Tuesday, February 24, 2015

Puding Coklat yang Lembut dan Nyoklat



Bismillah...
Ini puding coklat yang saya buat tadi pagi. Bahan-bahannya menyesuaikan stok yang ada di rumah. Tidak disangka rasanya nyoklat banget dan lembuut, lumer dimulut. Sampe anak-anak pada berebut pengen makan pudingnya... hehe. Jadilah pagi-pagi menjelang berangkat sekolah,  terjadi  kehebohan di meja makan kami... Hihihi... Baby Atha menyendok sendiri sampai belepotan kemana-mana dan kakak-kakaknya ga dibolehin nyendokin puding miliknya :D

Bahkan ada sebagian puding yang masih belum sempurna mengeras, anak-anak udah ga sabaran nyendokin, namanya juga anak-anak dan saking serunya makan, biarpun udah pada gede, tetep aja
belepotan ke baju seragam...hiks ...tapi alhamdulillah ga banyak nodanya. Begitulah kehebohan pagi tadi, seruuu....seneng banget klo anak-anak doyan begini ^^


Puding Coklat  yang Lembut dan  Nyoklat

Bahan-bahan :
1 bungkus agar-agar bubuk warna coklat (bisa pakai agar2 bubuk plain)
125 gr gula merah, sisir halus (bisa diganti gula pasir)
650 ml air (bisa diganti susu cair)
2 sendok makan penuh coklat bubuk
75 gr DCC (coklat blok/batangan), potong-kecil-kecil
Sejumput garam

Cara Membuat :
Siapkan panci, masukkan agar-agar bubuk, air, gula merah, sedikit garam dan coklat bubuk.
Aduk hingga merata dan tidak ada gumpalan coklat bubuk.
Selanjutnya, masak dengan api sedang sambil diaduk-aduk hingga merata.
Setelah mulai mendidih, masukkan dcc (coklat blok)
Aduk-aduk hingga dcc lumer/lleleh dan tercampur rata .
Masak hingga mendidih, matikan api.
Saring adonan (jika memakai gula pasir tidak perlu disaring), tuang ke dalam cetakan yang sudah dibasahi sedikit air (supaya mudah mengeluarkan).
Biarkan mengeras, setelah dingin masukkan kulkas.
Sajikan dingin-dingin ^^

Note :
Saya pakai gula merah karena kehabisan stok gula pasirr.
Puding ini lembut banget dan lumer, jadi agak susah dikeluarkan dari cetakan.
Bisa dicetak di gelas-gelas, langsung dapat disajikan, tinggal menyendok :)
Jika ingin pudingnya lebih kokoh bisa tambahkan nutrijel bubuk plain atau
bisa juga menambahkan sedikit tepung maizena. Dimasak bersama-sama bahan lainnya.


6 comments:

  1. Replies
    1. Monggo silahkan dicoba Mbak... Mudah-mudahan suka yaa ^^

      Delete
  2. udah mbayangin nyoklatnya, pake cokelat banyak soalnya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa nyoklat... Kayak makan brownies tapi ini lumer di mulut... Hehe

      Delete
  3. Replies
    1. iyaa Mbak.... lembut dan nyoklat, lumer di mulut ^^

      Delete