Monday, January 26, 2015

Brownies Kukus Pisang (2)




Bismillah...
Brownies pisang lagiii....hehe. Resepnya sama persis dengan brownies pisang yang dibuat di fry pan, tapi yang ini dikukus. Dan hasilnya sama enaknyaa....tapi yang ini lebih lembab daripada brownies yang dimasak di fry pan. Dan so pasti anak2 doyan bangeet. Brownies pisang ini ekonomis karena ga pakai dcc tapi rasanya legit dan nyoklat lho. Karena pisangnya lumayan banyak dan juga coklat bubuknya. Ga kalah enak dengan brownies kukus pisang yang pakai dcc (resepnya sudah pernah saya posting dulu). Aroma pisangnya wangii...love it ^^






Brownies Kukus Pisang 

Bahan-bahan :
3 butir telur
90 gr gula pasir
75 gr tepung terigu
200 gr pisang yang sudah dikupas, haluskan (*ummi: pakai pisang ambon)
100 ml minyak sayur
25 gr coklat bubuk

Cara membuat :
1.  Panaskan kukusan. Campur tepung terigu dan coklat bubuk, ayak.
2. Mixer telur dan gula dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan memucat (tidak perlu sampai kental). Kecilkan kecepatan mikser menjadi 1 (paling rendah), lalu masukkan campuran tepung dan coklat bubuk. Aduk hingga rata (asal rata).
3. Masukkan pisang, aduk kembali hingga rata.
4. Masukkan minyak sayur. Aduk kembali hingga rata. Matikan mikser.
5. Tuang di loyang bundar 18 cm yang sudah dioles margarin/minyak.
6. Kukus dengan api kecil selama 25-30 menit atau hingga matang. Jangan lupa tutup kukusannya dilapisi kain bersih supaya airnya tidak menetes ke permukaan brownies. 

Untuk brownies kukus pisang yang menggunakan DCC, resepnya sudah pernah saya posting. Bisa dilihat disini ^^






14 comments:

  1. simpel tapi kayaknya enak bangett mbak,,,^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak... Olahan pisang selalu enaak, nagihin ^^

      Delete
  2. kalo nggak pake DCC cucian lebih irit. Paling nggak 1 biji mangkok untuk melelehkan DCCnya bisa diskip hihi....lama banget nggak bikin cake kukus. Bikin ngilerrrr...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Bener Mbak...:)
      Saya blm beli oven listrik jd seringnya pakai kukusan dan cetakan lumpur/pukis :)

      Delete
  3. kalo dibikin gluten free bisa mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba aja Mbak, mgkn bisa pakai 60 gr tepung beras dan 15 gr maizena. Atau bisa jg 55gr tepung beras dan 20 gr maizena. Tapi terus terang saya blm pernah nyoba utk resep ini :)

      Delete
  4. Um itu kyknya foto yg terakhir perlu dicrop deh hehe soalnya tangannya keliatan dikitt, btw resep-resepnya special bgt nih tanpa zat aditif..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih udah dingetin Mbak...udah saya edit :)

      Delete
    2. Umm itu takaran adonannya berubah gk kalau misal ditambahin dcc? Eh komen sy sebelumnya sy ralat ya umm, maksudnya resep ini tanpa zat aditif gitu ;)

      Delete
    3. Yang pakai dcc udah pernah saya posting Mbak.... Resepnya secara garis besar sama. Ditambah dcc 120gr, coklat bubuknya pakai 15 gr, gula 80gr. Lainnya sama. Hasilnya lebih nyoklat dan lebih basah/moist... Enak bangeet ^^
      Ini link nya : http://ummufatima-mysimplykitchen.blogspot.com/2014/02/brownies-kukus-pisang.html

      Delete
  5. Halo mbak.. kalo tdk ingin pakai coklat bubuk apa bs dganti dg terigu saja? Atau diganti susu bubuk? Ingin brokus pisang ny tampil cantik.. gak selalu coklat..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diganti susu bubuk mungkin lebih pas Mbak. kalau diganti tepung teksturnya agak berubah nanti, jadi mirip cake. Tapi saya belum pernah nyoba, perkiraan aja.

      Delete
  6. Sip mbak.. nanti mau eksekusi.. ohya resep mbk sdh diadaptasi oleh grup ig.. @dapurmacan .. brokus keju gluten free.. komen para mommy2 enak cake nya.. makasih yaa mbak utk tips dan infonya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat mencoba ya Mbak ....
      Alhamdulillah jika banyak yang cocok dengan resep brownies kukus gluten free nya ^^

      Delete