Saturday, December 28, 2013

Crepes Serabi Solo



Bismillah...
Ceritanya, sore-sore pengen mbikin serabi solo, tapi ternyata raginya ngambek....susah berbuih/ mengembang....mungkin karena raginya udah lama, musim dingin juga.... pas adonannya dimasak di wajan cekung, ga mau berserat, mana wajan cekungnya lengket pula....hehe...akhirnya, berputar haluan adonannya saya buat crepes, dadar tipis2 yang digoreng agak garing pinggir2nya....digoreng di wajan anti lengket/teflon. Ternyata enaak bangeeeet...anak2 sukaa.....berhubung baby Atha rewel, saya goreng sedikit dulu, sisa adonannya yang masih banyak, saya diamkan semalaman. Baru saya masak lagi besok paginya. Di diamkannya di ruangan dapur aja, karena musim dingin suhunya berkisar -1 sampe 3 deg C.

Paginya, sisa adonanya saya bikin crepes lagi....wenak bangeet...beneran deh, rasanya manis gurih, terasa gurihnya santan dipadu dg aroma daun pandan yang wangi...enaak bangeet...anak2 sampe berebut makannya, bahkan sampe request lagi... :D
Pas saya masak paginya itu adonannya ternyata sudah mulai berserat, ada beberapa yang saya bikin agak tebel, biar mirip serabi solo beneran...hehe...berhubung wajannya ceper/datar, tetep aja ga mirip serabi solo... hihihi... ya sudahlah...dibuat crepes aja udah enaak kok :))))
Karena rasanya udah manis gurih, crepes ini ga pake isian apa2...cuma ditabur sedikiiit meses aja buat anak2 :)






Crepes menggunakan resep Serabi Solo
Source: Sajian Sedap

Bahan:
225 gram tepung beras 
1/2 sendok teh ragi instan 
50 gram gula pasir  (*ummi: 100gr gula pasir)
1/2 sendok teh garam 
1 butir telur (*ummi: 2 butir telur)
600 ml santan, dari 1 butir kelapa (*ummi: pakai santan instan)
1 lembar daun pandan, disimpulkan
1/2 sendok teh garam 
150 gram keju cheedar, untuk taburan (*ummi: ga pakai)

Bahan Isi: (*ummi: ga pakai|)
4 buah nangka, dipotong kotak 1/2 cm

Bahan Areh : (*ummi: ga pakai)
100 ml santan, dari 1 butir kelapa
1/4 sendok teh garam 
4 lembar daun pandan 

Cara membuat:
  • Rebus santan, daun pandan, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Dinginkan.
  • Tuang 150 ml rebusan santan ke campuran tepung beras, ragi instan, dan gula pasir. Uleni.
  • Keplok adonan sambil ditambahkan sisa santan sedikit-sedikit. Keplok-keplok 20 menit setelah santan habis. Diamkan 1 jam.
  • Areh: rebus santan, garam, dan daun pandan sambil diaduk sampai kental. Sisihkan.
  • Panaskan wajan besi. Tuang adonan lalu tekan bagian tengahnya dengan bagian bawah sendok sayur sambil digerakkan ke arah pinggir wajan agar adonan melebar. Biarkan berlubang. Taburkan bahan isi. Tutup wajan. Biarkan sampai matang. Oleskan areh. Tutup lagi sebentar agar meresap. Angkat. (*ummi: panaskan wajan teflon, ambil 1 sendok sayur adonan, tuang diwajan, buat dadar tipis2. Setelah matang yaitu pinggirannya mengerig dan kecoklatan, angkat, lipat dan sajikan)
Note:
Klo mau mbikin crepes, ga perlu pakai ragi jg bisa insyaAlloh.
Klo mau mbikin serabi solo, ikuti saja resep asli dan langkah-langkah pembuatannya :)




9 comments:

  1. keplok-keplok itu adonannya dipukul-pukul pake punggung sendok sayur ya umm? Kalo resep ini bisa untuk crepes asik juga ya, malah lebih sehat krn pake tepung beras, ga pke terigu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hmm...biasanya klo saya, saya keplok2 pakai telapak tangan terbuka, Mbak....iya crepesnya enak, gurih dan gluten free ^^

      Delete
  2. btw, saya cobain resep mbak yg broketem enak banget mbak... *padahal sudah banyak resep mbak yang saya coba tapi baru lapor sekarang :p* Suami saya sampe bilang, "wah kalo ini dijual di Kupang pasti laku nih, secara di Kupang gak ada yang jual". Hehe. Kebetulan suami saya proyek di Kupang, sayanya di Jogja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waah...udah nyobain bronketem ya Mbak...iya memang enaak...suka bangeet deh pokoknya....^^
      Wah, seandainya tinggal di kupang juga, pasti bakal laris ya Mbak...jual bronketem dan kue2 lainnya...hehe....:)))

      Delete
  3. Ummi... telurnya diapakan yah?
    Di cara pembuatannya gak ada petunjuknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiya maaf Mbak, telurnya lupa ditulis. Telurnya dicampur tepung beras, gula pasir dan ragi, kemudian dituangi santan dan diuleni pakai tangan.
      Makasih buat koreksinya ^^

      Delete
    2. Kemarin sudah saya buat seperti itu... tapi waktu dituang ke wajan kok masih lengket2 yah ummi? Hasil akhirnya gak kering merata dan teksturnya ga seperti di foto. Apa karena saya lupa mendiamkan satu jam yah?

      Dulu saya pernah bikin juga dan sukses. Orang tua saya suka. Kemarin minta dibikinin lagi. Tapi ternyata lupa saya diamin satu jam :D

      Delete
  4. Maaf umi@itu apa g pakai mrgaarin......& trigu..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ndak pakai terigu dan margarin Mbak, tapi pakai tepung beras dan santan.

      Delete