Saturday, March 2, 2013

Nasi Goreng Horenso (Bayam Jepang)

nasi goreng horenso (bayam jepang)


Bismillah...
Ini adalah menu makan malam anak2 semalam, mbikin yang gampang2 aja, cuma nasi goreng  yang ditambah bayam jepang (horenso). Bayam jepang bentuknya sedikit berbeda dg bayam Indonesia, tapi utk cara memasaknya sama seperti halnya bayam indo. Karena lagi musim dingin, horenso ini jarang sy masak sayur bening, krn beberapa jam setelah dimasak, sayurnya langung jd dingiiin bangeet, jadinya horenso ini lebih sering sy olah jadi omlet atau sbg campuran sayur utk nasi goreng atau mie goreng atau masakan lainnya yang langsung disajikan hangat2 setelah matang:)


Bentuk horenso adalah seperti ini : 





Nasi Goreng Horenso

Bahan : 
3 cup nasi dingin
1 ikat horenso, potong2
1 butir telur, goreng orak arik

1 1/2 sdm bawang putih halus
1/2 siung bawang bombay, rajang halus
1/2 sdt merica bubuk
3 sdm kecap manis atau secukupnya
1 sdm kecap asin
garam dan gula secukupnya
(bila suka tambahkan saus tiram atau minyak wijen)


Pelengkap :
Telur rebus atau lauk lainnya 

Cara Membuat :
Tumis bawang putih halus, bawang bombay, merica bubuk, garam dan gula hingga harum. 
Masukkan nasi sambil terus diaduk tambahkan kecap manis dan kecap asin. Cicipin rasanya. Tambahkan gula dan garam seperlunya.
Masukkan horenso (bayam jepang), aduk kembali hingga horenso layu/ matang. 
Sesaat sebelum diangkat masukkan telur orak arik, aduk rata sebentar.
Angkat dan sajikan dg lauk lainnya ^^

Note : bila ingin pedas, tambahkan irisan cabe, tumis bersama bawang putih :)


nasi goreng horensho (bayam jepang)



4 comments:

  1. kok lebih mirip sawi hijau yah hehhehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe..iya...pertama duluu kirain sawi, pas dimasak kq beda ya... setelah nemu sawi beneran yg bener2 mirip sawi indo, akhirnya nebak2 mungkin yg ini bayam jepang. Dan setelah nanya ke temen yg udah tinggal lama disini, ternyata bener ini bayam jepang yg namanya horenso :)
      Enak nih Mbak...hampir ga berasa apa2, ga ada bau2 langu-nya (klo sawi/brokoli langu ya), rasanya jg ga ada pait2nya...ga berasa apa2, kayak bayam indo, masaknya jg bentar krn cepet matang spt bayam indo....sering sy buat omlet bayam, anak2 doyaan ^^

      Delete
    2. ough...
      *berdoa, mudah2an suatu saat bisa nyobain :D

      Delete
    3. di indo kayaknya udah banyak di supermarket2 Mbak....tapi selama di indo sy jg belum pernah nyobain, baru disini ini :D

      Delete