

Chicken Katsu



Bismillah....
Ini adalah menu beberapa waktu yang lalu. Baru sempat ke-upload sekarang. Chicken katsu adalah salah satu masakan Jepang. Mbikinnya ternyata mudah. Hampir mirip dengan ayam goreng crispy, hanya saja yang ini pakai tepung panko. Tapi sedikit berbeda sih di bumbu perendam ayamnya dan ini pakai tepung terigu untuk pelapis pertamanya.  Biasanya chicken katsu dibuat dari daging ayam bagian dada, tapi kali ini saya pakai daging ayam seadanya, yaitu bagian punggung dan dekat paha. Tapi alhamdulillah tidak mngurangi rasanya, tetep gurih dan enaaak. Chicken katsu ini sebaiknya disajikan hangat2 sesaat setelah digoreng supaya lebih gurih dan kriuk :)




Untuk resepnya saya ambil dari Just One Cook Book, dengan sedikit penyesuaian. Di resep aslinya mnggunakan sake sebagai bumbu perendam, karena sake haram hukumnya, maka saya ganti dengan air perasan jeruk lemon. Untuk sake ini bisa juga diganti dengan cuka atau rice vinegar, tapi saya lebih suka pakai air perasan jeruk lemon/nipis. Penasaran dengan resepnya?? yuuk buruan dicoba, gampang dan mudah, bahan2nya juga simple....pasti bakal jadi salah satu menu andalan karena mudah dan praktis ... hehe. Yuuk simak resepnya berikut ini :





Chicken Katsu
Source : JustOneCookBook

Ingredients :

3 chicken breasts (1.6 lb)        (*ummi: pakai 0,5 kg daging ayam boneless)
2 Tbsp. sake  <*ummi: I dont consume >   (*ummi: krn haram, ga pakai, ganti dg  1-2 sdm air perasan jeruk lemon)
Sea salt                                   (garam secukupnya)
Freshly ground black pepper   (*ummi: pakai lada bubuk)
All purpose flour                     (tepung terigu secukupnya)
2 eggs                                     (2 butir telur, kocok)
Panko                                     (tepung roti secukupnya)
Oil for deep frying                   (minyak yang agak banyak untuk menggoreng)
Tonkatsu Sauce                      (*ummi: ga pakai), untuk penyajian
                                              (*ummi: tambah 1 sdt bawang putih halus)
Methods :

Rinse the chicken and pat dry with paper towel. Slice the chicken diagonally.* This cutting technique is called “Sogigiri” in Japanese. Each piece will have more surface area so it will cook faster. (Cuci bersih ayam dan keringkan dengan paper towel. Iris ayam secara diagonal, cara ini disebut sorigiri dalam bahasa jepang., yang akan menghasilkan potongan2 yang melebar, sehingga lebih cepat matang saat dimasak) 

Put the chicken in a bowl and add sake, salt, and pepper. Set aside for 15 minutes. (Letakkan ayam dalam sebuah mangkuk tambahkan sake ( *ummi: tidak pakai), garam, bawang putih halus dan lada bubuk. Aduk dan remas2 agar bumbu meresap. Biarkan selama 15 menit.)

Dust the flour on the chicken and remove excess flour. (Gulingkan potongan2 ayam ke dalam tepung terigu, hingga terlapisi secara merata)

Then dip it in beaten egg. (Kemudian celupkan ke dalam kocokan telur)

Lastly, dredge the chicken in panko and remove the excess. If you have time, let the chicken sit in the refrigerator for 15 minutes. (Gulingkan kembali di tepung panko hingga terlapisi secara merata. Simpan di kulkas selama 15 menit supaya set dan lapisan tepung panko tidak berjatuhan saat digoreng)

Heat 1/2 inch of oil in the cast iron skillet.** Here I dropped a piece of panko to see if the oil is ready. If you are new to deep frying, use a thermometer to check the temperature of oil. Deep frying oil for Chicken Katsu should be 350F (180C) degree. (Panaskan minyak di wajan. Untuk menggoreng chicken katsu dengan cara deep frying, sebaiknya masukkan ayam saat minyak sudah panas, yaitu dikisaran suhu 180 deg C)

Put 2-3 pieces of chicken in at a time. If you put too many chicken pieces, the temperature of oil will drop too quickly and the chicken will end up absorbing too much oil. (Sekali menggoreng, sebaiknya per 2-3 potong ayam saja. Jika menggoreng terlalu banyak potongan ayam dalam waktu yang bersamaan, maka suhu minyak akan turun drastis, dan ayam akan menyerap terlalu banyak minyak)

Deep fry until both sides are golden brown, about 5-6 minutes. Then transfer to a wire rack or paper towel-lined tray to remove excess oil. (Goreng ayam hingga matang atau coklat keemasan kedua sisinya, kira-kira 5-6 menit. Angkat dan letakkan diatas wire rack atau paper towel untuk mengurangi minyaknya) 

Between batches, make sure to pick up breadcrumbs. When you don’t pick them up, the breadcrumbs will get burnt and the oil will get darker. Make sure to keep the oil clean throughout deep frying. (Sebelum menggoreng potongan ayam yang berikutnya, bersihkan serpihan-serpihan panko/tepung roti pada minyak di wajan. Karena jika tidak dibersihkan, serpihan tersebut akan gosong dan minyak menjadi lebih keruh, serta serpihan tersebut akan menempel pada gorengan ayam yang selanjutnya.) 










5 comments:

  1. lah, ini kalo digado aja bisa lupa diri. Comat-comot sambil nonton tivi, gak berasa habis sepiring, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa ...kalo ga diumpetin pasti dicemilin anak2, Mbak :D

      Delete
  2. mauuuuuu...aku suka banget sama chicken katsu mbk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah, samaa Mbak...udah sering mbikin juga ya...favorit pokoknyaa !!

      Delete
  3. Ibu ummu fatima boleh saya mempraktekan dan menyimpan resep nya? :D

    ReplyDelete