Friday, October 12, 2012

Kroket Kentang

kroket kentang isi ayam

Dalam rangka menghabiskan stok kentang yang menumpuk.....hehe...kemaren sy mbikin kroket kentang isi ayam. Sebelum2nya pernah baca-baca resep di sajian sedap dan NCC, buat gambaran apa aja bahannya dan gimana cara membuatnya. Klo yg sy buat ini, ikut resep yg mana ya...hehe...asal cemplang cemplung aja, ini dia resepnya :



kroket kentang


Kroket Kentang

Bahan Kulit :
480 gr kentang, kukus, dan haluskan selagi masih hangat
1/2 -1 sdm margarin
1 sdm susu bubuk
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt garam
1 sdm tepung kentang (potato starch) atau secukupnya, bs diganti tapioka

Bahan Isi :
120g gr daging ayam cincang
65 gr buncis, iris halus/tipis2
85 gr wortel, kupas, parut dengan parutan keju
1 buah bawang bombay, rajang halus
1 sdt bawang putih halus
1/2 sdt merica bubuk
1/2 sdt pala bubuk
1-2 sdm kecap manis
daun seledri secukupnya, rajang halus
gula dan garam secukupnya

Bahan Pelapis :
1 butir telur, kocok lepas
tepung panir halus secukupnya (sy pakai panko)

Cara Membuat :
  • Isi : Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Masukkan ayam, aduk rata.Masukkan buncis dan wortel. Tambahkan merica, seledri, kecap, gula dan garam. Aduk rata. Masak hingga matang dan bumbu meresap. Cicipi, pastikan ayam, wortel dan buncis sudah matang/lunak. Tambahkan gula dan garam secukupnya. Angkat dan sisihkan.
  • Kulit : Campur kentang dan semua bahan kulit lainnya. Aduk rata, menggunakan tangan.  
  • Penyelesaian : Ambil satu genggam adonan kulit, kepal2 lalu pipihkan, isi dengan bahan isi, bentuk bulat lonjong. Celupkan ke dalam telur, lalu gulingkan di tepung panir. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga kuning kecoklatan. Angkat dan sajikan ^^

kroket kentang


Alhamdulillah suami suka banget dg kroket ini, klo anak2 krg suka yang gurih2 gini...hehe...
Sempet kuatir juga, kroketnya bakal meletus atau pecah saat di goreng. Tapi alhamdulillah ga pecah. Untuk tepung panirnya, krn disini adanya panko, ga ada tepung panir halus, ya udah lah, pake panko, jadinya ga bisa mulus gitu kroketnya ya :p
Oya, untuk wortelnya sy parut krn praktis, klo buncisnya sy iris halus tipis2 supaya cepet matangnya. Sedikit tambahan, untuk tepung kentangnya, bs ditambah takarannya jika ingin kroket yg teksturnya lebih padat, krn menurut sy, yg ini sedikit lembek krg padat. Apa krn jenis kentangnya memang begitu ya? atau sy ngukus kentangnya terlalu lama? hehe...tapi yg jelas cepet laris, berasa kuraang aja... jd nyesel krn mbikinnya krg banyak :p


kroket kentang


Note : Setelah baca2 dr blog Mbak Ricke, utk membuat kroket, sebaiknya pakai kentang yg bener2 tua, krn klo pakai kentang yg muda kandungan airnya lebih banyak, sehingga hasil kroketnya jd lembek nantinya.
Yang sy buat difoto ini pakai kentang muda/krg tua, sehingga kandungan airnya banyak, jd agak lembek kroketnya. Bisa diantisipasi dg ditambah takaran tepung kentangnya, shg jd lebih padat hasil kroketnya.

3 comments:

  1. Replies
    1. makasih Mbak ^^
      monggo, silahkan dicoba...semoga cocok :)

      Delete
  2. Yumm, enaaaaaak
    apalgi kalo d makan anget"

    ReplyDelete