Sunday, March 1, 2015

Cake Kukus Buah Naga Merah (Gluten Free)

 



Bismillah...
Ini sebenarnya adalah percobaan yang gagal. Karena rasa penasaran, buah naga klo dibuat cake jadinya kayak apa ya, apakah tetep merah jika tanpa tambahan pewarna makanan? beneran penasaran banget. Akhirnya dibuatlah cake buah naga merah ini. Klo yang pernah saya buat, tanpa tambahan  pewarna apapun, cake kukus wortel jadinya kuning, cake kukus ubi ungu jadi abu-abu sedikit ungu, cake starwberry jadinya coklat. Dan cake kukus buah naga merah ini jadinya unpredictable, hehe...jadinya bantat :D Karena buah naganya tidak saya blender, melainkan cuma dihaluskan dengan diremas-remas, buah naganya jadi terlalu berat terutama biji-bijinya, jadinya mengendap di dasar cake. Udah menduga sih bakalan bantat, tapi unik aja liat permukaan atas cakenya kekuningan dengan bagian dasarnya kemerahan dengan bintik-bintik hitam. Walau bantat rasanya enak, gurih, buah naganya samar-samar terasa. Ada sensasi krenyes-krenyes biji buah naganya saat makan cake ini. Dan walaupun bantat, cake ini ludes juga alhamdulillah ^^







Kali ini saya buat cakenya gluten free karena paginya anak-anak sudah ngemil kue cubit. Resepnya utak atik dari resep cake kukus talas yang dulu pernah saya posting, tapi jadi beda banget resepnya ....hehe...berikut ini resepnya :

Cake Kukus Buah Naga Merah

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
3 butir telur
100 gram gula pasir
80 gram tepung beras
20 gram tepung maizena
160 gram daging buah naga merah, haluskan
100 ml minyak sayur


Cara Pengolahan :
Panaskan kukusan.
Rendam telur diair hangat-hangat kuku, selama 2-3 menit. Gunanya untuk mengencerkan putih telur supaya lebih mengembang saat dikocok. Tapi jangan terlalu panas airnya supaya telur tidak matang.
Dalam wadah, kocok telur dan gula dengan mikser secara bertahap. Pertama dengan kecepatan 1, setelah gula larut naikkan kecepatan mikser jadi 2. setelah 3 menit, naikkan menjadi 3. Kocok hingga telur mengembang / warnanya memucat.
Setelah telur mengembang, kecilkan kecepatan mikser menjadi satu kemudian masukkan campuran tepung beras dan maizena, setelah rata, masukkan minyak sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan hingga rata.
Masukkan buah naga, aduk perlahan hingga rata. Matikan mikser.
Tuang adonan di loyang bundar diameter 18cm yang sudah diolesi minyak/margarin.
Kukus dengan api kecil selama 30 menit atau hingga matang. Jangan lupa tutup kukusannya dilapisi kain bersih supaya uap airnya tidak menetes ke cake.






No comments:

Post a Comment