Friday, February 6, 2015

Sate Usus Ayam



Bismillah....
Ini adalah pertama kalinya mengolah usus ayam. Pas kebetulan ada di tukang sayur, penasaran gimana cara mengolahnya, secara bau amisnya lumayan menyengat...hehe. Tiba-tiba keingat dulu Mbak Rina Audie pernah posting sate usus. Ya udah langsung meluncur ke blog Dapur Manis-nya Mbak Rina. Membaca sekilas, ternyata ususnya dimasak bumbu bacem dulu, kemudian baru ditusukin dan dibakar. Selanjutnya, berhubung saya ol dr hp dan hp saya baterenya abis, saya ga sempat lagi baca2 resepnya. Akhirnya ususnya saya masak pakai bumbu bacem versi saya...hehe...mudah-mudahan hasilnya bisa seenak punya Mbak Rina. Makasih banyak atas inspirasi resepnya ya Mbaak ^^






Hasil sate ususnya enaak, manis legit gurih dan empuk, lain kali mau saya bumbu pedas supaya mantab...hehe. Dan ternyata, memang usus ayam itu lumayan susah juga ngilangin baunya. Masih sedikit terisa baunya tapi tidak mengganggu banget. Harusnya mungkin direbus 2x seperti Mbak Rina Audie kali ya, buat yang ingin tau resep lengkap versi Mbak Rina Audie, silahkan berkunjung ke Dapur Manis ya. Berikut ini resep versi saya :


Sate Usus Ayam

Bahan :
500 gr usus ayam, cuci bersih beberapa kali hingga tidak amis.
1 buah jeruk nipis, peras airnya
2 cm lengkuas, memarkan
2 lbr daun salam
500 ml air
60 gr gula merah
1 sdm asam jawa
garam dan gula secukupnya

Bumbu halus :
3 butir bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt jahe bubuk

Cara membuat :
1. Lumuri usus dengan air jeruk nipis.
2. Didihkan 500ml air, masukkan bumbu halus, lengkuas, daun salam, dan asam jawa. Masukkan usus, tambahkan gula dan garam secukupnya. Rebus hingga usus empuk dan bumbu meresap. Matikan api dan biarkan dingin.
4. Tiriskan usus dari air rebusannya, kemudian tusuk menggunakan tusuk sate lalu panggang di atas api atau di wajan anti lengket. Sajikan.

Note :
Untuk menghilangkan bau amis ususnya, bisa juga dengan merebus usus nya 2x sebelum dibumbui. Rebusan pertama dibuang airnya, kemudian ganti air dan rebus lagi, lalu  buang kembali airnya. Siap untuk diolah.








6 comments:

  1. lama nggak makan usus,terakhir makan usus pas ngajar di malang tahun 2011 hehe..nyem nyem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dulu pernah beli... Tapi baru kali ini masak sendiri... Hehe

      Delete
  2. waaaaa...namaku dicolek ternyata. Enak ya um ususnya. Di rumah paling suka ya dibacem, disunduki trus dibakar gini. Wis pokoke puoll enake....

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih inspirasi resepnya yaa Mbaak....wenak sate ususnya, saya padu sama urap sayur. Tapi urap sayurnya ga kefoto...hehe

      Delete
  3. Kalo sy utk jerohan biar amisnya hilang pas ngrebus ditambah jahe geprek dan bbrp lembar daun jeruk di rebusan terakhirnya. Alhamdulillah ga amis lg

    -ervin-

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah...makasih banyak atas masukannya ya Mbak....^^

      Delete