Friday, January 17, 2014

Soto Kudus




Bismillah....
Postingan kali ini adalah Soto Kudus. Mbikinnya sudah lama sebenernya, hampir dua minggu yang lalu. Soto Kudus ini cukup terkenal, tapi selama di Surabaya saya belum pernah mencicipi masakan ini, karena yang lebih pupuler di Surabaya tentu saja soto ayam Lamongan :)
Pernah saya baca di blog Mbak Analisa Ummu Abel, thanks for sharing ya Mbak....salah satu yang khas dari soto kudus ini adalah pemakaian kunyit yang sedikit dan penyajiannya selalu dengan taburan bawang putih goreng, disamping bumbu-bumbu utamanya yang tentu saja berbeda dengan jenis soto lainnya. Dan memang rasanya berbeda dengan soto ayam lamongan yang sering saya buat. Rasa khas bawang putih gorengnya mbikin gurih dan sedap...suami saya suka sekali, anak-anak jugaaa....alhamdulillah ^^
Resepnya saya adaptasi dari cookingetcetera.com...., dengan sedikit penyesuaian. Entah kenapa saya tertarik sekali untuk mencoba resep ini. Tapi kapan-kapan juga ingin mencoba resep Soto Kudus Mbak Analisa Ummu Abel ^^






Berikut ini resep setelah saya modifikasi :

Soto Kudus
Source : CookingEtcetera dengan sedikit modifikasi

Bahan-bahan :
1 kg daging ayam boneless
6 butir telur rebus
2 btg sereh, memarkan
4 lb daun salam
3 sdm bawang putih goreng
2,5 lt air atau secukupnya
1 sdt merica bubuk atau secukupnya
garam dan gula secukupnya

Bumbu Halus :
8 siung bawang putih
8 bh bawang merah (*ummi: pakai bawang bombay)
1,5 sdm ketumbar bubuk
1/4 sdt kunyit bubuk (resep asli tidak pakai)

1/2 sdm jintan (*ummi: ga pakai)
6 butir kemiri, sangrai
5 cm jahe, bakar (*ummi: pakai jahe bubuk)

Pelengkap :

100 gr bihun, seduh dengan air mendidih, tiriskan
taoge, seduh dengan air mendidih (*ummi: ga pakai)

kubis secukupnya, iris tipis
6 btg daun bawang, iris tipis
bawang putih goreng
jeruk nipis atau lemon

Sambal (campur jadi satu) :
10 bh cabe rawit, iris tipis, lumatkan
2 sdm kecap manis
gula merah secukupnya
2 sdm bawang putih goreng, haluskan
air perasan jeruk nipis/lemon


Cara Mambuat :

  • Rebus ayam bersama sereh dan daun salam hingga ayam berubah warna atau setengah matang. Sisihkan.
  • Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ke dalam panci rebusan ayam. Masak kembali, tambahkan gula, garam, merica bubuk dan bawang putih goreng. Masak hingga mendidih/matang.
  • Angkat ayam lalu suwir-suwir. Masukkan kembali ke dalam kaldu. Matikan.
  • Siapkan mangkuk saji, masukkan nasi putih, bihun, taoge dan kubis ke dalam mangkuk. Siram dengan kuah panas, beri irisan telur rebus, taburi daun bawang dan bawang putih goreng. Sajikan dengan perasan air jeruk nipis/lemon dan sambal.






7 comments:

  1. disini hujan deras pas banget nih makan soto panas-panas, hmmm...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang berkuah2 gini memang cocok dimakan saat cuaca dingin ya Mbak ^^

      Delete
  2. saya kadang gak bisa bedain jenis soto2an, yang paling khas yang mudah dikenali ya soto bandung, yang bening kayak kuah sop plus lobak itu hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah...saya laha baru tau kalo soto Bandung pakai lobak, Mbak.....yang juga pernah saya cobain adalah soto Banjar...enaak, bumbunya beda banget....^^

      Delete
  3. kayaknya pas banget buat santapan di musim hujan kayak gini...

    ReplyDelete