Wednesday, February 18, 2015

Carang Gesing Roti Tawar dengan LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole



Bismillah....
Alhamdulillah....senangnya bisa kembali ngeblog, setelah hampir semingguan tepar dan juga merawat anak-anak dan suami yang sedang sakit. Qadarulloh, kami sekeluarga terkena flu yang cukup berat, yaitu flu yang disertai demam dan badan meriang. Anak-anak pun begitu, demam naik turun, lemas dan tidak doyan makan. Tapi Alhamdulillah sejak kemarin kami sekeluarga sudah sehat kembali, dan aktivitas keluarga kami sudah berjalan normal kembali. Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya untuk semua komen di blog yang belum sempat terbalas. InsyaAlloh akan saya balas secepatnya yaa. 





Seharian tadi, saya bersemangat sekali untuk mencoba salah satu piranti dapur saya yang baru. Yap, ini adalah pinggan tahan panas LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole. LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole ini merupakan varian terbaru dari LOCK&LOCK Oven Glass. Yang membedakan LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole dengan produk Oven Glass lainnya adalah pada bagian tutupnya yang terbuat dari silikon dengan warna cerah. Sesuai dengan namanya LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole, terdapat steam hole (lubang udara) pada tutupnya yang berfungsi untuk steam (mengukus) dan untuk menghangatkan makanan.  Karena terbuat dari silikon, tutupnya pun aman jika dimasukkan ke dalam microwave pada saat memasak dengan suhu maximum 200 derajat. Tutup inilah yang akan menjaga makanan tidak akan menjadi kering dan tidak akan kehilangan cita rasanya pada saat di steam (kukus) ataupun dihangatkan kembali.

LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole ini, material Kaca/Glass-nya terbuat dari borosilicate, material yang aman digunakan dan tidak perlu khawatir akan pecah karena perubahan suhu (dingin-panas-dingin). Bahan borosilicate ini tahan suhu panas dan suhu dingin dalam waktu yang bersamaan. Bahan ini juga aman digunakan di dalam freezer, microwave, dan oven hingga suhu 400 derajat serta dishwasher. Karena bentuknya yang cantik, Anda bisa langsung menyajikan/menghidangkan makanan di atas meja.

Bahan Borosilicate merupakan Heat Resistance Glass yang sangat berbeda dengan bahan jenis Tempered Glass. Bahan Tempered Glass merupakan jenis kaca yang ini sangat rentan pecah dan kurang aman bila digunakan sebagai wadah makanan. Piranti makanan yang berbahan Tempered Glass ini bisa pecah secara tiba-tiba dengan sendirinya, bila terjadi perubahan suhu piranti dari panas ke dingin secara tiba-tiba. Berbahaya sekali ya.... ngeri banget seandainya saat memasak tiba-tiba piranti masak kita pecah secara tiba-tiba dan pecahan kacanya berhamburan kemana-mana. Semoga tidak pernah terjadi ya Moms, yuuk kita pilih piranti masak yang aman dan nyaman. Berikut ini ilustrasi mengenai perbedaan heat resistance glass dan tempered glass :




Warna Pelangi pada Tempered Glass menunjukkan stress yang tidak merata sedangkan pada Heat-Resistant Glass hampir tidak ada stress. Karena itu apabila sering dipakai dalam microwave dan jika terdapat goresan kemungkinan besar tempered glass akan pecah dengan sendirinya. 

Pada Tempered Glass, pada saat proses awal pembuatan Glass di pabrik, Glass akan mengeluarkan kotoran yang bernama Nickel Sulfide, nah pada saat dipanaskan atau terjadi perubahan suhu tertentu nickel sulfide ini akan menyebabkan glass menjadi mengembang secara tiba-tiba sehingga memungkinkan glass akan pecah secara tiba-tiba dengan sendirinya. Dan jika pecah menimbulkan banyak kepingan kaca.

Sedangkan piranti wadah makanan yang berbahan borosilicate/ heat resistant glass, pada proses awal pembuatannya tidak ada nickel sulfide di dalamnya, jadi meskipun dipanaskan hingga suhu 400 derajat atau terjadi perubahan suhu dari panas ke dingin (ataupun dingin ke panas), glass tidak akan mengembang atau pecah secara tiba-tiba. Jadi, lebih aman digunakan untuk keperluan memasak sehari-hari.





LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole ini sangat praktis untuk digunakan, bisa digunakan untuk memasak, menyajikan langsung di atas meja tanpa memindah tempat (sehingga hemat cucian piring), menghangatkan di dalam microwave tanpa khawatir makanan akan menjadi kering dan cita rasa hilang, hingga aman untuk menyimpan makanan di dalam kulkas. 


Keistimewaan LOCK&LOCK Oven Glass Steam Hole :

1. Material kaca terbuat dari borosilicate, material yang aman digunakan dan tidak perlu khawatir akan pecah karena perubahan suhu 

2. Tutup terbuat dari silikon yang aman ketika dimasukkan ke dalam microwave hingga suhu maksimum 200 derajat

3. Terdapat steam hole (lubang udara) untuk sirkulasi udara pada saat dimasukkan kedalam microwave, sehingga makanan tidak akan menjadi kering dan tidak menghilangkan cita rasa dari makanan.

4. Tutup silikon warna warni cerah dan karakter smile pada steam hole akan membuat dapur semakin ceria ^^


Keistimewaan material Heat-Resistant Glass (borosilicate) :

1. Tahan terhadap perubahan suhu sehingga tidak perlu khawatir akan pecah karena perubahan suhu itu sendiri  (dingin-panas-dingin)  

2. Aman digunakan di dalam kulkas, microwave, oven, dan dishwasher

3. Berat lebih ringan dibandingkan dengan tempered glass

4. Suhu permukaan lebih rendah dibandingkan dengan tempered glass

5. Permukaan akan tetap bening walau sering digunakan atau disimpan dalam jangka waktu yang lama

Note : Tutup silikon hanya bisa digunakan pada suhu microwave ( maximum 200 derajat)





Kali ini Lock&Lock Oven Glass Steam Hole nya saya gunakan untuk membuat Carang Gesing Roti Tawar. Sekalian memanfaatkan stok pisang raja yang masih banyak, oleh-oleh Ibunda suami yang berkunjung beberapa waktu yang lalu. Carang Gesing Roti Tawar ini mbikinnya mudah sekali, tinggal diaduk-aduk lalu kukus, dan anak-anak selalu sukaa ^^


Carang Gesing Roti Tawar

Bahan-bahan :
4 buah pisang raja, kupas dan potong-potong
3 lembar roti tawar, potong kotak kecil-kecil
200ml santan (*ummi: pakai 65 ml santan kental instan dan 135ml air)
50gr gula pasir atau sesuai selera
2 butir telur ayam 
daun pandan secukupnya, potong-potong
kismis secukupnya

Cara membuat :
Tata roti tawar di dasar pinggan tahan panas Lock&Lock Oven Glass Steam Hole.
Dalam wadah lain, campur santan dan gula pasir, aduk hingga gula larut.
Masukkan telur, aduk rata hingga pecah kuningnya dan menyatu dengan santan.
Tambahkan pisang yang sudah dipotong-potong, aduk sebentar.
Tuang adonan diatas potongan roti tawar di dalam pinggan tahan panas. Taburi kismis dan daun pandan. 
Kukus 20-30 menit atau hingga matang. Sajikan hangat atau bila ingin disajikan dingin, simpan di dalam lemari es terlebih dahulu.









6 comments:

  1. Sepertinya mudah membuatnya um... Jadi kepengen eksekusi... Wadah lock and lock nya juga bagus ummm.... Kepengen beli juga... Adduuuhhh kok jadi kepengen semua ya.... Hehehehe.... Ada nda ya di bondowoso.... *pengenbangeddd*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak... Gampang banget mbikinnya tinggal diaduk2 lalu kukus.
      Wadah lock&lock nya memang keren, bahan gelasnya tebal. Mungkin bisa dicoba pesan ke fanpage Lock&lock di facebook Mbak ^^

      Delete
  2. Beli wadah lock n lock nya dimana umm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dipesan di fanpage lock&lock Indonesia di facebook, Mbak.... Atau di flagship store lock&lock :)

      Delete
  3. assalamualaikum...sala m knal ummu, klo d ksh parutan keju bsa ga umm?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wa'alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh. maaf baru balas Mbak. bisa aja ditambah keju parut Mbak. bisa langsung dicampur/diaduk bersama adonan sebelum dikukus.

      Delete