Tuesday, March 12, 2013

Cake Ubi (Gluten Free & No Food Additives)

Cake Ubi (Gluten Free & No Food Additives)


Bismillah...
Kali ini nyoba mbikin cake ubi. Walau sering ngukus ubi buat camilan, tapi klo diingat2 ternyata sy belum pernah mbikin cake ubi.....hehe...baru kali ini :)
Cake ubi ini pakai metode butter cake, yaitu margarin/mentega dikocok dengan gula hingga lembut, baru tambahkan telur, dan bahan lainnya.
Untuk baking powdernya sy skip dan tepungnya sy ganti tepung non terigu (gluten free). 



Cake Ubi (Gluten Free & No Food Additives)


Resepnya dari sajian sedap, resep setelah modifikasi adalah seperti  : 

Cake Ubi
source : sajiansedap

Bahan-bahan :
100 gram margarin (*ummi: pakai mentega)
75 gram gula pasir halus (menurut sy kemanisan, bisa dikurangi)
100 gram ubi merah, kukus, haluskan (*ummi: pakai ubi jepang biasa)
2 butir telur 
75 gram tepung terigu protein sedang (*ummi pakai 50 gr tepung beras dan 25 gr tepung maizena)
1/2 sendok teh baking powder (*ummi: ga pakai)
kismis secukupnya

Cara Membuat :
Kocok margarin dan gula pasir halus sampai lembut. Masukkan ubi merah. Kocok rata.
Tambahkan telur satu per satu sambil dikocok bergantian dengan sebagian tepung terigu.
Masukkan sisa tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan. Masukkan kismis, aduk rata.
Tuang di loyang tulban diameter 18 cm yang dioles margarin dan dialas kertas roti. (*ummi: pakai loyang loaf)
Oven 30 menit dengan suhu 180 derajat Celsius sampai matang. (*ummi: oven di microwave oven suhu 150 deg C selama 35 menit)

Note: Ubi harus dihaluskan saat panas supaya tekstur kuenya lebih lembut.



Cake Ubi (Gluten Free & No Food Additives)


Hasil cakenya ini manis gurih, khas butter cake, gurihnya menteganya benar2 mendominasi sampai2 rasa ubinya jadi tenggelam...hehe...berasa makan cake biasa, bukan cake ubi :)
Karena ubinya udah manis banget (krn ngukusnya kelamaan, ubinya jadi maniiis), dengan takaran gula 75gr cakenya ini jadi kemanisan menurut sy.
Untuk cake yg sy buat ini teksturnya lembut, walau tanpa baking powder hasilnya ga bantat, cuma sedikit lebih padat kali ya.
Seperti yg sy katakan td, ubi yg sy pakai ini ngukusnya kelamaan, jadi sedikit lembek ubinya, dan agak ngaruh ke tekstur cake nya, jd sedikit lebih `basah`. Tapi krn tertutupi oleh rasa gurih manisnya tadi, overall cakenya ini enaak, anak2 suka ^^ 
Lain kali pengen nyoba mbikin cake ubi dg metode sponge cake, pgn membandingkan hasilnya :)

Oya, kebetulan bulan ini group Masak Bareng Yuk, temanya adalah Makanan Bebahan Dasar Ubi, jadi cake ubi ini bs sy jadikan setoran/entry utk bulan ini ^^





Cake Ubi (Gluten Free & No Food Additives)


12 comments:

  1. aihh boleh nih...belum pernah nyobain kayaknya enak bgt..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuuk cobain Mbak....sy jg baru pertama kali ini mbikin ^^

      Delete
    2. InsyaAlloh kalo beli ubi nya saya suka kelupaan.

      lagipula di sini sedang di goncang isu bawang yang harganya selangit um, jadi kalo belanja harus cermat...*irit maksudnya hahahha...

      Delete
    3. klo disini harga bawang mah selalu mahal Mbak....yah, memang harus cermat belanja ya... yg paling ngaruh biasanya, kurangi jajan atau makan diluar, bisa ngirit banyak... hehe **pengalaman pribadi :D

      Delete
  2. makan sepotong bisa kenyang ya um, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe...iya Mbak, krn pake ubi dan tepung beras :)

      Delete
  3. iya nih mengenyangkan dan sangaaatt sangaaattt menggoda, tp susah cari ubi disini umm... hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. lho disana ubi jalar jarang ada ya Mbak? klo disini banyaaakk....selalu ada disetiap musim :)

      Delete
  4. boleh dicoba nih......

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo, silahkan dicoba, smg cocok :)

      Delete
  5. ouw ubi merah rupanya...pasti lembut banget ya Um..kapan2 mo nyoba....
    thanks udah ikutan tantangan masbar ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Mbak, makasih jg sdh diinvite ke group Masak Bareng Yuk, jadi makin semangat masak2 nih Mbak ^^
      ini sy ga pake ubi merah Mbak, pake ubi biasa, maaf nanti resepnya sy revisi :)
      iya lembut cake nya Mbak...tapi ubinya jadi krg terasa ini, mgkn krn porsi ubinya krg banyak :)

      Delete