Wednesday, February 11, 2015

Brownies Kukus Gluten Free yang moist

Bismillah...
Beberapa hari ini kami sekeluarga sedang tidak enak badan, kecuali si sulung yang udah sembuh duluan. Anak-anak bebarengan pada demam, meriang, batuk dan pilek. Efek perubahan cuaca mungkin. Kabarnya di sekolah anak-anak juga banyak siswa yang tidak masuk karena sakit. Kalau anak2 sakit, sedih banget ngliatnya, pada lemes, ga doyan makan, maunya tiduran aja. Aneka makanan, buah, susu, snacks saya tawarkan ke anak-anak, alhamdulillah ada yg dimakan walau sedikit. Lalu coba saya tawarkan kepada anak-anak untuk mbikin kue kesukaan mereka,  yaitu brownies kukus, anak-anak mau, tapi begitu matang ga ada yang nyentuh, hiks...padahal enak banget browniesnya. Mungkin indra perasa (di lidah) anak2, kala sakit gini agak bermasalah, sampe-sampe air putih dan nasi putih aja dibilang pahit >.<

Alhamdulillah pagi ini demam anak-anak sudah turun semua, tinggal batuk dan pileknya. Zahro dan Aisy sudah tidak demam, tinggal batuknya. Baby Atha jg udah dingin, tapi masih pilek. Pileknya mengalir terus. Nafsu makan anak-anak hari ini juga mulai membaik, udah mau makan sedikit demi sedikit. Saya dan suami jg kurang enak badan, meriang dan batuk pilek. Ini dipaksain nulis di blog, buat mood booster, biar saya semangat mengurus diri sendiri dan anak-anak, ....hehe semangaattt ^^ . Laa ba'sa thohuurun insyaAlloh. Semoga Alloh Menyembuhkan kami semua...aamiin.






Kembali ke brownies kukus ini, beneran rasanyanya enak dan legit, tapi sayang nya anak-anak kurang doyan karena pada sakit. Brownies ini modifikasi dari resep brownies kukus gluten free yang lalu-lalu. Jika yang sebelumnya hasilnya mengembang dan cenderung spongy (ringan), kali ini coba saya buat yang lebih moist yaitu lebih lembab / basah. Dengan kata lain dibuat lebih bantat kali ya...hehe...
Kali ini saya tambahkan susu cair, dan hasilnya memang jadi lebih basah, moist dan lembuut. Soal rasanya enaak dan nyoklat, gurih legit kalah deh brownies am*nda...hehe...*lebay dikit yaah :D
Buat pecinta brownies kukus yang moist dan lembab/basah, monggo resep ini silahkan dicoba-coba ^^


Brownies Kukus Gluten Free

Bahan-bahan :
3 butir telur
90 gr gula pasir
100 ml minyak goreng /minyak sayur
50 gr tepung beras
15 gr tepung maizena
70 gr dark cooking chocolate (DCC), potong kecil2
25 gr cokelat bubuk
50 ml susu cair
margarin/minyak untuk mengolesi loyang

Cara Mambuat :

  • Campur tepung beras, tepung maizena dan cokelat bubuk, ayak.
  • Olesi loyang bundar diameter 18cm dg minyak. Panaskan kukusan.
  • Lelehkan DCC dg cara ditim. Matikan api. Masukkan minyak, aduk rata. Atau bisa jg dg cara memanaskan minyak dan DCC sebentar, lalu matikan api, aduk-aduk hingga DCC larut. (*ummi: pakai cara yg kedua)
  • Kocok telur dan gula pasir dengan mikser kecepatan rendah, setelah gula larut naikkan kecepatan mikser hingga paling tinggi. Kocok hingga adonan mengembang dan kental, tidak perlu sampai kaku (kira2 lamanya mengocok 3-5 menit).
  • Kecilkan kecepatan mikser menjadi 1, masukkan campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk hingga rata (tidak ada tepung yg menggumpal di dasar).
  • Masukkan campuran DCC, aduk kembali hingga rata. Terakhir masukkan susu cair, aduk rata kembali. Matikan mikser.
  • Tuang adonan ke dalam loyang, kukus selama 30 menit dengan api kecil. (api yg terlalu besar akan membuat brownies bergelombang permukaan atasnya).
  • Pastikan air kukusan sudah mendidih saat memasukkan loyang dan jangan lupa tutup kukusannya dilapisi kain supaya airnya tidak menetes ke browniesnya.
  • Setelah matang, angkat dan dinginkan. Potong2 atau beri topping sesuai selera.





14 comments:

  1. Nyammmm...kelihatan btttt legitnya.
    Semoga cepet sembuh ya^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Makasih Mbak.... Alhamdulillah udah sembuh semua ^^

      Delete
  2. Replies
    1. Makasih Mbak.... Fotonya krg sip sebenernya. Foto nya ditemeni baby atha jadi ga bisa bebas :D

      Delete
  3. moga cepat sembuh semua ya um...
    jadi kemecer liat brownies kukusnya nih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Makasih Mbak. Alhamdulillah sudah sehat semua, anak2 udah pada sekolah semua ^^

      Delete
  4. Mg cpt sembuh semua anak2nya umi... kasihan kl anak2 sakit, mending sakit sndiri drpd mereka yg sakit...

    :(((

    Browniesnya cantiiik bgt mi, keliatannya kaya yg pake tep ketan hitam ya mi... kebayang deh legitnya...
    Hmmm....
    Mauuu.....
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.... Makasih Mbak. Iya klo anak2 sakit sedih rasanya. Tapi kita yg sakit jg repot, krn ga bisa ngerawat anak2. Ini alhamdulillah udan sehat semua.

      Btw ini browniesnya keliatan item banget ya, dcc nya pakai c*latta :)

      Delete
  5. Syafakumullah.. sediih & rempong ya um kalo lagi kompakan sakit..
    Browniesnya menggodaaa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin... Makasih Mbak. Iyaa klo barengan gini repot, apalagi pas giliran saya yg sakit. Rmh berantakan, masak seadanya... Hehe

      Yuuk dicoba browniesnya Mbak ^^

      Delete
  6. ummu fat, kalo misal dibuat diloyang kotak, ukuran berapa ya biar hasilnya oke? ika fitriani-surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf baru balas. Coba pakai loyang persegi 18cm, Mbak... Lebih tipis tapi hasilnya. Klo mau pakai loyang yang lebih besar bisa pakai 1,5 atau 2x resep :)

      Delete
  7. Salam kenal ummi...mo tanya ini browniesnya pake loyang uk berapa? Makasih ummi sebelumnya😜😊😊

    ReplyDelete
  8. Makasih ummi resepnya barusan Bikin..yummii,,Lembut browniesnya Ga seret makannya,,Tp knp ya permukaannya bergelombang ky tsunami LOL..

    ReplyDelete