Thursday, February 27, 2014

Nasi Uduk Ubi Ungu



Bismillah...
Jangan bosan ya, kalau saya posting olahan ubi ungu, lagi dan lagi...hehe ... karena suka banget dg warnanya yang cantik menawan, dan sudah pasti kandungan nutrisinya banyak. Kali ini saya mbikin nasi uduk ubi ungu, MasyaAlloh terkagum-kagum dengan hasilnya, nasi uduknya jadi ungu cantik...rasanya jg guriiih....dimakan dengan taburan bawang goreng dan kering kentang aja udah nikmaatt.... hehe....:)))) Ubi ungunya jg menyumbang rasa gurihnya, ga terasa manis tapi terasa guriih ^^




Oya, untuk resepnya modifikasi dari nasi uduk bayam yang dulu pernah saya posting, berikut resepnya :

Nasi Uduk Ubi Ungu

Bahan-bahan:
500 gram beras, dicuci bersih 
3 lembar daun salam 
1 batang serai, dimemarkan (*saya pakai 1/2 batang, karena stok terbatas)
3 cm kayumanis 
2 sdt garam 
1/2 sdt merica bubuk
1 sdm ketumbar bubuk
175 gr ubi ungu, kukus
200 ml air (bisa pakai santan)
350 ml santan 

Cara Membuat :
Blender ubi ungu kukus bersama 200ml air hingga lembut.
Rebus santan, ubi ungu yang sudah diblender bersama air, daun salam, serai, kayumanis, merica bubuk, ketumbar bubuk dan garam sambil diaduk sampai mendidih.
Masukkan beras. Masak sambil diaduk sampai meresap (air terserap habis). Diamkan sebentar sambil ditutup.
Kukus 45 menit di atas api sedang sampai matang.
Sajikan nasi uduk bersama lauk pelengkapnya.

Note:
Untuk berasnya saya pakai 400gr beras putih dan 100gr beras merah. Beras merahnya rendam dulu 2-3 jam. Karena pakai beras merah waktu mengukusnya jadi lebih lama.





No comments:

Post a Comment