Thursday, August 20, 2015

Pindang Salem Masak Santan



Bismillah....
Foto lamaa, salah satu menu bulan ramadhan lalu. Waktu saya kecil, Ibu sering memasak masakan ini. Ikan masak santan, biasanya pakai ikan pindang tongkol atau ikan pindang salem. Gurih banget...kadang saya nyebutnya gulai ikan. Dibuat pedas makin mantab, tapi kali ini saya buat ga pedas karena buat konsumsi anak-anak juga. Seringkali saya tambahkan sayuran di dalamnya, seperti wortel, buncis, dll. Bisa juga dicemplungin tahu. Suka-suka aja masaknya, bisa dimodifikasi sesuai selera. Yang jelas rasanya pasti gurih, klo ga percaya silahkan dicoba....hehe...berikut ini resepnya ya :


Pindang Salem Masak Santan

Bahan-bahan :
4 ekor ikan pindang salem
1 buah wortel
250 ml air atau santan encer
200 ml santan kental

minyak goreng untuk menumis

Bumbu :
4 siung bawang putih, memarkan
5 bh bawang merah, iris tipi
2 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 btg serai, ambil bagian putihnya, memarkan
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt jahe bubuk
2 sdt garam atau secukupnya
1 sdt gula pasir atau secukupnya

Cara Membuat :
Siapkan ikan pindang salem. Buang bagian kepalanya. Belah bagian perutnya memanjang hingga ke ekor. Buang duri tengahnya. Cuci bersih ikan pindang salem terutama bagian perutnya. Sisihkan.
Panaskan sedikit minyak di wajan, tumis bawang putih, bawang merah, daun salam, lengkuas dan serai hingga harum. 
Masukkan air/santan encer dan ikan pindang salem serta wortel. Tambahkan merica bubuk, jahe bubuk, garam dan gula pasir. Setelah mendidih, masukkan santan kental. Koreksi rasanya. Didihkan sekali lagi. Matikan api.
Angkat dan sajikan.

2 comments:

  1. Replies
    1. saya juga ga sering-sering beli ikan pindang Mbak, klo lagi pengen aja. Lebih sreg mbikin pindang sendiri sebenernya hehe

      Delete