Thursday, March 6, 2014

Roti Labu Kuning / Kabocha Bread / Pumpkin Bread



Bismillah...
Kalau mbikin roti, saya biasanya asal cemplang cemplung aja. Maksudnya bahan-bahannya menyesuaikan yang ada di rumah, dan biasanya saya cari yang termudah. Dulu dapat resep pertama kali dari buku yang saya bawa dari indonesia, setelah itu biasanya saya modifikasi2 lagi...sesuai stok bahan, misal kalau margarin di rumah stoknya sedikit, saya kurangi takaran margarinnya, konsekuensinya takaran susu cairnya saya tambah. Untuk tepung 250 gr biasanya saya pakai 1 telur, kadang saya ganti 2 kuning telur...kadang juga saya mbikin 1,5 resep....juga pakai 1 telur, karena malas pakai 1,5 telur, harus  misah-misahin....hehe. Kalo di utak atik gitu, biasanya memang ada bahan lainnya yang berubah, biasanya pedoman saya, mentega/margarin, telur dan susu cair, adalah sama2 bahan basah, bisa saling menggantikan....kalau mentega di kurangi, maka susu cairnya bisa ditambah, begitulah kira-kira :)

Kalau ditanya, pengaruh tidak ke hasil rotinya kalau takaran bahannya dirubah2 gitu....mungkin jg pengaruh ya, tapi saya tidak terlalu memperhatikan,....buat saya, roti homemade itu selalu enaak dan empuk ....dan biasanya kalau mbikin roti gini, cepet ludesnya, jarang nyimpen buat besoknya....hehe...jadi saya jarang memperhatikan rotinya awet empuknya berapa hari. Walaupun begitu, saya ga tiap hari mbikin roti, paling-paling 2 kali seminggu. 


Kali ini saya mbikin roti manis pakai campuran kabocha atau labu kuning jepang, hasil rotinya empuuk...walau kurang manis, karena gulanya saya kurangi. Rasa manisnya terbantu oleh isian coklatnya. Warnanya rotinya kuning cantik, rotinya ini sekalian buat bekal sekolah anak2, yaitu tiap senin dan kamis mereka diminta sekolahnya untuk bawa bekal roti dari rumah ... karena roti yang disediakan sekolah biasanya tidak halal :)




Roti Labu Kuning / Kabocha Bread / Pumpkin Bread

Bahan roti :
250 gr tepung terigu protein tinggi
100 gr , labu kuning (kabocha) yang sudah dikupas dan dikukus, haluskan
1 butir telur
50 gr mentega/margarin
70 gr gula pasir (*kali ini saya pakai 25 gr)
70-100 mL susu cair/air
1 sdm dry yeast (ragi instan/fermipan)

Isi :
coklat batangan secukupnya, potong kecil2

Olesan :
kuning telur+ sedikit/air (aduk) (*kali ini saya oles susu cair)

Taburan :
almond slice secukupnya

Cara Membuat :

  • Satukan tepung terigu, ragi instan, dan gula pasir. Tambahkan telur dan labu kuning, aduk rata. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil diuleni sampai adonan menjadi kalis (tidak lengket di tangan). Hentikan penambahan air jika adonan sudah cukup kalis.
  • Masukkan mentega, uleni sampe kalis elastis.
  • Letakkan adonan di mangkuk besar yang dioles minyak, lalu tutup dg plastik atau kain basah. Diamkan 45 menit sampai adonan mengembang 2x lipat.
  • Bagi adonan masing2 seberat 30 gram. Diamkan lagi sampai mengembang (kira-kira 10 menit ).
  • Bentuk adonan menjadi bulat. Pipihkan, isi dengan coklat. Bulatkan kembali. Diamkan 20-30 menit.
  • Olesi permukaannya dengan kuning telur. Taburi dengan almond slice.
  • Panaskan oven 200 deg C (sesuaikan dg suhu oven masing2). Oven roti selama 12-15 menit hingga matang dan kecoklatan. Angkat dan panas-panas olesi permukaannya dg margarin. (*saya oven 200 deg C selama 15-18 menit)

Note :
Untuk menguleni saya pakai bread maker, uleni + proofing 1,5 jam. Berikutnya langsung saya bentuk2, diamkan 10-20 menit dan panggang.
Untuk suhu oven,bisa juga dioven suhu lebih rendah dan waktunya lebih lama, tapi biasanya hasil rotinya kurang empuk, saat udah dingin gampang mengeras.
Setelah dingin, simpan dalam wadah kedap udara.





4 comments:

  1. pernah bikin sekali roti dr labu, empuk bgt emang, tp ga ada aroma kabocha nya hihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah masa? jd pengen nyoba nih kalo ga ada aroma labunya mah...
      karena smpe sekarang masih keganggu aja gitu ama baunya... hehe... langu2 rada aneh gitu deh... :D

      Delete
    2. entah kalo yang sensitif kayak teteh bakalan kerasa apa nggak yah. Klao aku kan sensitifnya ma ikan, biar sedikit tetep aja kerasa...

      Delete
    3. hmm....klo aromanya ga terlalu kecium...karena kabocha memang aromanya ga terlalu kuat ya....
      rasa labunya juga samar2....:)

      Delete