Tuesday, September 3, 2013

Cake Kukus Ubi Karamel


cake kukus ubi karamel


Bismillah....
Beberapa hari yang lalu ngukus ubi, kentang, jagung, buat cemilan. Karena ubinya kurang laku, akhirnya googling resep, cari resep cake ubi, tapi pengen yang dikukus aja. Akhirnya kecantol sama resep yang di sajian sedap. Cake kukus ubi karamel, rasanya pengeen banget nyobain, karena saya paling suka olahan cake atau puding yang pakai gula karamel. Jadi ga sabar pengen cepet mbikin cake-nya. Bahan2 lainnya saya pakai stok yang ada di rumah, untuk baking powdernya saya ga pakai. Udah kebayang sih, jangan2 nanti hasilnya bantat kalo ga pakai baking powder, wis ga papalah dicoba dulu.....bantat atau gak, yang penting sehat dan aman buat anak2 :)
Akhirnya nguplek sore2...daannn hasilnya, hmm...cakenya sepertinya bantat, teksturnya padat agak kenyal, ga kerasa tepungnya, lebih mirip dodol mungkin ya.....tapiiii perpaduan karamel dan ubinya, sukaa sekali, manis gurih aroma ubi....tadinya saya pikir cakenya bakal kemanisan karena pakai banyak gula dan wcc, tapi ternyata manisnya pas, anak2 sukaa sekali...alhamdulillah...biarpun bantat kalo anak2 doyan rasanya bahagiaaa :)))))
Yuuk disimak resepnyaaa :



cake kukus ubi karamel


Cake Kukus Ubi Karamel
Source : SajianSedap

Bahan-bahan :

Bahan Karamel:
50 gram gula pasir 
100 ml air panas 

Bahan Cake:
30 gram margarin 
50 gram susu kental manis putih (*ummi: pakai 50 gr white cooking chocolate, dipotong kecil2 )
100 gram ubi merah kukus, dihaluskan (dari 115 gram ubi mentah) (*ummi: pakai ubi jepang biasa)
3 butir telur 
100 gram gula pasir 
125 gram tepung terigu protein sedang 
1/2 sendok teh baking powder (*ummi: ga pakai)
1/4 sendok teh garam 

Cara Membuat :
  • Karamel: gosongkan gula. Masukkan air. Aduk sampai gula larut.
  • Tambahkan margarin dan susu kental manis (*ummi: pakai wcc). Aduk rata. Masukkan ubi. Aduk rata. Angkat dan sisihkan. (*ummi: setelah agak dingin, diblender hingga lembut)
  • Kocok telur dan gula sampai mengembang. Tambahkan tepung terigu, baking powder (*ummi: ga pakai bp), dan garam sambil diayak, dan diaduk rata. Tambahkan campuran ubi. Aduk perlahan.
  • Tuang di cetakan sakura yang dioles sedikit minyak. (*ummi: pakai loyang bundar diameter 18cm)
  • Kukus 10 menit di panci pengukus yang sudah dipanaskan lebih dahulu. Api tidak boleh terlalu besar. (*ummi: kukus 30 menit atau hingga matang) 


cake kukus ubi karamel

Setelah dipikir-pikir, bisa jadi salah satu penyebab bantatnya cake ini karena campuran karamel dan ubinya tadi saya blender, dan ternyata stelah di blender campurannya jadi halus mengental. Makanya sempat bingung juga, kenapa cake nya ini terasa sedikit kenyal, mungkin karena hal ini ya. Next time pengen nyoba lagi deh kalo ga diblender hasilnya kayak gimana. Yang jelas, sukaaa dengan perpaduan rasa karamel dan ubinya, jadi tergoda untuk mbikin lagi ;)

8 comments:

  1. jadi kyk ketimus ya ummu...cm rasanya lbh kaya kali yah hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. ehm...ketimus itu apa ya Mbak?? *googling duluu

      Delete
    2. ketimus itu singkong parut, dicampur gula merah dan kelapa parut trs dibungkus daun pisang kayak lontong bentuknya, dikukus deh.. simple tapi enak, kenyal2 gt um:)

      Delete
    3. wah...kalo itu di daerah saya disebut lemet Mbak...uenak, suka bangeet...*jadi ngiler deh :D

      Delete
  2. idem um, biar bantat orang rumah juga doyan tuh. Pernah sih dipuji *atau malah ngeledek* ini kue nggak ada duanya biar di bakery sekalipun, hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi...beneer Mbak.....biar bantat juga pasti ludes... ;)

      Delete
  3. unik, jadi penasaran pengen gigit....

    (gigit yg komen petama....!)

    ReplyDelete
    Replies
    1. *sodorin cake ke Mbak Lina* gigit kue ini aja ya Mbaak :)

      Delete