Tuesday, March 26, 2013

Nasi Kuning

nasi kuning


Bismillah....
Assalamu`alaikum semuanyaa....gimana kabarnya hari ini, semoga sehat semua dan selalu Dirahmati Alloh Azza Wa Jalla...aamiin...

Mulai hari sabtu lalu, anak2 udah libur sekolah...libur kenaikan kelas. Faruq naik kelas 3, klo Zahra lulus TK dan akan masuk SD mulai 8 april mendatang.

Liburan kali ini bertepatan dengan awal musim semi, bungaaa dimana2. Dan saat yang paling dinanti2 adalah saat dimana bunga sakura mekar, satu pohon bener2 putih semua, cantiik, penuh bunga, dan dimana2 dijumpai sakura blossoms ^^

Weekend kmrn kami sekeluarga jalan2 sekaligus hanami-an di kumamoto castle. Hanami adalah duduk2 piknik dibawah pohon sakura...menyenangkan sekali, dimana2 orang ber-hanami bersama keluarga....acara setahun sekali ini memang ga bisa dilewatkan begitu saja, krn bunga sakura hanya bertahan mekarnya sekitar 2 mingguan, setelah itu akan rontok semua, ganti daunnya yang bermunculan. Musim panas, pohon sakura menghijau, saat musim gugur, daun2 akan rontok, dan saat musim dingin hanya tinggal pohon dan batang/rantingnya saja . Di musim semi akan bermunculan bunga sakura yang indah, begitu siklusnya :)

Oya, krn libur sekolah, jadi agak nyantai di rumah, jadi banyak waktu buat masak macem2...hehe...kali pengen mbikin nasi kuning, secara udah lama ga mbikin :)



nasi kuning

Untuk resepnya, khusus pengen nyobain resep NCC yang pernah diposting Mbak Ayudiah Respatih di blognya, Momylicious.....makasiih resepnya ya Mbak Ayu, enak guriiiih, walau kali ini sy ga pakai daun pandan dan serai, krn bener2 ga ada stok. Ini sy mbikinnya agak banyak, 2x resep aslinya yaitu pakai beras 1 kg, sekalian yg banyak krn dirumah personilnya banyak ^^

Nasi Kuning
Source : NCC via Momylicious

Bahan-bahan :
1 kg beras (harusnya yg 200 gr diganti beras ketan), cuci bersih, tiriskan
1200ml santan
1 sdm kunyit yang dihaluskan/diparut (*ummi: pakai 1,5 sdm kunyit bubuk)
4 lembar daun pandan (*ummi: ga pakai, ga ada stok)
4 lembar daun salam
2 batang serai, geprek, simpulkan (*ummi: ga pakai, ga ada stok)
2 sdm garam
1 sdt gula
2 sdt air jeruk nipis/lemon

Cara Membuat :
  • Kukus beras dan beras ketan (jika pakai) selama kurang lebih 25 menit (*ummi: 30-35 menit), atau sampai setengah matang. Sambil menunggu beras di kukus, kita siapkan bumbunya.
  • Campur kunyit dan santan, kemudian saring (jangan sertakan ampas kunyitnya). 
  • Rebus santan dengan daun salam, daun pandan, serai, gula dan garam hingga mendidih. 
  • Matikan api, masukkan beras yang sudah dikukus ke dalam rebusan santan, aduk hingga rata. 
  • Biarkan air terserap semua oleh beras. Tambahkan air jeruk nipis, aduk lagi hingga rata.
  • Kukus beras kurang lebih selama 20 menit atau hingga matang (*ummi: kukus 15 menit-an), angkat. 
  • Sajikan bersama lauk pelengkap lainnya ^^

nasi kuning


Untuk lauk pelengkapnya, sy mbikin ayam goreng lengkuas dan sambal goreng ati kentang.  Resep ayam goreng dan sambal gorengnya menyusul yaa...belum sempat nulis, krn hari ini sebenernya jadwalnya kerja bakti di rumah...hehe...krn weekend ga sempat bersih2, mundur jd hari ini jadwalnya. Untuk kering tempe dan keripik tempe yg difoto itu adalah kiriman dari Ibunda suami :)

Berikut adalah foto2 bersama bunga sakura ^^














Sakura @ Kumamoto Castle



14 comments:

  1. wuih bunga sakuranya sampai menjuntai ke bawah tuh di pic. Bagus amat bunganya....
    Kalo bikin nasi kuning idem deh di kasi jeruk nipis biar warna kuningnya jadi cerah dan cantik.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak...pakai jeruk nipis jg jadi lebih seger dan beraroma :)
      Bunga sakuranya yang ini memang menjuntai Mbak...pohonnya letaknya lebih rendah daripada jalan, jadinya bisa puas memandangi sakura lebih dekat, cantik banget...ga bosan2nya memegang dan menatap sakuranya ^^

