Wednesday, January 28, 2015

Onde-Onde Isi Ubi Madu



Bismillah...
Pagi ini di dapur saya ribeet banget, masak dan nyiapin bekal sekolah anak-anak. Kali ini untuk bekalnya, saya mbikin onde-onde. Sekali-sekali ribet di dapur gapapa lah, alhamdulillah dibantu suami tercinta yang bersedia mengasuh si kecil Atha :)
Sebenernya onde-onde ini request si sulung beberapa waktu yang lalu. Karena udah lama ga mbikin Mas Faruq sampe lupa namanya, dia nyebutnya "undel-undel" ...hihihi...ada-ada aja :D
Kebetulan di rumah ada stok ubi madu dan udah saya kukus kemarin sore, klop deh saya buat isian onde-onde aja. Dan lagi, saya juga ga punya stok kacang hijau kupas. Untuk resep kulitnya saya pakai resep Bu Fatmah Bahlwan, udah pernah saya posting dulu. Berikut ini resepnya, saya tulis ulang gapapa yaa :






Onde-Onde Isi Ubi Madu

Bahan Kulit:
250 gr     tepung beras ketan
40 gr       tepung beras 
125 gr     gula pasir (saya pakai 100 gr)
1/4 sdt       garam
200 ml     air 
100 gr     wijen putih
minyak untuk menggoreng

Bahan Isian :
1-2 bh ubi madu, kukus

Cara Membuat :
  • Isian : Kupas ubi yang sudah dikukus, haluskan. Bila ingin lebih manis, bisa ditambah gula sedikit. Aduk hingga rata.
  • Kulit: Campur tepung beras ketan, tepung beras, gula dan garam, aduk rata. Panaskan air hingga panas tetapi tidak sampai mendidih. Angkat. (*ummi: sampai mendidih). Tuang air sedikit demi sedikit ke campuran tepung, aduk rata dan uleni sampai menjadi adonan yang bisa dipulung.
  • Ambil 30 gr adonan kulit, pipihkan ditangan hingga membuat cekungan.
  • Isi dengan satu bulatan kecil adonan isi, tutup dan bulatkan kembali menjadi bola-bola.
  • Celupkan dalam air dingin. Gulingkan pada wijen, kepal-kepal sehingga bentuknya bulat dan wijen menempel rata.
  • Panaskan minyak, kecilkan api, goreng onde onde sampai mengapung dan kuning kcoklatan. Angkat.


 Note :
Gunakan api kecil agar saat digoreng onde-onde tidak meletus atau pecah.
Kali ini entah kenapa, saat tepung dituang air panas, kemudian diaduk-aduk, jadinya kelembekan, akhirnya saya tambah tepung ketan lagi 40 gr. Uleni lagi, hasilnya baru pas. Alhamdulillah saat digoreng tidak meletus ataupun pecah :)





4 comments:

  1. isi ubi??ya ampunnn kreatif banget sih mbak hehe...fotonya makin cetar,tempatnya lucu^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Seadanya stok di rumah Mbak... Mbikin isiannya jd lebih gampang :))))
      Makasih Mbak... Udah nemu spot yg pas buat potret2 nih, jadi semangat foto2 :)
      Itu tempatnya asal ngambil, sering dibuat mainan baby atha ... Hehe... Kenang2an dr kumamoto ^^

      Delete
  2. ummu, tempatnya cantiik bangeeet.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Pada salah fokus semua nih >.<

      Delete