Sunday, September 29, 2013

Nugget Tempe Ayam Wortel



Bismillah...
Ini adalah pertama kalinya saya mbikin nugget tempe. Pas kebetulan mbikin tempe dari 1 kg kedelai, jadinya banyak, jadi bisa diolah macam-macam. Anak2 saya selalu suka nugget, mereka ga terlalu mempermasalahkan nuggetnya terbuat dari ayam, tahu, ikan ataupun tempe, yang penting penampakannya sama...hehe...:)
Saya sering mbikin nugget ikan juga, tapi beberapa kali mbikin rasanya amis, tapi alhamdulillah anak2 tetap suka. Mungkin karena jenis ikannya yang amis, biasanya saya pakai ikan tengiri atau mackarel.
Untuk nugget tempe ini, sengaja tempenya ga saya kukus, melainkan saya blender bersama susu cair. Karena kalau tempenya dikukus berkali2 kandungan nutrisinya pasti berkurang. Tapi saya mblendernya tempenya ini terlalu halus dan lembut sepertinya. Saat nugget sudah  matang rasa tempenya jadi tertutupi, dan teksturnya jadi halus dan lembut, padahal saya pengennya tempenya sedikit kasar2 biar terasa tempenya. Tapi alhamdulillah anak2 tetap doyan karena nugget tempe ini gurih, apalagi kalau dipotong agak tipis dan digoreng garing. Tapi yang difoto ini potongannya standar, ga tipis2 banget.








Nugget Ayam Wortel

Bahan-bahan :
330 gr daging ayam giling
220 gr tempe mentah
50 gr tepung roti/panko/bread crumbs
20 gr tepung tapioka atau sesuai selera
2 butir telur
150 ml susu cair atau secukupnya
1 bh wortel, serut atau parut dengan parutan keju
2 sdt bawang putih halus
1/2 sdt merica bubuk
gula dan garam secukupnya

Bahan pelapis :
1-2 butir telur, kocok lepas
tepung panir atau panko secukupnya

Cara Mebuat :
Blender kasar tempe mentah bersama susu cair  (atau kukus tempe, haluskan. Bila tempe dikukus, takaran susu cairnya menyesuaikan)
Campur semua bahan jadi satu, aduk rata. 
Tuang ke dalam loyang yang sudah dioles minyak sebelumnya.
Kukus selama 30 menit atau hingga matang. Angkat.
Setelah dingin, potong2 sesuai selera. 
Celupkan potongan2 nugget tadi ke dalam kocokan telur, gulingkan di tepung panir.
Masukkan ke dalam freezer minimal 10 menit, agar tepung roti menempel, tidak jatuh saat digoreng. 
Goreng hingga matang. Sajikan ^^





6 comments:

  1. begitu udah bisa bikin tempe, jadi puas ni yang eksplore. Mau dibikin apa aja bisa ya um...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa Mbak....beneeer....senengnya bukan main nih, bisa masak aneka olahan tempe ^^

      Delete
  2. yaaaaaa nugget sukkaaaaaaa...tapi skip tempenya xixixi......

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaa....nugget ayam dong jadinya Mbak....

      Delete
  3. atuh kalo di skip tempenya namanya bukan nugget tempe lagi dong? Melainkan :
    ''Nugget Skip''

    ...ummi kreatif bgt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwkkk....kreatif pisan nih Mbak Lina, jadi nugget skip ya :DDDD

      Delete