Monday, June 22, 2015

Bandeng Cabut Duri Goreng Tepung dan Goreng Panir



Bismillah ....
Bandeng cabut duri salah satu favorit anak-anak, seringnya dibakar di fry pan, bumbu kecap. Untuk kali ini coba saya goreng tepung dan goreng panir. Alhamdulillah anak-anak juga suka, tapi mereka lebih suka dibakar bumbu kecap katanya. Waktu di kumamoto, saya terbiasa beli ikan fillet yang udah potongan dan tanpa duri. Setelah kembali ke tanah air, ikan bandeng cabut diri inilah yang sering saya beli. Memudahkan anak-anak klo makan karena durinya hampir tidak ada. Putra pertama dan putri kedua saya usia SD, yaitu 10 dan 8 tahun, tidak masalah sebenernya bagi mereka makan ikan yang berduri, seperti lele, gurami, dll. Tapi putri ketiga saya dan putra bungsu saya masih usia 5 tahun dan 2 tahun, lebih safe jika makan ikan yang minim duri gini. Dan ikan bandeng ini menurut saya lebih gurih daripada ikan lele dan gurami, kembali ke selera masing-masing ya. Untuk yang digoreng tepung dan goreng panir gini paling enak disajikan hangat-hangat, lebih renyah dan kriuk. Jadi sebaiknya digoreng sesaat sebelum disajikan ^^





Bandeng Cabut Duri Goreng Tepung dan Goreng Panir

Bahan-bahan :
2 ekor bandeng cabut duri
100gr tepung terigu
120ml air atau secukupnya
1-2 siung bawang putih, cincang halus
1/4 sdt merica bubuk
1/2 sdt ketumbar bubuk
tepung panir kasar atau panko secukupnya
garam secukupnya
gula sejumput

Cara Membuat :
Cuci bersih ikan bandeng. Buang bagian kepala, ekor, dan sirip-siripnya.
Potong-potong ikan bandeng.
Dalam wadah, masukkan tepung terigu. Tuangiair sedikit demi sedikit sambil diaduk rata hingga tepung larut, tidak bergumpal2 atau bergerindil. 
Masukkan bumbu yaitu bawang putih cincang, merica bubuk, ketumbar bubuk, garam dan gula. Aduk rata. Koreksi rasanya. Tambahkan garam dan bumbu lainnya bila perlu.
Celupkan bandeng ke dalam larutan tepung, goreng (deep frying) hingga matang.
Untuk yang goreng panir, setelah dicelupkan ke adonan tepung lalu digulingkan di tepung panir hingga merata. Goreng (deep frying) hingga matang.
Sajikan hangat2 dengan sambal petis atau cabe rawit ^^

Note : 
Bila suka, bisa menambahkan sedikit kunyit bubuk pada adonan tepungnya.





No comments:

Post a Comment