Friday, January 23, 2015

Sate Ayam dengan Lock&Lock E-Cook Deco Fry Pan



Bismillah...
Sate ayam adalah salah satu favorit keluarga saya. Terutama anak-anak. Saya sering mbikin sate ayam. Kali ini saya masak sate ayamnya menggunakan Lock&Lock E-Cook Deco Fry Pan. Salah satu hal yang saya sukai dari Lock&Lock Fry Pan ini adalah desainnya yang multi fungsi. Diameternya 26cm, ukurannya besarnya pas banget buat saya, sangat berguna untuk dipakai memasak apa saja. Salah satunya adalah untuk memasak sate ayam ini. Fry pan seperti yang saya pakai ini juga cocok untuk menggoreng deep frying lho, karena bagian sekelilingnya yang tinggi, mencegah minyak untuk tumpah-tumpah. Fry pan dengan bentuk seperti ini jg sangat cocok dipakai memasak tumisan berkuah ataupun memasak mie/bihun goreng. Benar-benar multifungsi, love it ^^ 





Seperti yang saya sebutkan diatas, sate ayam kali ini  saya panggang menggunakan Lock&Lock E-Cook Deco Fry Pan, yang dilengkapi dengan lapisan tahan panas, sehingga sate jadi lebih cepat matang dan matangnya pun merata. Seperti yang terlihat di foto, hasil sate ayamnya cantik dan bisa matang dengan sempurna. Berikut ini resep yang biasa saya pakai untuk membuat sate ayam. Resep ini favorit anak2, bumbunya simple banget.  Untuk sambal pelengkapnya saya lebih suka pakai sambal kecap. Berikut ini resepnya :



Bahan-bahan :
500 gr daging ayam bagian dada, di-fillet (ambil bagian dagingnya saja)
tusuk sate (ukuran panjangnya kurang lebih 15cm)

Bumbu perendam :
2 sdt kecap manis
150 ml air atau secukupnya
1/4 sdt merica bubuk
1 siung bawang putih, iris tipis
1/4 sdt garam

Cara Membuat :
  • Bumbu perendam : Larutkan kecap manis di piring cekung dengan air secukupnya. Tambahkan merica bubuk, irisan bawang putih dan garam. Aduk rata. Usahakan warna larutan kecapnya tidak terlalu coklat tua, supaya saat dibakar, ayam tidak cepat gosong karena larutan kecap.
  • Potong daging ayam tipis2 kecil. Gunanya dipotong tipis adalah supaya matangnya lebih merata, bagian dalamnya tidak ada yang mentah.
  • Pasang daging ayam di tusuk sate, masing-masing 4-5 potongan daging tiap tusuknya.
  • Celupkan daging ayam yang sudah ditusuk sate tadi ke dalam bumbu perendam (larutan kecap). Siram-siram menggunakan sendok atau bolak balik supaya rata larutan kecapnya.
  • Panaskan fry pan (diameter minimal 26cm). Tidak perlu diberi minyak. Jika sudah panas, masukkan sate mentah. Jangan lupa ditiriskan dahulu sebelum dimasukkan ke fry pan.
  • Panggang sate dengan api kecil hingga kecoklatan, dan matang. Balikkan supaya matang di sisi lainnya. Angkat.
  • Bila ada kerak gosong2 di fry pan segera bersihkan supaya tidak menempel pada sate yang akan dipanggang berikutnya. 


Sambal Kecap

Bahan-bahan :
3 bh bawang merah, iris tipis
10 bh cabe rawit, iris tipis
1 buah tomat, potong kecil-kecil
kecap manis 75ml atau secukupnya
1-2 sdm sambal terasi/bajak (*optional)
air matang sedikit (*optional)
sejumput garam bila perlu

Cara Membuat :
Masukkan bawang merah dan cabe rawit dalam mangkuk, gerus dengan sendok sebentar. Untuk cabe rawitnya gerus dengan sendok lebih lama, supaya pedasnya  terasa. (Bila ada, masukkan sambal terasi atau sambal bajak)
Tuangi kecap manis, gerus lagi sebentar dan ratakan. Jika terlalu kental bisa ditambahkan sedikit air matang dan ratakan. Bila perlu tambahkan sejumput garam.

Penyelesaian : Sajikan sate ayam bersama sambal kecapnya :)









6 comments:

  1. Assalamualaikum bu citra... Hmm.. bikin sate ayam y bu :) jadi pengen..menggugah selera fotonya :)
    Mau tanya, klo pake teflon gn kecapnya g hangus kebakar d teflon bu? Sudah ditusuk baru di panggang atau dipanggang dulu baru di tusuk?

    Kalo di Indo mungkin sy g khawatir karena ada anglo bakaran arang. Kalo kebetulan balik japan lg bu yg bingung kalo buat grill gn apalagi sate klo pas kepengen bgt gt. Di microwave g bs, dagingnya kering dan tanpa efek bakaran :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa alaikumussalam warohmatullohi wabarokaatuh....
      Larutan kecap untuk bumbu perendamnya dibuat encer Mbak... Jadi saat dibakar ga terlalu hangus. Ditiriskan dulu sate mentahnya sebelum dibakar di atas fry pan :)

      Delete
  2. Ok terimakasih bu.. Mungkin harus pakai fry pan yg seperti ini atau yang berbahan tebal juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak2 suka banget sate ayam Mbak. Sejak dijepang, saya biasa mbikin sate ayam ini, pakai fry pan apa saja bisa, asal diameternya besar. Bisa muat tusuk satenya... Hehe...

      Delete
  3. waaaah menggiurkan satenya mba, fry pan nya anti lengket ya mba, multi fungsi ^_^ desainnya juga cakep :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mbak.... anti lengket. Saya juga suka desainnya, multifungsi ^^

      Delete