      Delete
  2. bunga sakuranya ..... pengen umm... ^_^
    salam buat anak2 ya umm... selamat atas naik kelasnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Mbak Mimie, salam sayang jg dr anak2 ^^
      ini adalah musim semi kedua kami disini, tapi rasanya kali ini lebih puas bermain2 dan foto2 di bawah pohon sakura...pas anak2 lg libur jg ^^

      Delete
  3. Waaaa ini bikin nasi kuning sekalian syukuran buat kenaikan kelas anak2 inih :D. Bunga sakuranya cantik2 bgt mbak, mupeng bgt pengen bisa kesono >.< *import aku dong hihihihihii. The kids look having a great time *si ummu juga is having a great time jepret2 hehehe. Faruq dan Zahra... Selamat naik kelaaasss! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih Mbak Tata yg cantiiik .....salam kecuup dr Zahro dan Aisyah, krn Faruq nya udah gede, salam hangat dr Faruq yaa ;)

      hehe...iya kaliya Mbak...ini pengennya mbikin syukuran kecil2an buat anak2 yg naik kelas dan lulus TK, tp buat dimakan sendiri aja :)

      Iyaa Mbak...bunga sakuranya cantiiiikk...sampe ga pengen pulang rasanya, pengen memandangi dan motret sakuranya teruuus....bener2 cantik...:)
      Andainya bisa diimpor, Mbak....sy kirimin Mbak Tata se-kontainer deh :p
      ntar klo sy udah balik ke indojg pasti akan amat sangat merindukan cherry blossom atau sakura blossom ini :)

      Beneer Mbak,..anak2 seneng banget main di bawah pohon sakura ini....berkali2 diajak fotopun mereka ga akan nolak :)

      Delete
  4. Subnanallaah... Semua ceria ya... Bolehlah kapan2 Tante Lina ikutan... Ya de Faruq???
    "boleh dong tant..."
    Kata de Faruq....
    (ngayal.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak....bermain bersama anak2 selalu menyenangkan...semoga suatu saat Mbak Lina jg diberi kesempatan berkunjung/sekolah ke negeri sakura ini...aamiin :)

      Delete
  5. asiiikkknyaa hanamian... kalo disini mah duduk2 di atas gurun umm... xixixi...
    tp alhamdulillah di mekkah madinah jg banyak bunga di sepanjang jalan kota, macem2 bunganya mulai winter kemarin pada bermekaran... bahkan di madinah ada festival bunga juga umm, jempol deh buat pemerintahnya, berjuang keras biar bumi suci ini tdk tampak gersang... lauknya lengkap sekali umm... jarang sy makan nasi kuning , tiap ke jakarta aja ketemunya... hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, indahnya disana Mbak, walau daerahnya gurun tapi tanahnya subur ya, spt doa Nabi Ibrahim :) sy jadi pengen ke Mekkah dan Madinah jg nih Mbak...smg secepatnya bisa kesana...aamiin :)

      Klo diindo sy malah ga pernah mbikin sendiri Mbak....banyak yg jual soalnya...hehe :p

      Delete
  6. Assalaamu'alaikum..
    SubhanAllaah.. Cantiknya view d sana saat sakura blossoms >.<
    Zahra dan Aisyah jg manis :)
    Saya suka jepretannya umm, natural sekali (keliatan dr ekspresi ketiga buah hati)

    Kapan2 saya pengen buat nasi kuning ini jg. Sepertinya mantap. ^_^
    Gak pake beras ketan tetap enak kan umm?

    Oya, nasi kari ayam Mbak Rina Audie jg patut dicoba. Enak loh umm.. Saya udah 2 kali buat. Hehe..
    #promosi

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa`alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....
      Makasih Mbak.....bunga sakura memang cantik Mbak...ga ada bosan2nya memandangi....:)))
      anak2 jg seneng main dibawah sakura ^^

      Oya, ini sy ga pake beras ketan jg udah enak Mbak....apa krn beras jepang memang pulen ya...:)

      Makasih rekomendasinya, kapan2 pengen nyobain nasi kari ayamnya Mbak Rina ^^..

      Delete
  7. wuaaaa ummu....lapernyaaa...tengah malem lagi online nih..

    subhanalloh anak2 yang lucu dengan bunga sakura yang indah..perfect!
    potonya tjakep-tjakeepp.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi sibuk banget ya Mbak...kq onlen nya malem2? Makasiih resepnya ya Mbak.....enaak, guriiih....suka deh pokoknya ^^

      iya Mbak, anak2 seneng banget nih klo diajak jalan2, piknik, atau main ke taman bermain....pas ke kumamoto castle jg mereka seneng bangeet padahal harus jalan jauh naik turun tangga .....di foto itu bunga sakuranya lagi mekar2nya Mbak...skrg udah mulai rontok, minggu depan udah pada abis mgkn sakuranya...ganti daunnya yg bersemi :)

      Delete