Friday, May 23, 2014

Teriyaki Chicken Meatballs/ Japanese Hamburger Steak



Bismillah....
Menu 2 hari ini adalah serba ayam. Kebetulan habis belanja ayam gilinig dan ayam boneless. Berhubung freezernya penuh, akhirnya ayam gilingnya saya olah semua, 1 kg....untuk mbikin teriyaki chicken meatballs ini. Banyak banget yaa. Separuhnya saya buat siomay ayam jugaa... :))))

Saya mbikin ini gara-gara pengen, liat menu ini pas blogwalking di justonecookbook.com. Salah satu japanese foodblog yang sering saya kunjungi, Akhirnya diniatin mbikin, secara gampang mbikinnya dan bahannya udah ada semua. Well, menurut saya, ini mirip burger ayam saus teriyaki. Guriih banget burger ayamnya, langsung dipuji2 suami deh...hehe...burger ayamnya lembut.... ga keras ataupun alot. Saus teriyakinya mbikin kaya rasa, makin sedaap. Enak juga walau dimakan biasa tanpa saus teriyakinya. 

Daaan ternyata rahasia kelembutan burgernya adalah pada pemakaian tahu didalamnya sebagai campuran ayam gilingnya. Wah mirip dengan siomay ayam tahu yang saya buat tempo hari, memang, hasilnya jadi lebih lembut. Makanya sebagian adonanya saya tambah tapioka, diisikan ke tahu kulit, jadi siomay ayam tahu deh :)

Oleh karena menggunakan campuran tahu, teriyaki chicken meatballs ini juga disebut tofu hambagu . Dikenal juga dengan nama Japanese Hamburger Steak. Resepnya tentu saja saya adaptasi dari justonecookbook.com, thanks for Nami, for the great recipes. Resep berikut sudah saya beberapa modifikasi dan juga ada bahan-bahan makanan yang haram, tidak boleh saya konsumsi, saya ganti dengan bahan substitusi. Berikut ini resepnya, versi saya yaa : 





Teriyaki Chicken Meatballs / Japanese Hamburger Steak
Source : JustOneCookBook

Bahan-bahan :
1 kg daging ayam giling
400 gr tahu putih mentah/tofu
4 butir telur

2 sdm bawang putih halus
2-4 buah paprika merah ukuran kecil atau sesuai selera, cincang halus
3 btg daun bawang, iris tipis
3 cm jahe, parut halus
1/2 sdt merica bubuk
garam dan gula secukupnya

sedikit minyak

Saus Teriyaki :
4 sdm soy sauce (saya pakai kecap asin)
4 sdm gula (saya tidak pakai)
4 sdm mirin (karena mirin haram menurut hukum Islam, saya ganti dengan kecap manis)
4-8 sdt rice vinegar (saya ganti air perasan jeruk lemon)
2 sdt tepung tapioka / potato startch (saya pakai tepung teirgu)

Cara Membuat :
Campur semua bahan saus teriyaki. Sishkan.
Campur semua bahan  untuk burger ayam. Aduk rata, koreksi rasanya. tambahkan gula dan garam secukupnya.
Panaskan wajan anti lengket dengan sedikiiit minyak. Ambil sesendok adonan ayam. masak  dengan api kecil hingga bagian bawah kecoklatan, balikkan. Tutup wajan. Masak hingga matang.
Angkat dan sisihkan.
Pada batch atau gorengan yang terakhir, setelah matang, masukkan seua burger yang telah dimasak, tuangi saus teriyaki, masak sambil diaduk-aduk dan dibalik-balik, hingga saus matang / mendidih dan semua burger ayam terlapisi saus teriyaki..
Angkat dan sajikan :)



6 comments:

  1. dimakan pake nasi anget-anget bisa ya um. Begitu liat picnya sontak ngebayangin makan ini pake nasi anget, hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa Mbak... Dimakannya sama nasi anget cocok ^^
      Nasinya ga ikut kefoto... Hehe... Lg males motret yg ribet2 :D

      Delete
  2. minggu kemarin,,rima jg nntn chef rika di NHK world ummi,menu nya hambagu,,anaku ikutan nntn langsung request,,cm ketunda,krena daging ayam lagi mahal nih ummi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waah... Saya malah jarang nonton NHK, Mbak.... Hehe... :D
      Pada dasarnya mbikinnya mirip nugget ya, tapi tanpa tepung dan langsung di panggang/goreng dg sedikit minyak :)

      Delete
  3. wah boleh dicontek nih...masukkan ke antrian ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan Mbaak.... List saya juga panjaaang niih :)))

      Delete