Wednesday, August 15, 2012

Plum



plum

Plum Hitam Ampuh Atasi Diare



 Buah yang satu ini kulitnya mulus agak liat tetapi dalamnya manis asam segar. Karenanya enak dimakan segar atau diolah menjadi jus dan cake. Jenis yang hitam selain memberikan asupan vitamin C juga ampuh menangkal diare.

Buah yang dikenal sajak jaman Romawi ini dulunya bernama Prunus Armeniaca. Tanamannya banyak tumbuh di Armenia. Selain dapat dimakan segar buah ini juga sering diambil sarinya untuk bahan tambahan minuman beralkohol. Buah ini juga bisa dikeringkan dan rasanya mirip plum segar.

Jenis plum yang kulitnya berwarna kehitaman, juga tak kalah banyak manfaatnya dengan plum yang berkulit merah. Sebuah studi menemukan bahwa plum hitam ini diketahui dapat meredakan diare kronis dan retensi urin.

Dalam 100 gram plum hitam mengandung 62 kkal energi, 14 g karbohidrat, 0,70 g protein dan 0,30 mg zat besi. Selain itu buah ini juga mengandung potasium sebesar 55 mg, 26,20 mg natrium, 48 mg karoten dan vitamin C sebanyak 18 mg.

"Plum ini mengandung sedikit kalori dibandingkan dengan buah lainya dan kaya zat besi selain mineral. Menurut studi yang dilakukan oleh Biochemistry department of Annamalai University, ekstrak buah plum ini dapat meningkatkan kadar hemoglobin." ungkap Shabana Sayeeda, seorang ahli nutrisi.

Menurut Dr. Ch Murali Manohar, seorang dokter Ayurveda, tidak hanya buahnya saja tetapi kulit pohon, biji dan daunnya juga berkhasiat sebagai pengobatan tradisional. "Sejak dulu kala daun plum dipakai sebagai obat diare dan menguatkan gigi dan gusi," jelasnya. (Source : detikhealth)



peach plum



MANFAAT PLUM BAGI TULANG 

Buah ini mungkin dikenal dengan manfaatnya untuk mengatasi sembelit, tapi nyatanya ia memiliki manfaat lain bagi kesehatan manusia. Para ilmuwan menemukan bahwa wanita yang telah mengalami menopause akan terhindar dari serangan osteoporosis dan patah tulang dengan memakan plum sekitar 10 buah setiap harinya.

Dikutip dari laman Daily Mail, Jumat, 19 Agustus 2011, Universitas Florida dan Oklahoma telah membuktikan plum yang dikeringkan ternyata lebih bermanfaat dibandingkan buah ara, kurma, stroberi, apel, atau kismis kering untuk meningkatkan kepadatan tulang. Plum bekerja untuk menekan kerusakan tulang yang biasanya terjadi saat usai seseorang semakin bertambah.

"Sepanjang karier saya telah menguji banyak buah untuk melihat efeknya terhadap tulang. Tapi tidak pernah ada yang memiliki efek sebaik buah plum," Kata Bahram H. Arjmandi, profesor dari Universitas Florida, yang juga Kepala Departemen Ilmu Nutrisi, Makanan, dan Olahraga Amerika.

Semua buah dan sayuran, katanya, mengandung nutrisi yang baik. Namun hanya beberapa dari mereka yang memiliki kandungan yang bermanfaat bagi tulang.

Arjmandi bersama dengan sekelompok peneliti melakukan uji coba bagi dua kelompok wanita menopause. Selama setahun, kelompok pertama yang terdiri dari 55 orang wanita diminta mengonsumsi 100 gram plum kering atau setidaknya 10 buah per hari. Sedangkan kelompok yang satunya diminta mengonsumsi buah apel yang dikeringkan dengan takaran yang sama.

Berdasarkan penelitian itu terlihat semua peserta uji coba mendapatkan kalsium dan vitamin D dari kedua makanan itu. Namun kelompok yang memakan plum kering memiliki kandungan mineral yang membuat tulang lebih padat di bagian ulna dibandingkan dengan kelompok lainnya. Ulna adalah salah satu dari dua tulang panjang yang terletak di lengan bawah dan tulang belakang.

"Dalam lima-tujuh tahun pertama setelah mengalami menopause, wanita berisiko kehilangan tulang sekitar 3-5 persen per tahun," kata Arjmandi. "Namun hal itu tidak hanya terjadi pada wanita, pria berumur sekitar 65 tahun pun akan mengalami hal yang sama seperti wanita."

Ia menyarankan jangan menunggu sampai tulang Anda patah atau mengalami osteoporosis dan harus mendapatkan perawatan dokter. "Lakukan sesuatu yang bermakna dan praktis, seperti memakan buah ini. Plum dapat dimakan dalam bentuk apa saja dan dijadikan sebagai resep masakan." (Source : Tempo)


No comments:

Post a Comment