Thursday, October 22, 2015

Bandeng Cabut Duri Goreng Telur



Bismillah....
Bandeng cabut duri adalah salah satu kesukaan anak-anak saya, salah satu alasannya tentu karena minim duri dan rasanya yang guriih. Anak-anak paling suka jika dibumbu kecap dibakar di fry pan. Dimakan dengan lalapan timun atau selada, praktis banget ...ga perlu berlama-lama di dapur...hehe. Biasanya kalau hari sabtu minggu anak-anak libur sekolah, saya jadi lebih nyantai masaknya...bisa belanja ke luar perumahan. Sebelum belanja, saya siapkan sarapan buah untuk anak-anak. Setelah sarapan buah, biasanya anak-anak main badminton, sepedaan atau main bola bersama teman-temannya di lapangan depan rumah. Saya belanja bersama si bungsu, sepulang belanja baru mulai memasak... masaknya pun pilih menu yang praktis dan cepet aja, seperti bandeng bakar dan lalapan, atau nasi goreng, tumis udang sayuran, ayam goreng tepung dll. Setelah sarapan baru deh ngerjakan tugas-tugas rumah yang lain, gotong royong dengan suami dan anak-anak ^^





Kali ini bandengnya tidak saya bakar tapi dibumbu dan dilapis telur lalu di goreng. Alhamdulillah anak-anak juga suka, tapi kata mereka lebih enak klo dibakar hehe.

Bandeng Cabut Duri Goreng Telur

Bahan-bahan :
2 ekor ikan bandeng cabut duri, cuci bersih

minyak untuk menggoreng

Bumbu marinate (haluskan) :
2 siung bawang putih
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt jahe bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
1 sdt garam

Pelapis :
1 butir telur, kocok lepas bersama sedikit garam dan merica bubuk

Cara Membuat :
Lumuri ikan bandeng dengan bumbu marinate hingga merata.
Diamkan 15 menit supaya bumbu meresap.
Panaskan minyak di wajan. Celupkan bandeng di kocokan telur.
Goreng bandeng dengan api kecil hingga matang. (Masukkan bandeng ke wajan setelah minyak benar-benar panas).
Angkat dan sajikan.


9 comments:

  1. wooow beneran gak ada duri nya yah heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbak...selama ini sern beli, hampir tidak ada durinya. Tapi pernah juga beli yang durinya masih agak banyak...kurang bersih pencabutan durinya.

      Delete
  2. Mba itu sebelum dimasaknya di kasih air jeruk ga ikannya biar ga bau amis, soalnya ikan bandeng meskipun sudah di pasak suka kerasa bau amisnya ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau bandeng yang belum dicabut durinya biasanya bau tanah, klo sudah cabut duri gini udah bersih perutnya, menurut saya sama sekali ga bau tanah ataupum bau amis...

      Delete
  3. yang jadi penasaran bagaimana cara cabut durinya mba?
    izin share :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di youtube banyan video cabut duri bandeng, Mbak...agak ribet dan lumayan makan waktu :D

      Delete
  4. Saya sangat suka dengan bandeng. Selama ini sih suka makan bandeng presto aja... yang dari Kota Semarang.

    Pengen coba juga resep di atas.

    Salam kenal Bunda. Saya Gina Hayana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Mbak ^^
      Saya juga sukaa bandeng presto tapi belum kesampaian mbikin sendiri ...

      Delete