Saturday, September 21, 2013

Panen Tempe :)

Bismillah....
Ini adalah tempe kesekian kali yang saya buat. Sengaja difoto, tapi fotonya juga asal jepret aja...hehe...Yang difoto ini ada 8 bungkus, saya buat dari 1 kg kedelai. Biasanya dari 1 kg kedelai bisa menghasilkan hampir 2 kg tempe, jadi   masing2 tempe ini beratnya kira2 200-250gr. Sebenarnya ini buat stok aja, karena kemaren suami saya berangkat conference ke Jerman. Biasanya kalau ditinggal beliau saya bakal ga sempat mbikin tempe, makanya perlu nyetok yang banyak sebelum beliau berangkat. 

Saat beliau ke Italy awal bulan, saya ga sempat mbikin tempe....kebayang repotnya mengurus 4 krucil sendirian, apalagi ada baby Atha yang butuh perhatian extra, ga sempat ber-ribet-ribet...hehe..masak aja pilih menu yg gampang2 :D
Alhamdulillah kalo udah nyetok tempe banyak gini jadi tenang, paling gak, setiap harinya masih bisa makan tempe, 1 hari 1 bungkus...hehe...kebetulan suami saya perginya 8 hari 7 malam ...:)

Resepnya masih sama seperti dulu yang pernah saya posting : http://ummufatima-mysimplykitchen.blogspot.jp/2013/07/homemade-tempe.html?
Hanya saja sekarang mbikinnya lebih fleksibel, menyesuaikan dg waktu luang saya....penjelasan singkatnya begini, saat mbikin tempe ini ada beberapa proses : merebus kedelai, menguliti, merendam 15-18 jam, merebus kembali hingga empuk, menggongso, diberi ragi dan dibungkus.

Nah, kalo sekarang ini saya mbikinnya lebih fleksibel, ga terpatok jam....kadang saya rebus sore, karena capek dan malas ngulitin hehe... saya rendam 12 jam-an, baru saya kuliti besok paginya. Lalu saya rebus lagi sampai empuk. Kadang2 kalo repot dg baby Atha, ga langsung saya gongso, bbrp kjam kemudian baru saya gongso. Lalu saya dinginkan didpan kipas angin dan langsung diragi....Mbikinnya sesempatnya aja pokoknya :)

Kalo pengen cepet juga kadang saya rebus, begitu dingin langsung dikuliti, lalu direbus lagi (tanpa direndam) dst....pakai cara shortcut seperti yang saya jelaskan di postingan resepnya. Alhamdulillah selama beberapa bulan ini selalu berhasil mbikin tempe, bisa makan tempe enak terus. Alhamdulillah 'ala kulli haal ^^



4 comments:

  1. aaah ummu...co cwiiiit banget tempenyaaa....^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih....tempenya pengen eksis nih ...hehe...

      Delete
  2. rajinnya umi...

    Oia mi, Berarti anak2 udah pada ngerti bahasa jepang ya um...?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak...faruq skrg kelas 3, zahra kelas 1, udah pada pinter bahasa jepang...kalo saya, nihongo wakarimasen...hehe...paling2 cuma bisa yg dasar2 aja, asal bisa belanja ke pasar aja...hehe...paling2 nanya: ikura desu ka? ini harganya berapa? :p
      atau kalo ada sayur yang ga ngerti, nanya: nan desu ka? apa ini? tapi pas dijelasin sama orangnya jg ga tau artinya apa...hehe...
      kalo beli roti, alhamdulillah ada toko roti yg bahan2nya (mentega,shortening) nabati, tapi kalau beli disana jg mesti nanya ada dagingnya ga. karena daging yang ga disembelih dg cara islam kan ga halal. Biasanya tanya : niku wa haite imasu ka? klo ga ada dagingnya, dijawab orangnya, haite nai...(niku=daging; haite=masuk/dimasukkan)...

      kalo suami saya lumayan bisa krn pernah ikut kelas bhs jepang disini, 1 thn. Di rumah anak2 sering ngomong bahasa jepang. malah saya yg belajar dari mereka, nanya artinya apa? :D
      kalo si sulung malah sudah hafal dan bisa nulis puluhan bahkan seratus lebih huruf kanji...

      Delete