Friday, October 30, 2015

Banana Chiffon Cake (Putih Telur)

Bsimillah....
Banana chiffon cake putih telur ini saya buat dalam rangka memanfaatkan 4 putih telur sisa dari adonan bolu kukus mekar yang saya buat tadi pagi. Chiffon cake nya saya buat sore, sementara putih telurnya saya biarkan di suhu ruang sejak pagi. Alhamdulillah putih telurnya masih bagus dan saat dikocok bisa mengembang hingga soft peak atau kaku. Kebetulan juga ada pisang ambon kupas. Atha kun lagi suka ngupas pisang, tau-tau beberapa pisang dikupas sekaligus. Ga dimakan, cuma seneng ngupasnya aja >.<
Dan pisang ambonnya saya berdayakan jadi chiffon cake ini. Resepnya hasil utak-atik sendiri alhamdulillah hasilnya yummy, saat dipanggang wangi banget. Pakai gula palem jadi gurih manisnya. Tekstur cake-nya seperti khas nya chiffon cake putih telur yaitu ringan, empuk lembut tapi kokoh, tidak terlalu beremah, terasa mentul-mentul (duh bahasanya ;p), jika cake ditekan pelan maka bisa kembali ke bentuk semula. Penasaran kan, berikut ini resepnya yaa :







Banana Chiffon Cake (Putih Telur)

Bahan A :
4 putih telur
75 gr gula palem

Bahan B :
85 gr tepung terigu protein sedang
15 gr tepung maizena
120 gr pisang ambon kupas, haluskan
80 ml minyak sayur

Cara Membuat :

  • Panaskan oven 180 deg C, masukkan loyang chiffon ke dalam oven selama kurang lebih 10 menit. (Gunanya dipanaskan supaya adonan tidak merembes di bawah loyang).
  • Dalam wadah, kocok bahan A hingga mengembang dan soft peak /kaku (*ummi: kira kocok selama 5-10 menit).
  • Dalam wadah lain, campur tepung terigu dan maizena, ayak. Masukkan pisang dan minyak sayur, mikser dengan kecepatan rendah hingga rata. Kemudian tuang adonan putih telur yang telah mengembang, secara bertahap, aduk balik dengan spatula hingga tercampur rata. 
  • Keluarkan loyang dari oven, tuang adonan ke dalamn loyang. Loyang tidak perlu dioles apapun (gunanya supaya adonan tidak turun setelah matang dan dikeluarkan dari oven).
  • Panggang selama kurang lebih 45-60 menit atau hingga matang. 
  • Setelah matang, balikkan loyang dengan disangga kaki-kaki loyang. Jika menggunakan loyang tulban biasa, balikkan loyang, sangga lubang tengahnya dengan mulut botol, supaya chiffon cake tidak mengkerut atau turun permukaannya dan uap panasnya keluar.
  • Biarkan hingga benar-benar dingin (kira-kira 2-3 jam) baru kemudian keluarkan kue dari loyang dengan bantuan pisau. (Sisir pinggir-pinggirnya/kerik dengan bantuan pisau)
Note :
Jika ingin cake lebih tinggi, bisa membuat 2 x resep diatas.

4 comments:

  1. Sy baru nyoba 2x buat chiffon (ketan hitam n pandan) alhamdulillah sukses. Tp yg terakhr kmrn adonanx merembes keluar, kok ya pas nemu trik spy g kejadian lagi ^_^, plus resep chiffon yg super simple jg, terima kasih sharingx bun..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 Mbak...saya jg baru bbrp kali mbikin...baru belajar juga ^^

      Delete
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas informasinya Mbak, until sementara saya pakai blogspot saja :)

      Delete