Wednesday, October 24, 2012

Soto Ayam Santan

soto ayam santan

Soto Ayam Santan ini khusus sy buat utk setoran Monthly Event-nya Pawon Ibu yaitu tentang Soto Nusantara. Pertama kali kenal soto ayam santan ini, dari Ibunda suami, ternyata soto ayam santan ini khas daerah asal suami, Bojonegoro. Sudah umum disana soto menggunakan santan, bahkan pedagang soto kelilingpun sudah pasti menjajakan soto ayam santan ini, kecuali di gerobak dorongnya ada embel2 `soto ayam lamongan`, barulah sotonya bening tanpa santan :)


Untuk soto ayam santan asli bojonegoro, biasanya menggunakan ayam merah, bukan ayam potong. Ayam merah ini dagingnya sedikit liat, masaknya agak lama supaya empuk. Untuk kali sy pakai ayam potong tanpa tulang, krn hanya ini ayam halal yg tersedia di kumamoto sini :)


soto ayam santan


Soto Ayam Santan

Bahan :
750 gr ayam potong, tanpa tulang, dipotong 3 bagian
2 cm jahe, dimemarkan
2 cm lengkuas, dimemarkan
2 batang serai, diambil putihnya, dimemarkan
4 lembar daun jeruk
1.500 ml santan encer
300 ml santan kental
3-4 sdt garam atau secukupnya
1 1/2 sdt gula pasir atau secukupnya 
2 sdm minyak untuk menumis
minyak untuk menggoreng

Bumbu Halus:

6-8 butir bawang merah
2 sdt bawang putih halus
1/2 sdm ketumbar bubuk
1/2 sdt merica bubuk
2 cm kunyit , dibakar (*ummi: pakai 1 sdm kunyit bubuk)

Bahan Pelengkap :

telur ayam, rebus
kentang, potong2 dan iris tipis2, goreng
suun, seduh dg air mendidih hingga lunak
daun seledri, rajang halus
kubis, iris tipis2

sambal kemiri/tomat
jeruk nipis/lemon

Cara Pengolahan :

Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun jeruk, lengkuas, jahe, dan serai sampai harum. Tambahkan ayam. Aduk sampai berubah warna.
Masukkan santan encer, garam, dan gula pasir. Masak sampai matang. Angkat ayam. Goreng ayam sampai kecokelatan. Suwir-suwir ayam.
Masukkan santan kental dalam rebusan kuah. Didihkan lagi. Matikan api.

Penyajian : tata suun, kubis, kentang goreng dan suwiran ayam di mangkuk. Tuangi kuah soto, taburi seledri dan kucuri dg perasan jeruk nipis/lemon. Tambahkan telur ayam rebus yang dipotong2. Sajikan soto dg sambal kemiri/tomat sesuai selera ^^




soto ayam santan



soto ayam santan

7 comments:

  1. ini favorinya akang..:D
    saya mah ngikut ajaaa hehehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo ini khas nya daerah suami Mbak, tp sy jrg bgt mbikin yg pake santan, krn suami jg ga pernah request...hehe.... :D

      Delete
  2. pertama kali makan soto pake santan gini di daerah Bawen, Semarang Um. Ternyata daerah lain punya soto pake santan juga ya. Seneng deh sama kuahnya, gurih. Dimakan panas-panas, addduuuhhhh seger banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah kekayaan kuliner nusantara ya Mbak, walau kadang nama masakannya sama, beda citarasa dan bahan serta bumbunya ^^
      Mbak Rina Audie, asal semarang kah Mbak? klo daerah asal suami sy, bojonegoro tapi paling ujung, berbatasan dg Cepu, jawa tengah :)

      Delete
  3. di santap musim hujan kayak gini ....wew.... anget2...
    berhubung mau lebaran haji nih...kalau ayamnya di ganti daging gimana mbak???
    berpengaruh nggak ya.... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm...sy belum pernah mbikin soto daging santan Mbak. Klo Lebaran Haji gini, biasanya dagingnya disate atau dimasak asem2 khas bojonegoro, pakai daun kedondong, segeeerr ^^

      Delete
  4. terima kasih atas inspirasinya! Betul sekali, makanan lezat serta sehat memang sangat penting, akan tetapi memasak dengan alat masak yang tepat juga sama pentingnya.


    Oxone

    ReplyDelete