Friday, March 29, 2013

Ayam Goreng Lengkuas


Bismillah....
Ini adalah postingan yg telaat, masih merupakan lauk pelengkap nasi kuning beberapa waktu yg lalu, tp baru sempat posting resepnya skrg....coz bbrp hari ini agak sibuk, hehe...sok sibuk kali ya, sibuk dg kerjaan rumah yang numpuk, bersih2 halaman depan apato yg mulai banyak ditumbuhi rumput dan tanaman liar, krn udah masuk musim semi, semuanya pada tumbuh :) Kemaren jg ada acara kumpul2, masak2 bareng dg bbrp ibu2 di kumamoto sini.  Dan tadi siang abis belanja sayur buah dll, buat stok beberapa hari ke depan, jadinya malem baru sempat nge-blog lg, keinget janji buat mosting resep ayam goreng lengkuas ini ^^






Resep ayam goreng lengkuas ini diambil dr blog nya Bunda Ricke Indriani, makasiiiiih utk resepnya ya Bund....resep aslinya dr NCC, dimodifikasi oleh Bund Ricke. Rasanya bener2 guriih enaak, cocok banget dg resep ini ^^

Ayam Goreng Lengkuas

Bahan:
1 ekor ayam, potong 8-12 bagian (*ummi: pakai 1 kg ayam boneless)
5 siung bawang putih
4 buah bawang merah (*ummi: pakai 1/4 bawang bombay merah)
1 sdm ketumbar (*ummi: pakai ketumbar bubuk)
1 batang lengkuas
3 cm kunyit
3 butir kemiri
1 ruas jahe
1 sdt garam
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt gula pasir
2 lembar daun jeruk, sobek-sobek
1 batang sereh, digeprek (*ummi: ga pakai, krn ga ada stok)
200 ml air

Beberapa batang lengkuas, diparut. Saya kemarin menggunakan sekitar 3 batang lengkuas ukuran besar. (*ummi: total pakai 1 batang lengkuas ukuran besar saja)

Cara membuat:
1. Haluskan: Bawang putih, bawang merah, ketumbar, 1 batang lengkuas, kunyit, jahe dan kemiri.
2. Campur bumbu halus dengan lengkuas yang telah diparut. Lumuri ayam dengan bumbu.
3. Masukkan ayam ke dalam panci atau wajan. Beri air. Aduk rata. Beri garam, merica bubuk, gula pasir, daun jeruk dan sereh. Masak ayam sampai airnya kering.
4. Pisahkan ayam dari bumbu serundeng lengkuas. Hal ini dilakukan untuk memudahkan penggorengan, jadi ayam dan bumbu serundeng lengkuasnya digoreng terpisah. Dengan begitu serundeng tidak akan hangus sebelum ayam selesai digoreng.
5. Panaskan minyak yang banyak. Goreng ayam hingga kecoklatan. Angkat. Tiriskan.
6. Goreng sisa bumbu serundeng lengkuas sampai kuning kecoklatan. Angkat. Tiriskan. Taburkan ke atas ayam. Siap disajikan hangat.

*Tips dr Bund Ricke : goreng bumbu serundengnya dengan menggunakan saringan minyak yang berlubang halus. Jadi taruh bumbu di saringan. Celup saringan ke minyak dan goreng sampai bumbu kering dan kecoklatan sambil sesekali diaduk. Jadi mudah saat mengangkat dari penggorengan, tinggal angkat aja saringannya.




Note Ummi:
Karena disini lengkuas barang langka banget alias stoknya sangat terbatas...hehe...sy impor dr indo, jadinya sy ga pakai lengkuas banyak2, hanya 1 batang saja, diparut halus. Jadi kali ini sy ga pakai serundeng lengkuas banyak2, minimalis banget serundengnya, nyaris tak terlihat :D


13 comments:

  1. suka banget sm ayam lengkuas um...
    coba deket, saya kirimin deh lengkuasnya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak....enak gurih ya :)
      waa makasih banyak Mbak Ayu, iya andai deket yah...sy pasti tiap hr ke rmh Mbak Ayu deh, incip2 masakan Mbak Ayu ...hihihi....:D

      Delete
    2. uuuh bangeeed...

      mari mbak mampirlah ke bandung, sekalian kita jalan2 cari props yang unyu-unyu hehhe...

      eh hari ini aku bukin ayam lengkuasnya..kena racun nih hahaha....^^

      Delete
    3. wah....pengen bangeed ke Bandung, sy belum pernah lho :)

      mbikin jg ya Mbak....pasti serundeng lengkuasnya melimpah.....tambah mantab donk Mbak :))))

      Delete
  2. bener mba ayu, di cirebon juga lengkuas itu murah meriah menggelora sepanjang masa... Haaaallllaaaahhh.... Opo toh... Enyaaakkk banget pastinya ya um... Kaya ayam goreng yang diungkep dulu tuh ya um??? Mungkin bedanya hanya pada serundeng lengkuasnya itu... Hahay.. Itu juga mungkin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya klo di sby sy malah ga pernah beli Mbak, tinggal minta ke tukang sayur langganan....disini harganya mahal, semahal daging kali ya...apa lebih mahal lg ya, hiks :(
      Iya, ini ayamnya diungkep Mbak....beda bumbu2 dan serundeng lengkuasnya aja :)))

      Delete
    2. ah elah menggelora sepanjang masa lebaynya udah kayak si john martin nih ibunya Azraf heheh...



      @ummu: kalo lengkuas semahal daging, nyerah deh masakan gak bakalan beraroma lengkuas:(

      Delete
    3. kemaren2 alhamdulillahsy dibawain temen yg dateng kesini sebulan, bersama bumbu2 lainnya Mbak....disini serai, daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan bumbu2 lainnya mahal bangeett....mending kirim lewat EMS :)

      Delete
  3. pingin nyolek kalo lihat sambel gini... menggoda...

    ReplyDelete
    Replies
    1. tukeran sama ayam panggang madunya ya Mbaaak....;)

      Delete
  4. mahal amat ya?
    Oia, itu yang di vas daun opo ya um??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak...mahal....kemaren sy baru dapat kiriman bumbu2 lagi, alhamdulillah...tapi ga banyak...make nya diirit2 :D
      yg di vas (gelas) itu parsley Mbak :)

      Delete