Saturday, February 21, 2015

Kue Lumpur Pisang



Bismillah....
Anak-anak saya suka kue lumpur, baik lumpur kentang maupun lumpur pisang ini. Udah sering mbikin aneka kue lumpur tapi ga pernah keposting di blog...hehe. Bahkan kue lumpur kentang juga pernah jadi sajian untuk arisan di rumah, awal bulan januari lalu. Waktu itu mbikin 4 macam snacks, yaitu risoles ragout ayam, cake kukus ketan hitam, bitterballen kentang dan kue lumpur kentang. Untuk 48 snacks box, tapi sayangnya ga sempat kefoto... hehe :D

Untuk kali ini, saya mbikin kue lumpur pisang, sekalian ngabisin stok pisang Uli yang dibawain Ibunda suami beberapa waktu yang lalu. Seringkali saat mbikin kue lumpur, saya asal cemplung-cemplung aja, males nimbang2.... tapi buat acuan resepnya saya pakai resep Ibunda suami....rasanya juaraa!! Wenak pakai banget...hehe...seperti kali ini, saya mbikin kue lumpur pisangnya pakai resep Ibu, kentangnya saya ganti pisang, masyaAlloh, enak bangeet..lembuut dan rasa pisangnya terasa banget, manis gurih, rasa pisang berpadu dengan santan dan margarin lelehnya....sukaa banget. Baik lumpur pisang maupun lumpur kentang pakai resep Ibu ini selalu enaak, pas dengan selera saya :) 





Saya pakai 1/5 resep dari resep aslinya, mbikin dikit-dikit aja. Salah satu ciri khas resep ini adalah penggunaan pisang (atau bisa juga pakai kentang) yang banyak dibanding dengan jumlah terigunya sehingga menghasilkan kue lumpur yang lembut dengan rasa pisang ataupun kentang yang sangat dominan. Berikut ini resepnya ya, saya pakai 1/5 resep dari resep dibawah ini :

Kue Lumpur Pisang

Bahan-bahan :
1 kg pisang kupas, haluskan hingga lembut
250 gr tepung terigu
5 butir telur
300 gr gula pasir
3 gelas santan (*untuk 1/5 resep saya pakai 120ml)
200 gr margarin leleh
kismis secukupnya

Cara Membuat :
Kocok gula dan telur hingga gula larut. 
Masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit, sambil diaduk rata.
Tuang santan sambil diaduk sedikit rata. 
Masukkan pisang, aduk rata.
Masukkan margarin leleh, aduk kembali hingga rata.
(Atau bisa juga semua bahan dicampur dan diaduk rata pakai mikser kecepatan rendah)
Panaskan cetakan kue lumpur, oles tipis margarin atau minyak.
Setelah cetakan panas tuang adonan ke dalam cetakan hingga 3/4 penuh dan tutup. 
Setelah 1/2 matang, taburi kismis, tutup kembali dan biarkan matang. Angkat. 

Note :
Saat mengangkat kue lumpur yang sudah matang, lakukan dengan perlahan dan hati-hati karena hasilnya agak lembek tapi jangan kuatir karena saat dingin akan kue lumpur jadi lebih kokoh/mengeras. 



12 comments:

  1. pasti wangi pisang banget ini wong pisangnya nyampe sekilo gitu. Udah lama nggak bikin kue lumpur sendiri, jadi ngiler nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...iyaa Mbak...saya cuma mbikin 1/5 resep ajaa :)))

      Delete
  2. Samaaa Um... saya juga sering bikin kue lumpur tapi ga pernah di post, keburu habis duluan...semua suka sih ya...dulu udah pernah bikin kue lumpur pisang tapi ga segini banyak pisangnya, yang pasti ini misang banget ya Um...jadi kepengen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Samaa ya Mbak... Seringnya ludes duluan ga sempat kefoto atau kadang2 no resep karena asal cemplung, jadi males mau moto :D
      Iyaa ini pisangnya kerasa bangeet Mbak...wangii dan lembuut ^^

      Delete
  3. ya ampun mbakk,kreatif bangettt..suer,aku baru tahu ada lumpur pisang hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Saya sering mbikin lumpur pakai bahan seadanya di rumah Mbak... Klo pakai pisang ga ribet, ga perlu ngukus pisangnya... Tinggal dihaluskan :)))

      Delete
  4. Yummieee.. suka banget sama food photograph-nya mak.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih Mbak.... salam kenal yaa, makasih sudah berkunjung kemari ^^

      Delete
  5. kismis diatasnya bikin cita rasa kue lumpurnya lebih menggoda kayaknya..
    izin coba mbak :)

    ReplyDelete
  6. Pisangnya pake pisang apa mba? Salam kenal ya: )

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pakai pisang ijo yang kematangan Mbak. Agak lembek tapi enaak :)

      Delete